Uraikan Keunggulan Dari Jaringan Peer to Peer

Uraikan Keunggulan Dari Jaringan Peer to Peer











Skip to content

Peer To Peer, Signifikansi, Kelebihan dan Kekurangannya

  • Peer To Peer, Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Peer To Peer, Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Setiap pekerja di intern marcapada IT pasti sudah sangat akrab dengan istilah peer to peer. Cuma, publik mahajana pasti masih sangat asing dengan istilah ini. pada dasarnya, peer to peer yaitu suatu jaringan komputer yang tersusun maka itu lebih dari satu komputer dalam lingkungan tertentu agar bisa saling berbagi.

Cak bagi mewujudkan jaringan p2p dengan memanfaatkan dua komputer jinjing, kita lain memerlukan hub ataupun switch. Kita hanya perlu menggunakan 1 kabel UTP yang sudah terpasang pada kartu jaringan di setiap komputer jinjing.

Hal yang minimum terdepan di dalam jaringan peer to peer merupakan service dan sharing resource. Tapi, jaringan ini tidak disarankan cak bagi firma berskala besar. Kenapa? karena nantinya akan rumit untuk dikontrol. Karena semakin banyak yang dibagikan, maka akan semakin banyak juga dampaknya bakal kinerja komputer.


Pengertian Jaringan Peer to Peer (P2P)

Seperti yang sudah kita selidik di awal, peer to peer adalah suatu jaring komputer yang mana setiap komputer jinjing akan silih terkoneksi dengan jaringan tersebut, baik itu komputer server atau komputer klien. setiap komputer akan punya geta yang sepadan dan juga bentuk tanpa kehadiran kontrol daya semenjak suatu server yang sudah lalu terdedikasi singularis.

Transisi data nan terjadi antar komputer juga bisa dilakukan secara langsung karena tidak cak semau pengendalian ataupun penjatahan kepunyaan akses. Dalam hal keamanan, setiap pengguna komputer mempunyai tanggung jawab penuh atas setiap komponen komputernya sendiri.

Pola sederhananya, pada komputer A di n domestik jaringan p2p kepingin mengambil file atau data yang terserah lega komputer B. Maka plong saat itu, komputer A akan bertindak andai server, sehingga komputer A boleh melakukan akses file berusul komputer B. Cukuplah, komputer jinjing B pada saat itu berperan sebagai klien.

Baca juga :  Tuliskan Variasi Variasi Dari Sistem Pemerintahan Presidensial Negara Indonesia

Terimalah sebaliknya, bila komputer B kepingin cekut data dari komputer A alias komputer C, maka saat mengerjakan akses file tersebut komputer B akan main-main ibarat server. Sedangkan komputer A dan komputer C saat itu berperan sebagai klien. Kedua faedah tersebut, yakni server dan klien bisa dilakukan dengan komputer yang berada di intern jaringan p2p kerumahtanggaan waktu yang bersamaan.


Karakteristik Jaringan Peer to peer

Jaringan p2p mempunyai beberapa karakteristik spesial yang populer digunakan detik microsoft mengeluarkan penggunaan sistem operasionalisasi windows for group. Beberapa karakteristik yang dimiliki maka dari itu jaringan ini adalah:

  1. Tidak memiliki komputer umpama satu peladen yang berdedikasi khusus
  2. Setiap komputer nan terhubung dengan jaringan ini dapat bertindak sebagai peladen dan klien
  3. Lain mempunyai pengaturan plong pengaturan keamanan jaringan
  4. Tidak memerlukan perincisan komputer nan berspesifikasi sama agar bisa terkoneksi dalam suatu jaringan khusus.

Saat menggunakan sistem ini, Anda enggak memerlukan hub lagi. Kenapa? karena komputer sudah ubah terkoneksi dengan kabel UTP. Komputer yang sudah terhubung tersebut pula sudah tak memerlukan spesifikasi yang sama. Anda tinggal langsung menambahkan karcis jaringan ke komputer agar boleh dikoneksikan bersamaan.


Ki kenangan Jaringan Peer to Peer

Konsep jaringan peer to peer sepantasnya telah terserah berpangkal tahun 1980 an. Namun, jaringan ini bau kencur digemari makanya pihak microsoft saat memilih OS for Workgroups. Di periode nan sejajar lalu rilis juga aplikasi terdistribusi yang bernama usenet. Aplikasi ini diciptakan makanya Tom Truscott bersama rekannya Jim Ellis agar bisa melayani pemakai dengan menggunakan
newsgroup.

Pada ketika itu, layanan internet yang kaya melakukan tukar deklarasi secara cepat belum dikenal luas. Lazimnya, sistem yang digunakan lakukan melakukan pertukaran informasi adalah
batch file.
File tersebut berbentuk berkas nan isinya adalah data yang sedang diproses maupun akan ditransmisikan dari semula hingga akhir.

Waktu yang paling baik untuk melakukan penukaran informasi menggunakan p2p adalah ketika malam musim. Waktu ini yakni musim terbaik buat negara besar karena kempang SLJJ sedang mati konsumen. Sehingga, fungsi mulai sejak aplikasi ini bukan bisa terdistribusi.

Baca juga :  Contoh Kalimat Denotasi Dan Konotasi Dari Kata Manis

Dulu, muncullah aplikasi peer to peer generasi tadinya, yakni FidoNet. Aplikasi ini sepan sukses dan mencapai tingkat reputasi nan besar. Tuntutan yang diciptakan oleh Tom Jennings ini rilis di periode 1984 bagi mengamalkan pertukaran pesan antar pengguna
Bulletin Board System
atau BBS yang pastinya sangat beragam. Jadi, FidoNet bisa dibilang adalah pencetus aplikasi p2p lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kian tepatnya di perian 90 an, berkembanglah permohonan nan berpacu dengan konsep p2p. Contohnya adalah Kazaa, BitTorrent, eDonkey, dll. Aplikasi p2p ini tak doang bisa digunakan maka dari itu pemakai rumahan saja, tapi lagi bisa digunakan maka dari itu perusahaan.

Selain itu, momen ini lagi sudah berkembang jaringan
peer to peer lending
yang gandeng dengan dunia keuangan. Banyak perusahaan startup dalam bidang pinjaman uang yang turut serta menggunakan jaringan p2p. Sistem ini diharapkan mampu memudahkan mahajana untuk melakukan pinjaman uang.


Guna Jaringan (P2P)

Jaringan peer to peer tentunya mempunyai banyak maslahat untuk setiap penggunanya. Beberapa arti dari jaringan p2pr adalah proses instalasinya yang lewat mudah, efisien, implementasi yang murah, fleksibel, setiap komputer jinjing boleh bermain andai klien dan server, dan bukan memerlukan administrator bakal merawat jaringan.

Selain itu, jaringan p2p kembali tidak memerlukan OS maupun permintaan tertentu bagi sever, kegiatan kerja jaringan tidak titik api pada server, dan ketika ada komputer yang mengalami problem, maka tidak akan berdampak pada jaringan ataupun komputer lainnya.


Kelemahan Jaringan Peer to Peer

Lamun punya kelebihan, doang peer to peer punya kelemahan. Bilang diantaranya adalah penampakan p2p kian rendah dari pada
client-peladen,
karena setiap komputer harus boleh mengelola jaringan dan mengurus aplikasinya secara mandiri.

Selain itu, data jaringan yang tersebar pada tiap jaringan komputer jinjing mengharuskan adanya backup berusul tiap komputer tersebut. Terakhir, sistem administrasinya tidak dapat terkontrol.


Apa Bedanya dengan Jaringan
Client-server?


Dilansir dari laman resmi kemendikbud, jaringan client-server merupakan suatu jaringan komputer nan mampu menyenggangkan fasilitas bakal komputer jinjing lainnya yang kaya kerumahtanggaan jaringan, dan kliennya ialah komputer bukan yang mengakui atau menunggangi fasilitas nan mutakadim disediakan oleh server komputer.

Baca juga :  Organisasi Kehidupan Dimulai Dari Tingkat Molekuler Secara Urut Adalah

Server nan berada privat jaringan jenis
client-server
dikenal dengan dedicated server, karena perannya yang doang andai akomodasi bagi workstation dan peladen tersebut tidak bisa dolan sebagai workstation.

Baca juga:
Internet of Things (IoT): Denotasi dan sejumlah Industri nan Bisa Menggunakannya


Kesimpulan

Beralaskan penjelasan lengkap diatas, bisa kita simpulkan bahwa peer to peer alias P2P merupakan suatu jaringan yang mana setiap komputer yang saling terkoneksi di privat jaringan tersebut bisa bertindak sebagai klien dan peladen. Sehingga, setiap komputer yang terkoneksi tersebut mempunyai kewajiban dan juga peruntungan yang sebabat.

Dalam satu perusahaan, eksistensi jaringan p2p ini akan memuluskan perusahaan tersebut kerumahtanggaan mengelola data dan juga embaran penting perusahaan.

N domestik hal ini, solusi yang bisa digunakan yaitu sistem ERP. Kenapa? karena sistem ERP tersebut dapat mempermudah kegiatan menggandar secara otomatis dan lagi terintegrasi. Umumnya, sistem ERP akan berbuat integrasi pada berbagai kemujaraban bisnis, sama dengan akuntansi, penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, sebatas kemustajaban umum lainnya.

Nah, software yang bisa Engkau gunakan buat berbuat hal tersebut adalah software akuntansi dari Accurate Online. Software akuntansi ini dikembangkan dengan basis cloud, sehingga tidak memerlukan instalasi nan memakan banyak penyimpanan, dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun Kamu berada.

Accurate Online sangat sekata untuk digunakan oleh bervariasi perimbangan memikul, baik itu memikul kecil maupun menggalas ki akbar. Accurate Online mampu menyenggangkan 200 keberagaman proklamasi finansial, seperti permakluman laba rugi, embaran perlintasan modal, laporan neraca, keterangan sirkuit kas, dan warta lainnya secara kodrati, cepat dan tepat.

Selain itu, Accurate Online lagi memiliki fitur persediaan, penjualan, pembelian, buku segara, kekayaan tetap, kas dan bank, fitur manufaktur, dan masih banyak pun yang tentu saja akan semakin mempermudah Anda dalam melakukan kegiatan bisnis.

Seluruh fitur lengkap dan kurnia dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan biaya investasi nan cukup terjangkau, merupakan sekadar 200 ribuan perbulan saja. Biaya investasi tersebut tidak akan terserah temukan pada software akuntansi lainnya.

accurate1

Bagikan info ini ke temanmu!




Page load link

Uraikan Keunggulan Dari Jaringan Peer to Peer

Source: https://accurate.id/teknologi/peer-to-peer/