Unsur Seni Rupa Yang Menimbulkan Kesan Tekstur Dan Kedalaman Adalah

Unsur Seni Rupa Yang Menimbulkan Kesan Tekstur Dan Kedalaman Adalah

Pengertian Unsur Seni Rupa.Partikel -unsur dasar karya seni rupa adalah zarah-atom nan digunakan bagi mewujudkan sebuah karya seni rupa.

Seorang perupa seperti seniman, desainer, kriyawan, perajin, dan sebagainya. mengolah unsur- anasir seni rupa jasmani dan non fisik sesuai dengan kesigapan atau kemampuan atau kepiawaian dan kepekaan yang dimilikinya dalam menciptakan menjadikan sebuah karya seni.


Atom Seni Rupa Jasad Non Tubuh

Internal sebuah karya seni rupa, unsur fisik dapat secara langsung dilihat dan ataupun diraba, sementara itu molekul non fisik yakni pendirian alias kaidah- kaidah umum yang digunakan bakal menempatkan zarah-unsur fisik kerumahtanggaan sebuah karya seni.

Anasir- partikel fisik dalam sebuah karya seni rupa puas dasarnya menutupi semua unsur visual nan terdapat sreg sebuah benda. Dengan demikian pengamatan terhadap elemen -molekul optis pada karya seni rupa ini enggak berbeda dengan pengamatan terhadap benda-  benda yang ada di sekeliling.

Zarah Zarah Seni Rupa

Elemen seni rupa adalah atom- molekul visual yang boleh dilihat wujudnya nan digunakan untuk mewujudkan karya seni. Wujud ataupun unsur-unsur seni rupa tersebut berupa garis, bidang, rencana, warna, tekstur, musik gelapterang, dan ruang.

Penataan atom- molekul visual pada sebuah karya seni rupa menggunakan prinsip- pendirian pangkal berupa kaidah atau rasam baku yang diyakini maka itu seniman dan perupa pada umumnya dapat membentuk sebuah karya seni yang baik dan indah.

Kaidah alias resan protokoler ini disebut komposisi, berasal terbit bahasa latin compositio yang artinya memformulasikan atau menggabungkan menjadi satu. Komposisi dapat mencengap beberapa kaidah penataan seperti: kesatuan (unity); keseimbangan (balance) dan irama (rhythm), penekanan, nisbah dan keakuran. Mandu- prinsip radiks ini yakni partikel non fisik dari karya seni rupa.

1). Partikel Seni Rupa Titik /Bintik

Titik/tutul yakni unsur sumber akar seni rupa yang terkecil. Semua wujud dihasilkan mulai bermula titik. Tutul dapat sekali lagi menjadi ki akal perhatian, bila berkumpul alias berwarna beda.Tutul yang membesar konvensional disebut noktah.

Titik nan membesar akan menjadi halangan (elips) atau bola ataupun bulat berdiameter tertentu.

Sumur cahaya dilukiskan dengan sebuah tutul dan diletakan dalam urat kayu kosong gelap akan memancarkan kurat ke permukaan datar dan membentuk paparan nyata bulat telur yang merepresentasikan lingkaran dalam seni dua ukuran.

Contoh Gambar Unsur Seni Rupa Titik Bintik
Contoh Gambar Unsur Seni Rupa Tutul Bintik

Sekerumun titik titik nan tersebar random dalam meres dua dimensi yang memiliki degradasi warna maupun tint dan shade dari corak biru memasrahkan kesan ruang atau langit pada lilin lebah hari.

2). Unsur Seni Rupa Garis (Line)

Garis adalah gubahan atau perenggan limit berasal suatu benda, ruang, bidang, warna, texture, dan lainnya. Artinya, garis menjadi takat bermula berbagai rencana dan bidang.

Garis terbentuk melalui goresan atau tegangan dari bintik yang suatu ke tutul yang enggak. Garis merupakan zarah jasmani nan mendasar dan bermanfaat dalam mewujudkan sebuah karya seni rupa.

Garis mempunyai ukuran ki bertambah dan mempunyai arah serta sifat -sifat khusus seperti: ringkas, hierarki, vertikal, horizontal, harfiah, melengkung, ikal dan lebih lanjut.

Diversifikasi Garis Unsur Seni Rupa

Secara garis besar, garis dibagi menjadi dua macam, yakni garis lurus dan garis relung seperti ditujukkan lega rancangan berikut:

Contoh Gambar Jenis Garis Unsur Seni Rupa
Contoh Kerangka Jenis Garis Unsur Seni Rupa

Kesan Unsur Seni Rupa Garis

Dalam sebuah karya seni rupa garis dapat lagi digunakan misal simbol ekspresi. Setiap garis tersebut dapat menimbulkan kesan yang beragam yang dinamakan resan garis. Kepribadian garis yang dihasilkan maka dari itu alat yang berbeda akan menghasilkan fiil nan berbeda pun.

Kepribadian garis yang dihasilkan oleh jejak spidol pada jeluang dan jejak arang pada plano, akan menghasilkan kesan karakter yang berbeda.

Garis digunakan buat mengomunikasikan gagasan dan mengekspresikan diri. Garis tebal tegak harfiah misalnya, dapat memberi kesan kuat dan tegas, sedangkan garis tipis memeting, memberi kesan kelembutan, keluwesan, gontai dan ringkih. Karakter garis yang dihasilkan makanya perlengkapan yang berlainan akan menghasilkan karakter yang berlainan pula.

3). Unsur Seni Rupa Raut (Bidang dan Bentuk)

Satah nyata permukaan yang datar. Raut bisa terbentuk berpunca garis yang mencangam ukuran luas tertentu nan takhlik parasan. Artinya, suatu garis yang dipertemukan ujung pangkalnya akan menciptakan menjadikan satu bidang. Bidang mempunyai sifat nan beragam sesuai bentuknya.

Raut berarti perwujudan dari sebuah objek atau sering disebut bidang. Raut intern pengertian yang luas boleh berarti bidang atau bangun.

Bidang boleh diartikan sebagai rancangan yang menghadap pipih atau menjemukan. Dengan demikian rataan diartikan bagaikan unsur seni rupa yang terdidik berpokok pertemuan ujung sebuah garis atau perpotongan beberapa buah garis. Bidang dapat pula ditimbulkan dan dibentuk oleh pulasan warna atau nada haram-terang.

Bagan alias Sadar merujuk kepada wujud benda nan memiliki volume (mass). Dengan prolog lai, susuk ataupun siuman,
merupakan unsur yang gegares berkaitan dengan benda, baik benda alami maupun artifisial. Bantuk alias bangun benda dapat berupa bangun beraturan begitu juga landasan, segi catur segi tiga maupun enggak beraturan.

Baca juga :  Jelaskan Definisi Puisi Berdasarkan Bahasamu Sendiri

Kebiasaan Kesan Unsur Seni Rupa Bidang Bentuk Raut

Rencana terjadi melalui penggabungan unsur rataan. Misalnya, sebuah kotak tercurahkan dari empat sisi bidang yang disatukan. Kesan dan resan satu benda kian ditentukan oleh nada bawah tangan-terang, rona, dan tekstur benda. Misalnya, benda bertekstur kasar memberi kesan berat daripada yang bertekstur subtil.

Bentuk dalam pengertian bahasa, bisa berarti bangun (shape) alias bentuk plastis (form).

Bangun (Shape)
adalah bentuk benda yang polos, sebagai halnya yang terlihat maka dari itu netra, sekedar untuk menyebut sifatnya nan bulat, persegi, ornamental, tak terkonsolidasi dan sebagainya.

Bentuk Plastis
adalah susuk benda yang terlihat dan terasa karena adanya unsur nilai (value) dari benda tersebut, contohnya bufet. Lemari hadir di dalam suatu ruangan bukan sahaja sekedar peti persegi catur, akan tetapi mempunyai biji dan peran yang lainnya.

Tipe Jenis Rangka Meres Raut Atom Seni Rupa.

Bidang dalam seni rupa merupakan riuk satu unsur seni rupa nan terdidik bermula pergaulan beberapa garis. Bidang dibatasi kontur dan merupakan 2 matra, menyatakan permukaan, dan mempunyai dimensi Rataan asal n domestik seni rupa antara lain, bidang segitiga sama, segiempat, trapesium, lingkaran, oval, dan poligon lainnya

Unsur seni rupa Rangka dikelompokan menjadi bentuk geometrik seperti segitiga, persegi, dan persegi tangga) dan  bentuk organik sperti lengkung adil.

Bentuk Geometris Unsur Seni Rupa

Bentuk geometris merupakan rajah-gambar nan dikenal intern ilmu ukur atau keteknikan, yang dibuat secara beraturan dengan suatu contoh. Contoh Bentuk geometris ditunjukkan pada gambar berikut:

Contoh Gambar Jenis Bentuk Geometris
Contoh Tulang beragangan Variasi Bentuk Geometris

Kerangka Organis Unsur Seni Rupa

Bentuk organis adalah bentuk rajah natural yang dikenal ada di sejagat, seperti bentuk manusia, hewan dan tumbuh tanaman dan sebagainya. Conttoh bentuk organic ditunjukkan plong bagan berikut:

Contoh Gambar Jenis Bentuk Organis Unsur Seni Rupa
Contoh Tulangtulangan Macam Rencana Organis Unsur Seni Rupa

4). Unsur Seni Rupa Ruang

Ira dalam arti yang luas yakni seluruh keluasan, teragendakan di dalamnya hawa awan. Zarah keruangan dari sebuah karya seni rupa menunjukan matra dari karya seni rupa tersebut.

Unsur ruang lega karya seni rupa merupakan bentuk tiga ukuran karena adanya volume nan memberikan kesan kedalaman. Walaupun demikian, seniman lukis atau ilustratif yang membuat karya dua dimensi dapat juga menghadirkan kesan tiga dimensi atau kesan ruang pada karyanya dengan mengakomodasi unsur-unsur kerupaan lainnya seperti perbedaan intensitas dandan, terang-haram, atau menggunakan teknik menggambar perspektif untuk menciptakan ruang semu (khayal).

Jenis Ulas Positif Negatif Partikel Seni Rupa

Dalam pengertian yang sempit ruang dibedakan menjadi dua, yakni urat kayu destruktif dan ira positif. Ira negatif adalah ruang nan mengelilingi wujud bentuk, sedang ruang berwujud merupakan ira nan diisi maupun ditempati wujud bentuk.

Secara sederhana contoh ruang positif dan negative puas sebuah hasil karya seni ditunjukkan sreg gambar seperti berikut:

Contoh Gambar Jenis Ruang Positif Negatif Unsur Seni Rupa
Contoh Gambar Jenis Ruang Positif Negatif Molekul Seni Rupa

Ruang positif ditunjukkan oleh bagian nan diisi oleh objek ceceh, sedangkan ulas negative ditunjukkan maka dari itu episode yang lainnya, yaitu bagian yang bukan ada objeknya nan berwarna pingai.

Kesan Ruang Unsur Seni Rupa

Unsur ruang n domestik sebuah karya seni rupa 2 format menunjukan kesan dimensi berpokok obyek yang terdapat puas karya seni rupa tersebut.

Pada karya dua dimensi kesan ruang dapat dihadirkan privat karya dengan pengolahan elemen molekul kerupaan lainnya seperti mana perbedaan intensitas warna, terang ilegal, atau menunggangi Teknik menggambar perspektif buat menciptakan ulas semu (khayal).

Dalam seni konstruksi, ruang terpelajar atas dua atau sejumlah dinding yang berjarak.

Ruang sekali lagi bisa berupa rongga yang terdapat dalam seni patung. Ruang di standard berupa dinamakan ruang nyata. Ulas yang diwujudkan intern bentuk dinamakan ira khayalan (imajiner).

5). Atom Seni Rupa Tekstur

Tekstur alias barik yakni partikel rupa yang menunjukan kualitas taktil berpunca satu permukaan atau penggambaran keadaan struktur permukaan suatu incaran pada karya seni rupa.

Jenis Tekstur Molekul Seni Rupa

Tekstur yakni nilai raba pada suatu permukaan dan formal disebut rasa bahan, baik itu berupa maupun semu. Berdasarkan wujudnya, tekstur bisa dibedakan atas tekstur kudus dan tekstur buatan.

Tekstur Zakiah
adalah perbedaan ketinggian permukaan alamat nan berwujud dan dapat diraba.

Komplet barik asli adalah barik pada alat peraba kayu, barik permukaan persil sawah yang kekeringan sehingga bercekah, barik kulit durian, indra peraba nangka, barik sreg batu, dan sebagainya. Barik-barik alami tersebut terserah yang bernafsu ada yang halus.

Tekstur Buatan
adalah kesan rataan objek nan keluih pada satu bidang karena pengolahan unsur garis, warna, ira, dan terang-gelap. Barik buatan contohnya dibuat dibuat bersumber bahan seperti pasir, daluang, semen, logam, kusen, dan sebagainya.

Contoh Gambar Sifat Kesan Tekstur Unsur Seni Rupa
Model Gambar Sifat Kesan Tekstur Anasir Seni Rupa

Sifat Kesan Tekstur Unsur Seni Rupa

Tekstur adalah permukaan suatu benda, terserah yang halus terserah nan agresif. Tekstur agresif, misalnya terdapat sreg batang kayu, daun, dan rayuan. Tekstur lumat, misalnya kaca, plastik, dan jeluang.

Baca juga :  Perbedaan Daun Tunggal Dan Daun Majemuk

Dalam penggambaran bentuk benda, tekstur bisa mengesankan bobot ringan dan berat.

Berlandaskan pada sifatnya, barik bisa digolongkan atas:  barik faktual, barik semu, barik kasar, dan barik renik.

Barik Substansial
yakni barik yang bila dilihat dan diraba kesannya sebabat, maksudnya bila dilihat bergairah maka pada saat diraba kembali terasa kasar.

Barik Semu
yaitu barik yang bila dilihat karenanya berbeda dengan pada saat diraba. Contoh Barik Semu merupakan barik nan terlihat kasar namun bila diraba terasa halus, maupun bila dilihat terkesan subtil tapi bila diraba terasa garang.

Barik Agresif
adalah situasi permukaan sesuatu benda nan tampilan dan atau skor-rabanya
kasar. Contoh Baik Bergairah adalah
benda yang berbarik kasar yaitu antara lain: kertas gosok, tikar daun lontar, karung goni, kulit biji pelir salak, dan sebagainya.

Barik Halus
adalah situasi satah sesuatu benda yang tampilan dan maupun nilai-rabanya
lumat.
Contoh Barik Halus adalah benda yang berbarik lembut antara lain: kain halus, eksemplar/ kaca, plastik kaca, dan sebagainya.

6). Anasir Seni Rupa Palsu-Cahaya

Molekul terlarang terang pada karya seni rupa timbul karena adanya perbedaan intensitas binar yang jatuh pada permukaan benda. Perbedaan ini menyebabkan munculnya tingkat nada corak (value) yang farik.

Penggalan yang terkena cahaya akan lebih kilauan dan episode nan kurang atau dijalari kilat akan terlihat makin liar. Suatu garis atau benda akan punya nilai gelap atau terang, hitam, putih atau abu-abuk.

Perbedaan tingkat gelap ke terang ditunjukkan pada rancangan berikut:

Contoh Gambar Unsur Seni Rupa Gelap-Terang
Pola Rangka Molekul Seni Rupa Gelap-Kilat

Adat Kesan Gelap Kurat Partikel Seni Rupa

Bikin sifat liar digunakan dandan hitam dan buat aturan kilauan digunakan rona tulen. Antara hitam dan putih, terjadi tujuh panjang abu-bubuk, sementara itu jenjang kelima adalah serdak-abu netral.

Perbedaan elemen nada gelap terang memberikan kesan satah yang sempit, lebar, arah dan efek keruangan. Urat kayu yang liar seringkali memberikan kesan sempit dan sukar sementara itu ruang nan sorot memberikan kesan ringan, luas dan lapang.

Contoh Gambar Sifat Kesan Gelap Terang Unsur Seni Rupa
Contoh Tulang beragangan Resan Kesan Palsu Kurat Elemen Seni Rupa

7). Molekul Seni Rupa Warna

Warna pada dasarnya merupakan kesan yang ditimbulkan akibat pantulan kurat yang adapun permukaan satu benda. Pada karya seni rupa, dandan dapat faktual garis, satah, ulas dan nada gelap kilat.

Warna yakni zarah terdahulu dan paling dominant dalam sebuah penciptaan karya seni rupa. Melalui warna bani adam boleh menggambarkan suatu benda mencapai kesesuaian dengan permakluman yang sebenarnya.

Sifat Kesan Warna Anasir Seni Rupa

Warna dapat menerimakan kesan tertentu. Ada rona taruna dan dandan tua, warna cerah dan warna terlarang, serta dandan redup dan warna seri. Rona terlarang mendatangi memberi kesan berat, sebaliknya warna kurat dapat memberi kesan ringan.

Benda yang tertimpa cahaya (secara berbarengan alias tidak langsung), ada sisi yang ilegal dan ada sebelah yang sinar. Penggambaran bentuk benda yang baik, pelecok satunya ditentukan oleh kelihaian menentukan sisi haram dan sisi terang secara tepat

Corak adalah unsur rupa yang paling menggelandang perhatian. Menurut teori warna Brewster, semua warna yang cak semau bersumber pecah tiga corak siasat (primer) yaitu abang, asfar dan dramatis.

Makna ataupun Kesan Bangkang adalah cinta, nafsu, guna, kehidupan, tenaga, kohesi, bahaya, kemarahan.

Makna atau Kesan Kuning adalah terang, berisi, bijaksana, hangat.

Makna alias Kesan Biru adalah akur, kukuh, tertahan, konservatif, pasif hormat, kemasygulan, kelembutan.

Warna Primer Unsur Seni Rupa

Warna primer adalah rona-dandan yang lain boleh dihasilkan dari percampuran warna-warna lain.

Dengan alas kata tidak, warna primer adalah dandan dasar ialah: ahmar, kuning, dan spektakuler seperti ditunjukkan plong rajah lingkaran warna berikut:

Contoh Gambar Warna Primer Unsur Seni Rupa
Transendental Kerangka Warna Primer Anasir Seni Rupa

Corak Sekunder Unsur Seni Rupa

Warna
sekunder
adalah dandan-dandan yang dihasilkan dari percampuran dua warna primer, dengan nisbah yang setimpal.

Corak sekunder yang terbentuk terbit campuran dua lingkarang warna dapat dilihat pada gambar berikut:

Contoh Gambar Warna Sekunder Unsur Seni Rupa
Contoh Gambar Warna Sekunder Unsur Seni Rupa

a). Corak layung merupakan hasil dari percampuran antara warna merah dan kuning.

b). Warna hijau yaitu hasil pecah percampuran antara warna kuning dan biru.

c). Warna ungu merupakan hasil bermula percampuran antara warna biram dan sensasional.

Warna Tersier Molekul Seni Rupa

Warna
tersier
adalah warna-warna yang dihasilkan dari percampuran warna primer dengan corak sekunder. Keberagaman-spesies warna tersier yang dibentuk dari warna primer dengan warna sekunder dapat dilihat pada gambar berikut merupakan.

Contoh Gambar Warna Tersier Unsur Seni Rupa
Contoh Kerangka Warna Tersier Unsur Seni Rupa

a). Rona tersier violet adalah campuran warna sensasional dan ungu (purple).

b). Rona tersier magenta adalah campuran warna merah dan ungu (purple).

c). Warna tersier teal adalah campuran dandan spektakuler dan hijau. dan seterusnya

Warna Tint dan Shade Elemen Seni Rupa

Tint
adalah suatu rona tertentu (merah, hijau, biru, dan sebagainya) yang dicampur dandan bersih dengan janjang (porsi) tertentu, sehingga dihasilkan warna nan makin muda. Contoh Corak Tint untuk corak primer dapat dilihat pada rencana berikut:

Baca juga :  Berikut Informasi Yang Disajikan Dalam Sebuah Resensi Kecuali
Contoh Gambar Warna Tint Unsur Seni Rupa
Contoh Susuk Warna Tint Unsur Seni Rupa

Shade
adalah suatu warna tertentu (merah, biru, bau kencur, dan sebagainya) yang dicampur dandan hitam dengan jatah makan (pangkat) tertentu, sehingga dihasilkan warna yang kian wreda. Contoh Rona Shade bakal warna primer dapat dilihat puas gambar berikut:

Contoh Gambar Warna Shade Unsur Seni Rupa
Contoh Gambar Warna Shade Molekul Seni Rupa

Unsur Warna Seni Rupa Harmonis, Heraldis Simbolis, Tulen

Internal karya seni rupa terdapat sejumlah macam pemanfaatan warna, yaitu harmonis, heraldis dan kalis. Penggunaan rona disebut harmonis jika penerapannya sesuai dengan amanat sepatutnya ada.

Sedangkan heraldis ataupun simbolis adalah pengunaan warna lakukan menunjukkan tanda ataupun fon tertentu, begitu juga hitam untuk merepresentasi gobar cita, merah buat menandakan amarah, yunior lakukan melambangkan kesuburan dan sebagainya.

Mengenai penggunaan corak secara kalis yaitu penerapan dandan nan enggak terbetot pada mualamat objek atau huruf angka tertentu.

Skema Unsur Dandan Monokromatik Polikromatik

Dalam pewarnaan sebuah karya seni dikenal kembali istilah polikromatik dan monokromatik.

Molekul Corak Monokromatik

Metoda pewarnaan atau pendayagunaan secara monokromatik menunjukkan gaya penggunaan suatu keberagaman warna. Untuk menampilkan bilyet kedalaman lega pewarnaan secara monokromatik dilakukan dengan mengurangi atau menambahkan intensitas warna tersebut.

Unsur Rona Polikromatik

Metoda Polikromatik menunjukkan penggunaan bertambah dari suatu varietas warna. Dengan perkenalan awal lain polikromatik merupakan kebalikan berasal monokromatik.

Contoh Cak bertanya Eksamen Atom Unsur Seni Rupa

1). Elemen fisik ialah bagian yang secara langsung dapat dilihat dan ataupun di raba n domestik sebuah karya seni rupa begitu juga…

a). garis

b). bentuk

c). tekstur

d). semuanya benar

2). Prinsip alias kaidah-kaidah mahajana yang digunakan untuk menempatkan anasir-unsur fisik dalam sebuah karya seni diesbut:

a). zarah non bodi

b). atom peletakan

c). unsur penataan

d). semuanya moralistis

3). Unsur-unsur fisik kerumahtanggaan sebuah karya seni rupa sreg dasarnya meliputi …

a). semua elemen fisik yang terdapat pada sebuah karya

b). semua unsur fisik nan terdapat pada sebuah ruang

c). semua unsur badan yang terdapat pada bagan

d). semua atom bodi yang terletak pada lagu



Seandainya materi ini memberikan manfaat, dan dia ingin menjatah dukungan

Donasi
pada ardra.biz, silakan kunjungi SociaBuzz Tribe milik ardra.biz di tautan berikut



https://sociabuzz.com/ardra.biz/tribe

  • Lapisan manjapada yang tersusun oleh batu-batuan adalah ….,
  • Di dunia orang roh tinggal pada lapisan ….
  • Sirkuit Gaya Seni Rupa Lukis: Denotasi, Fungsi, Jenis, Ciri Induk bala, Contoh Pertanyaan.
  • Contoh Soal Ciri Planet Akibat Rotasi Revolusi Bulan Bumi Matahari
  • Benda langit yang terdiri dari es nan sangat padat. Saat menentang Syamsu membedakan gas nan berbentuk kepala bercahaya dan jerkah nan terlihat seperti ekor,
  • Contoh Produk Menggunakan Cendawan Tahan Karat, Jenis Stainless Steel
  • Seni Tari: Konotasi Fungsi Unsur Dasar Susuk Jenis Skor Estetika Gerak Tari
  • Sistem Demokrasi: Signifikasi Asas Pendirian Jenis Bentuk Nilai Dasar Ciri Sikap Perilaku Positif Demokrasi
  • Berikut ini ialah pernyataan nan bermartabat mengenai massa Utarid kecuali
  • Batuan … bermula dari batuan beku dan batuan endapan yang mengalami transisi akibat panas dan tekanan.
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 9
  • >>

Daftar bacaan:

  1. Sumardjo, J., 2000, “Filsafat Seni”, Penerbit ITB, Bandung.
  2. Soedarsono, sp., 1990, “Tinjauan seni. Sebuah pengantar untuk apresiasi seni”, Kaki Dayar Sana, Yogyakarta.
  3. Hadiatmojo, Supardi, 1990, “Album Seni Rupa Eropa”, IKIP Semarang Press, Semarang.
  4. Agus, 1986, “Seni, Desain dan Teknologi”, Pustaka, Bandung.
  5. Setiawati, Puspita, 2004, “Kupas Tuntas Teknik Proses Membatik”, Totaliter, Yogyakarta.
  6. Wartono, Kukuh, 1984, “Pengantar Pendidikan Seni Rupa”, Penerbit Yayasan Kanisius, Yogyakarta.
  7. Darmawan, Budiman, 1988, “Penuntun Les Seni Rupa”, Ganeca Exact, Bandung.
  8. Sumardjo J., 2010, “Metafisika Seni”, Penerbit PT. Gramedia, Jakarta
  9. Sahman, Humar, 1993, “Mengenal Bumi seni Rupa”, IKIP Semarang, Semarang.
  10. Ardra.Biz, 2019, “Anasir Unsur Seni Rupa, dengan Kamil Unsur Seni Rupa dan Pengertian Seni Rupa. Anasir Awak Seni Rupa dan Unsur Visual Benda Seni Rupa sebagai Unsur Non Fisik Seni Rupa. Tipe Unsur Seni rupa dengan Unsur Titik /Noktah Karya Seni Rupa dan Unsur Seni rupa Garis (Line).
  11. Ardra.Biz, 2019, “Fungsi Unsur seni rupa beserta Kesan makna molekul garis seni rupa dan Karakter unsur seni rupa. Atom seni rupa Raut (Satah dan Rangka) dengan Contoh Elemen seni rupa bidang atau bentuk dan Unsur seni rupa Ruang beserta konseptual zarah seni rupa ruang.
  12. Ardra.Biz, 2019, “Unsur seni rupa Tekstur dengan contoh elemen seni rupa tekstur dan Unsur seni rupa barik sebagai contoh zarah seni rupa barik.
  13. Ardra.Biz, 2019, “Tekstur polos  dan tekstur buatan ialah Kesan permukaan objek dengan unsur seni rupa dandan. sempurna unsur seni rupa corak dengan Unsur seni rupa Terlarang-Terang dan Teladan elemen seni rupa panah bawah tangan.


Unsur Seni Rupa Yang Menimbulkan Kesan Tekstur Dan Kedalaman Adalah

Source: https://ardra.biz/topik/sifat-kesan-tekstur-unsur-seni-rupa/