Tumbuhan Teratai Menyesuaikan Diri Dengan Memiliki Akar

Tumbuhan Teratai Menyesuaikan Diri Dengan Memiliki Akar

KOMPAS.com
– Teratai adalah tumbuhan yang hidup di air seperti rawa-rawa dan empang tohor. Padma sangatlah tersohor di tanah raya Asia.

Bunga teratai seringkali disimbolkan sebagai kehormatan karena meskipun vitalitas di air yang kotor dan berlampur, rente runjung tetaplah besih tak terkotori air tersebut.

Kerjakan dapat atma dalam habitat tersebut, teratai n kepunyaan ciri fisik khusus yaitu:

  • Akar pendek dan berotot

Pokok kayu teratai memiliki akar nan pendek dan berserat yang ki terpaku di dasar. Akar susu teratai berfungsi lakukan merekatkan tumbuhan teratai ke asal air sehingga tidak mudah terikat distribusi ataupun terkesan tangan manusia.

Akar lotus tidaklah panjang alias besar karena lain perlu banyak menyerap air karena lotus sendiri telah tenggelam air sepanjang waktu.

Adapun akar tunjang yang berserat memungkinkan akar tunggang tersebut cak bagi mengapung di air dan menyerap kirana dengan mudah.

Baca juga: Fakta Unik Rafflesia Arnoldii, Bunga Tunggal Terbesar di Manjapada

  • Bangkai kuat dan berongga

Batang lotus ialah
rhizome
ataupun normal disebut sebagai rimpang. Buntang runjung menyambat akar yang terukir di dasar permukaan dengan daun dan bunga nan berada di meres air.

Batang runjung kokoh dan n kepunyaan rongga. Rongga tersebut berbentuk ruang untuk transport gas nan dinamakan dengan aerenkim.

Dilansir dari
Oxford Academic Journals, pada persil nan tergenang air difusi gas akan 10.000 kali lebih lambat dari mega, sehingga akar tidak mendapatkan oksigen yang cukup dari daun dan menjadi mati.

Aerenkim berfungsi agar transport gas sreg tumbuhan teratai berjalan dengan laju, sehingga akar susu konstan bisa berespirasi.

Baca juga :  Perubahan Kuantitatif Pada Pertumbuhan Tumbuhan Adalah

Selain berfungsi sebagai transport zat, aerenkim batang runjung juga berfungsi sebagai ranggung.

Baca juga: Ciri-ciri Anak uang Matahari dan Manfaatnya

Sehingga tumbuhan lotus taat bisa tegak walau rani dalam air. Batang berongga padma sering dikonsumsi sebagai rahim maupun obat-obatan karena memiliki banyak khasiat.

  • Daun rata gigi dan anti kotor

Ilustrasi permukaan daun lotus. Karena permukaannya yang anti-air, air akan menggelinding dan membersihkan debu.
William Thielicke
Ilustrasi permukaan daun teratai. Karena permukaannya yang anti-air, air akan menggelinding dan membersihkan tepung.

Pokok kayu teratai bertaruk dan berkembang di atas permukaan air. Pelecok satu cirinya adalah memiliki daun yang lebar. Fungsi dari daun yang lebar ini salah satunya adalah bakal rapung di rataan air.

Permukaan daun runjung yang lebar mengandung banyak stomata sehingga memudahkannya kerjakan melakukan penguapan. Daun lotus juga memiliki permukaan dari yang superhydrophpbic (sangat redup air ataupun antagonistis air).

Adat
superhydrophobic
patera padma didapatkan dari struktur mikroskopis daunnya. Dilansir dari
Institute for Chemical Education, rataan daun teratai terdiri dari kompilasi kristal lilin epikutikular berdiameter 1 nanometer.

Baca juga: Nama-nama Bunga n domestik Bahasa Inggris

Kristal parafin tersebut menonjol-nonjol disepanjang permukaan daun teratai membuatnya berangasan secara mikroskopis. Permukaan nan garang tersebut memberikan sudut hubungan makin berpangkal 120 derajat, membuat air bukan dapat menempel plong teratai.

Dilansir berpangkal
NASA, saat air terpercik ke patera padma, daun tersebut sama dengan menjorokkan air dan membuatnya seperti mana manik-manik nan berguling. Membuat air tidak turut ke daun dan teratai enggak sangkut-paut basah.


hk-phy.org
Disebelah kiri yaitu air pada permukaan lazim dan disebelah kanan merupakan air pada permukaan hydrophobic teratai, terlihat berak ikut bersama dengan air

Saat air menggelinding di satah teratai, air akan masuk serta mengapalkan debu, cirit, dan sekali lagi kuman yang menempel plong teratai.

Baca juga :  Proxy Server Yang Populer Saat Ini Adalah

Lalu membawanya hingga kembali ke air pada tebat atau rawa. Keadaan ini membuat teratai memiliki mekanisme membersihkan diri sendiri. Hal ini membuat teratai boleh bertahan di air minus memburuk, anti kotor, dan anti mikroba.

Baca kembali: Soal Syariat Mendel: Fenotip Persilangan Dua Bunga dengan Warna Farik

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://n.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih sangat di ponsel.

Tumbuhan Teratai Menyesuaikan Diri Dengan Memiliki Akar

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/27/121555469/ciri-khusus-tumbuhan-teratai-dan-fungsinya?page=all