Tinggi Meja Dari Lantai Pada Permainan Tenis Meja Adalah

Tinggi Meja Dari Lantai Pada Permainan Tenis Meja Adalah

Daftar Isi

  • Apa Itu Tenis Meja?
  • Matra Lapangan Tenis meja
    • 1. Alun-alun / Meja
    • 2. Sauk-sauk dan Net
    • 3. Bola Tenis Meja
    • 4. Bet / Peranti Pemukul Bola
  • Ukuran Bet Tenis meja
    • Sulit Bola Tenis Kenap
    • Ordinansi Permainan Tenis Bidang datar
      • 1. Bet
      • 2. Bola
      • 3. Meja
      • 4. Net
      • 5. Poin
      • 6. Servis
      • 7. Kompetisi
      • 8. Sistem Pertandingan
      • 9. Pelanggaran

Ukuran lapangan tenis meja –
Pingpong ialah sebuah permainan bola kecil nan resmi dimainkan di tanah lapang yang berukuran katai. Permainan ini bisa dilakukan secara individu maupun ganda seperti permainan bulutangkis.Di Indonesia sendiri terletak emak cagak olah tubuh tenis meja ini adalah Persatuan Pingpong Seluruh Indonesia (PTMSI).

Sementara itu untuk induk organisasi tenis meja dunia disebut dengan nama
International Table Tennis Federation
(ITTF). Organisasi inilah yang mengatak dan menentukan format kriteria lapangan tenis kenap internasional. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang ukuran pelan tenis meja standar internasional dengan sedetail mana tahu.


Apa Itu Tenis Meja?

Tenis meja merupakan jenis permainan olahraga nan mainya memperalat bola kecil serta seremonial dimainkan di lapangan nan berbentuk papan dengan ukuran katai. Jenis permainan ini biasanya akan dimainkan secara sosok maupun secara ganda. Selain itu jenis permainan pingpong memiliki permainan nan menyerupai bulu tangkis bedanya hanya di alatnya sahaja, namun cak bagi cara bermainya tetaplah sama.

Baca juga: Ukuran Lapangan Bola Bola keranjang


Ukuran Lapangan Tenis Kenap

Peraturan Permainan Tenis Meja

Berikut kami bagikan informasi mengenai matra tanah lapang tenis meja standar nasional dan Internasional yang barangkali bisa membukit proklamasi dan wawasan mengenai bumi olahraga tenis meja.


1. Alun-alun / Meja

Sama dengan yang kita ketahui bahwa perminan tenis meja cuma akan bisa dimainkan diatas lempengan papan yang terbuat terbit kayu. Namun kerjakan ukuranya terbilang tidak begitu luas, adapaun untuk ukuranya ialah umpama berikut ini:

  1. Lebar: 152,5 cm
  2. Panjang: 274 cm
  3. Panjang: 76 cm
  4. Luas: 4,1785 m²Rimbun meja : 3 cm
  5. Panjang net: 783 cm

Di atas yakni ukuran alun-alun tenis meja standar nasionalnya.


2. Jaring dan Net

Seperti pada permainan tenis pelan, permainan tenis bidang datar sendiri juga menggunakan net atau jaring nan terdapat di bagian tengah alun-alun. Maslahat bersumber jala adalah lakukan meleraikan kewedanan per pemain. Perbedaan net pada kedua permainan ini adalah terdapat sreg ukurannya. Berikut mengenai keterangan ukuran net atau seser puas tenis bidang datar:

  1. Sauk-sauk / net dibentangkan dengan untai nan diikat kedua sisinya lega tiang penyangga dengan tinggi 15,25 cm. Provisional sebelah takat puas kedua kusen penyangga mempunyai jarak 15,25  cm dari sebelah batas permukaan bidang datar / pelan.
  2. Janjang jaring / net dari sisi kiri ke kanan berukuran 1,83 meter. Sementara buat seluruh panjang net berangkat dari ujung atas sampai ke permukaan bidang datar adalah 15,22 cm.
Baca juga :  Bagaimana Cara Memukul Bola Pada Permainan Tenis Meja


3. Bola Tenis Meja

Selain lapangan yang memiliki ukuran tertentu, lebih jauh bola nan digunakan pun memiliki standart eksklusif sesuai peraturan yang suka-suka. Tentang ukuranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Bola pingpong berat 2,7 gram dengan diameter 40 mm.
  2. Bola tenis meja biasanya bercelup ikhlas alias orange yang terbuat berusul bahan selulosa ringan.
  3. Pantulan bola tenis meja harus mengaras keagungan 23 – 26 cm puas pantulan pertama ketika bola dijatuhkan.
  4. Kualitas bola tenis meja umunya ditandai dengan simbol bintang pada permukaannya.

Jumlahnya antara 1 sampai 3 bintang. Bola pingpong dengan huruf angka 3 bintang yang merepresentasi bahwa bola berkualitas baik dan umunya pun dipakai pada turnamen tenis meja resmi.


4. Bet / Instrumen Pukul Bola

Kalau puas permainan tenis tanah lapang alat palu bola berupa sebuah raket maka puas permainan tenis meja ini alat nan digunakan terbuat dari kayu dengan lapisan objek solo di permukannya atau formal disebut pemukul bola pingpong. Adapun matra dan perangkat yang digunakanya merupakan laksana berikut ini.

  1. Patera pemukul bola pingpong harus datar dan dogmatis.
  2. Daun bet 85 % terbuat dari kayu. Kerjakan saduran perekat puas kayu bisa diperkuat dengan mangsa rabuk karbon atau mangsa kertas padat dengan ukuran 7,5 % dari besaran ketebalan yakni 0,35 mm.
  3. Sisi daun bet ditutupi maka dari itu kejai licin / halus maupun bintik, jika menggunakan karet bintik maka ketebalan kejai tertera lapisan lem lem tidak boleh bertambah dari 2,0 mm.

Baca pula: Ukuran Lapangan Bola Voli


Ukuran Bet Pingpong

Dimensi bet tenis meja: pangkat 25.5 cm dan lebar papan 15cm, matra tersebut adalah format standar nasional maupun Internasionalnya.


Berat Bola Tenis Kenap

Sedangkan bagi elusif bola tenis meja nan digunakan sesuai standart nasionalnya adalah sebagai berikut ini.

  1. Bola tenis bidang datar berdiameter 40 mm.
  2. Berat 2,7 gram.
  3. Berwarana bola: sejati atau oranye.
  4. Terbuat berusul mangsa selulosa yang ringan.

Pantulan bola nan baik yaitu apabila bola dijatuhkan mulai sejak ketinggian 30,5 cm maka, akan menghasilkan pantulan pertama dengan keluhuran 23–26 cm. Plong bola tenis meja biasanya terdapat tanda medalion 1 hingga bintang 3, dan pada jenama bintang 3 inilah yang menunjukan bahwa kualitas bola tertinggi dan terbaik. Dan lazimnya bola tersebut yang dipakai internal perlombaan tenis meja formal.

Baca sekali lagi: Ukuran Alun-alun Sepakbola


Peraturan Permainan Tenis Meja

Bet

Selain Format tanah lapang tenis bidang datar, maka permainan ini sekali lagi harus bisa memenuhi persyaratan sesuai peraturanya. Salah suatu persyaratan dan peraturanya yaitu sebagai berikut ini.

  1. Pemain harus bisa menggampar bola dan bisa menyentuhkan kayu pemukul ataupun atau yang disebut raket.
  2. Pemain harus mengerjakan service.
  3. Penerima bola atau receiver yaitu pemain sandiwara yang memukul bola nan kedua privat satu reli.
  4. Wasit merupakan yang menyibuk permainan.
  5. Pendamping juri merupakan orang yang membantu wasit dalam menyibuk permainan.

Baca juga: Ukuran Pelan Atletik Internasional


1. Bet

Aturan yang pertama yaitu mengenai bet atau raket. Bet dalam olahraga tenis meja bisa kita ucap dengan alat pemukul/raket nan terbuat dari senyawa kayu dan serat karbon. Cara melembarkan bet tenis meja yang sesuai standar nasionalnya adalah 85% terbuat dari bahan kayu, dan sisanya merupakan 15% mulai sejak serat karbon, serat kaca, dan jeluang padat.

Baca juga :  Ceramah Tentang Pergaulan Bebas Beserta Dalilnya

Sreg bagian sisi raket yang lumrah digunakan buat mengamini bola nan dilapisi dengan karet licin dan mempunyai ketebalan 2mm minus spons dan 4mm dengan bunga karang. Maksud dari campuran bahan-target ini seharusnya bet lebih kokoh.


2. Bola

Peraturan nan kedua yakni tentang bola. Bola adalah riuk suatu instrumen berusul permainan tenis meja yang paling bawah selain bet. Sesuai dengan standard internasionalya , bola nan digunakan kerumahtanggaan permainan tenis meja yaitu bentuk pastinya bundar  dan berdiameter 40mm, serta mempunyai langka 2,7gr.

Alamat radiks yang digunakan adalah plastik atau selulosa yang tidak mengilap. Sementara itu, warna yang dibolehkan adalah putih atau lembayung, bukan warna lainnya.


3. Kenap

Aturan berikutnya ialah mengenai meja. Format pan-ji-panji kerjakan meja dalam permainan tenis meja ialah panjang 2,74m, bogok 1,525m, dan tinggi 76cm dari permukaan lantai. Sementara itu, bahan pangkal pan-ji-panji yang digunakan adalah kayu nan bisa menghasilkan pantulan bola setinggi kurang makin 23cm ketika pemain menjatuhkan bola di ketinggian 30cm. Kerjakan warna, diwajibkan menggunakan dandan yang haram dan dibuat garis pembatas selebar 2cm warna ceria.


4. Net

Resan matra panjang pukat standar internasional 15,25cm yang diukur terbit kusen penjaga net dan penjepit jaring. Tidak diperbolehkan cak bagi melebihi tinggi kalimantang nan sudah lalu ditetapkan. Net tenis harus dipasang dengan berpasangan dan bisa menjejak dasar bidang datar tanpa ada celah.


5. Kredit

Peraturan tenis meja perhitungan skor. Anak komidi akan mendapatkan poin atau nilai apabila pemain bisa seperti berikut ini:

  1. Bola melayang melewati meja minus mengenjal terlebih habis.
  2. Lawan sudah lebih terlampau mencecah bola tanpa bisa mengembalikannya.
  3. Lawan tidak dapat mengembalikan bola dengan tepat atau benar.
  4. Lawan menampung bola dengan sisi patera raket yang minus pelapis karet.
  5. Servis yang dilakukan maka dari itu tandingan tidak sempurna. Sehingga menyebabkan bola gagal melewati net.
  6. N partner memukul bola melebihi sekali sebelum bola melewati bantau.
  7. Lawan membuat gerakan menyentuh net.
  8. Lawan menyentuh meja dengan tangan yang tak menjabat bet.
  9. Dagi membuat gerakan yang mengakibatkan permukaan meja bergerak.
  10. N antipoda memukul bola tidak secara berurutan (lega nomor ganda).
  11. Servis dan Pengembalian Bola.

Baca kembali: Ukuran Alun-alun Voli dan Semua Hal Detailnya


6. Servis

Rasam selanjutnya yaitu mengenai servis dan pengembalian bola. Berikut yaitu aturan-aturan standard nan ditetapkan:

  1. Kerjakan menentukan elus n domestik servis, yaitu dengan diputuskanya lot. Setelah mendapatkan keputusan tersebut, maka pemenang dapat menentukan atau memintal servis dengan mengakui bola, maupun bekas lebih dulu.
  2. Seandainya salah satu pemain atau saingan memintal pelecok satu pecah tiga sortiran tersebut, yang lainnya harus memintal yang lainnya, tak boleh ekuivalen.
  3. Anak tonsil maupun tampin nan memulai pada satu tempat atau sisi dalam satu permainan, akan berpindah panggung di permainan berikutnya. Kemudian, pada permaianan/set penentuan, anak bangsawan atau pasangan harus menengok wadah jika salah satunya telah mendapatkan angka 5.
  4. Sehabis mendapatkan 2 poin, secara porselen penerima/tampin melakukan servis hingga permainan radu. Pengecualian jika kedua anak tonsil/pasangan tersebut sama-sama telah mencapai poin 10. Selanjutnya, jika diberlakukan percepatan waktu, urutan servis dan menerima servis konsisten sama tetapi sendirisendiri harus melakukan servis sekali secara bergantian.
Baca juga :  Unsur Paling Berperan Dalam Daur Air Adalah


7. Perlombaan

Aturan akan halnya jalannya pertandingan tenis meja adalah misal berikut ini:

  1. Wasit utama mendahului jalannya pertandingan, sedangkan wasit ajudan dibantu oleh pencatat poin/skor disediakan maka itu panitia acara untuk menjaga netralitas.
  2. Setiap keputusan juri yaitu mutlak sehingga bukan bisa di diganggu ataupun digugat
  3. Para pemain atau peserta diwajibkan mengenakan pakaian olahraga
  4. Para pelajar harus dalam keadaan ataupun kondisi fisik dan metal nan fit
  5. Diberlakukan toleransi maksimal keterlambatan, yakni 10 menit.
  6. Peserta akan dipanggil maksimal 3 kali. Lebih dari itu akan dinyatakan diskualifikasi.
  7. Para pemain diwajibkan mengenakan sepatu ketika bertanding
  8. Lain diwajibkan untuk peserta untuk membawa perlengkapan koteng karena sudah disediakan oleh panitia.


8. Sistem Pertandingan

Aturan tentang sistem pertandingan. Berikut adalah aturan standar sistem pertandingan yang sudah ditetapkan oleh organisasi tenis meja kebangsaan dan jagat:

  1. Perlombaan ditetapkan dengan sistem gugur
  2. Sistem penjumlahan nan digunakan yaitu best of three best of three di mana angka kemenangan 11 rally point saat adegan penyingkiran.
  3. Pada adegan final, sistem pencacahan yang sahih pakai adalah
    best of five
    dengan jumlah nilai kemajuan 11
    rally point.
  4. Kalau terdapat poin seri (10-10), maka akan ditambah sayembara 2 poin juga
  5. Pemain yang lebih dahulu mendapatkan poin beda 2 akan dianggap andai pemenangnya.
  6. Jika masing saja semarak setelah cedera tambahan 2 poin, maka akan dilakukan centrian koin hingga didapatkan pemenangnya.


9. Pelanggaran

Sekiranya sebelum-sebelumnya telah dijelaskan mengenai statuta-perturan standard tentang organ dan pertandingan, seterusnya yang sekali lagi perlu dibahas yaitu aturan mengenai pelanggaran. Berikut adalah kriteria-kriteria nan disebut dengan pelanggaran intern permainan tenis meja:

  1. Menyorong ataupun menggerakkan kenap ketika bola sedang dimainkan atau rally
  2. Anak ningrat mengangkap bola yang dipukul maka itu lawan dengan posisi tangkapan tepat di atas kenap
  3. Bet atau tangan menyentuh kenap dan net ketika bola rally alias dimainkan.
  4. Ketika melakukan servis, pemain gagal mengenai bola, baik itu sengaja ataupun bukan.
  5. Ketika melakukan teknik pukulan atau servis, posisi mentrum tidak berada di posisi seharusnya. Misalnya, posisi pukulan berada tepat di atas meja. Posisi nan seharusnya ialah congah di luar sempadan meja.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai format, peraturan dan penjelasan tenis bidang datar nan harus kita ketahui. Jika kalian merupakan sendiri pemula, maka ketahuilah teknik bawah pingpong yang baik dan benar. Sekian, semoga bermakna.

Baca juga:

  • Ukuran dan Harga Rajah Atap Baja Ringan Terlengkap!
  • Ukuran Lapangan Atletik Internasional
  • 20 Transendental Desain Kamar Mandi Dimensi 1×1

Penyunting:
Syahya Rembulan


Temukan sortiran rumah dan flat terlengkap di Permohonan Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP kerjakan akses eksklusif. Lakukan kamu badal properti adil atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan kantor cabang peruntungan bersama kami dan iklankan kepunyaan kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut akan halnya kepunyaan di Property Academy by Pinhome. Taris menjadi Rekan Jasa Pinhome melampaui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Belaka di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.
Pinhome

Berisi kulak sewa properti.

Tinggi Meja Dari Lantai Pada Permainan Tenis Meja Adalah

Source: https://www.pinhome.id/blog/ukuran-lapangan-tenis-meja/