Siapakah Yang Pertama Kali Menciptakan Sistem Operasi Linux

Siapakah Yang Pertama Kali Menciptakan Sistem Operasi Linux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia nonblok

Linus Torvalds
LinuxCon Europe Linus Torvalds 03 (cropped).jpg

Torvalds pada periode 2014

Lahir Linus Benedict Torvalds

28 Desember 1969
(umur 52)


Helsinki, Finlandia
Medan sangat Portland, Oregon, Amerika Serikat
Kebangsaan Finlandia Amerika
Almamater Institut Helsinki
Pekerjaan Rekayasawan perkakas lunak
Tempat kerja Linux Foundation
Dikenal atas Kernel Linux, Git
Suami/istri Tove Torvalds née Monni
Momongan 3
Makhluk tua Nils Torvalds (ayah)
Anna Torvalds (ibu)[1]
Kerabat Ole Torvalds (kakek)
Situs web torvalds-family.blogspot.com

www.cs.helsinki.fi/u/torvalds/
(mati)]

Linus Benedict Torvalds
(lahir 28 Desember 1969) adalah rekayasawan perangkat kepala dingin Finlandia yang dikenal laksana perintis peluasan Kernel Linux. Ia sekarang bertindak sebagai koordinator antaran tersebut.

Linux terinsipirasi maka dari itu Minix (sistem usaha yang dikembangkan maka dari itu Andrew S. Tanenbaum) kerjakan mengembangkan sistem operasi mirip Unix (Unix-like) yang dapat dijalankan lega sebuah PC. Linux kini dapat dijalankan plong berbagai arsitektur lain.

Ketika Linus Torvalds, seorang mahasiswa Finlandia tebal bibir membagi-bagikan kode sendang (source code) kernel Linux seukuran disket via internet pada tahun 1991, ia terkadang enggak menyengaja bahwa apa yang dimulainya berputra sebuah komersial bernilai miliaran rupiah di kemudian perian.

Kamu lebih-lebih tidak mengira Linux kemudian menjadi sistem persuasi paling prospektif, nan dapat dibenamkan ke dalam peladen, komputer desktop, tablet PC, PDA, ponsel, GPS, robot, mobil hingga pesawat ulang alik imitasi NASA.

Sekarang 2,32% pangsa pasar desktop di seluruh dunia menunggangi Linux, macOS 8,41% dan Windows 88,79%. Linux juga menyumbangkan 68,71% pada sistem manuver telepon pintarnya dengan Android. Dan 35,9% server di seluruh dunia memperalat Linux, melebihi Windows yang namun 32,3%, jauh di atas UNIX, Berkeley Software Distribution (BSD), dan Solaris.

Saat ini Linus meninggalkan posisi prospektif di perusahaan tunas konduktor Transmeta dan suntuk bersama istri dan 3 anaknya di sebuah jabal di desa di Portland, Oregon, AS, berdekatan dengan markas Open Source Development Labs. Organisasi nirlaba ini diawaki makanya 20-an pemrogram nan mempunyai gairah hampir seperti Linus. Mereka terus berekspansi kernel Linux yang kini berukuran 290-an MegaBytes atau melebihi 9 miliar baris kode. Linux beserta timnya menerima akuisisi baris-baris kode pecah seluruh penjuru dunia, menyortir, menetapkan skala prerogatif dan memasukkan gagasan paling brilian ke n domestik kernel. LSD sendiri didukung maka itu puluhan raksasa IT seperti mana IBM, HP, Dell dan Sun, baik berpokok sisi materi maupun sumur daya manusia.

Linus bukan anak adam purwa nan memberi-bagikan kode sumber karena arketipe ini adalah hal yang biasa pada masa sediakala tumbuhnya industri komputer. Tapi Linus sukses menjadwalkan standar yang mengerasi banyak pengembang ikut membebaskan kode perigi acara mereka, mulai dari BSD, Solaris, Suse, Java setakat Adobe.

Meski hanya bergaji ratusan ribu dolar pertahun, Linus telah menciptakan banyak multimiliarder dalam industri komputer mulai dari RedHat, Suse, Debian, Mandriva, Ubuntu dan banyak pengembang perangkat sabar sumur mendelongop lainnya. Dekat tak ada yang berubah berpangkal Linus. Ketika ia datang terlambat di suatu konferensi IT, beliau apalagi tak segan-segan duduk di ubin dengan lancingan ringkas dan sepatu-sandal kesukaannya. Ia bahkan bukan marah tatkala menerimakan pidato di mimbar dan diinterupsi oleh sejumlah pemrogram BSD yang maju ke depan panggung yang mengklaim bahwa kernel BSD jauh kian hebat daripada kernel Linux. Dia malah lain segan-segan mengaryakan T-Shirt BSD yang disodorkan pemrotes dan melanjutkan pidatonya.

Menurut Linus, apa yang dilakukannya hanyalah bikin berbagi. Berlainan dengan Richard M. Stallman nan fanatik dengan konsep
free software, Linus hanya menggarisbawahi jihat kejujuran (open), tak peduli apakah kemudian privat suatu sistem gerakan bercampur program
free
dan
proprietary.

Setiap kata-kata Linus erat menjadi sabda di galengan Linuxer nan menciptakan barometer skor tertentu. Setiap pengumuman, pidato, surel, dan siaran persnya selalu ditunggu-tunggu jutaan orang. Di sela kesibukannya, Linus meluangkan diri menyadau menuruni bukit dan meneguk di bar desa. Puas 24 April 2012, Linus tersaring sebagai salah satu berasal dua penerima penghargaan Millennium Technology Prize 2012, sebuah penganugerahan separas pujian Nobel di bumi teknologi.[3]

Referensi

[sunting
|
sunting sumber]


  1. ^


    “Linux Online — Linus Torvalds Bio”. Linux.org. Diarsipkan dari versi lugu tanggal 2004-06-26. Diakses tanggal
    2010-03-13
    .





  2. ^


    John R. Levine, Margaret Levine Young (2004).
    Unix for Dummies. Wiley Publishing. hlm. 36. ISBN 0-7645-4147-1.





  3. ^

    Bapak Linux Dianugerahi ‘Nobel’ Teknologi, ketika.jaring.

Pranala luar

[sunting
|
sunting sumber]

  • Blog Linus Torvalds
  • Torvalds’s home page
  • Linus Torvalds: A Very Brief and Completely Unauthorized Biography



Siapakah Yang Pertama Kali Menciptakan Sistem Operasi Linux

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Linus_Torvalds

Baca juga :  Urutan Proses Penulangan Osifikasi Pada Tulang Pipa Yang Benar Adalah