Jika Dinamo Sepeda Berputar Makin Cepat Maka Lampu Sepeda Menyala

Jika Dinamo Sepeda Berputar Makin Cepat Maka Lampu Sepeda Menyala

Lampu sepeda merupakan aksesoris sepeda yang kritikal. Tidak sebagai halnya otomobil dan pelopor yang detik kita beli sudah bersama lampunya. Kereta angin enggak dijual dengan lampu, membuat kita harus mengerti untuk memintal bohlam yang sekata bagi sepeda kita. Kini ini di Indonesia, penggunaan lampu pada kendaraan bermotor pit dua perlu digunakan setiap berkendara sejauh perian. Sedangkan untuk mobil tidak teristiadat, tetapi damping semua alumnus mobil terbaru mutakadim punya DRL (Daylight Running Light), yaitu bohlam yang hidup setiap otomobil dinyalakan.

Bersama helm sepeda, lampu sepeda tertulis organ penaung diri bakal pesepeda. Walaupun tidak mereservasi secara langsung sama dengan helm, bola lampu sepeda habis membantu bikin menjaga keselamatan kita. Pengusahaan lampu pada kendaraan yang berputih lintas termasuk kereta angin, boleh mengurangi risiko kegeruhan. Statistik menyatakan pada sepeda, penggunaan bola lampu strobe maupun flashing lega siang perian menciptakan menjadikan pit lebih terlihat sebanyak 2.4x dari sepeda yang tidak berlampu, dan meningkat 1.4x dari sepeda dengan lampu pit legal (steady mode / berkobar terus).

Istilah plong bola lampu sepeda

Sebelum meributkan fungsi dan jenis lampu, kita tatap pahami adv amat istilah-istilah nan sering kita temui plong lampu roda.

Unit pengukuran cahaya
Unit pengukuran cahaya (source: luco.co.uk)

  • Watt


    Menyatakan seberapa banyak listrik yang dikonsumsi atau dipakai makanya lampu. Watt lain berhubungan dengan seri lampu, cuma mengetahui besarnya watt perlu cak bagi konsumsi lampu senter, dynamo, dan hubungannya dengan perangkat listrik lainnya.


  • Lumen


    Lumen yaitu satuan untuk jumlah cahaya, yang dihasilkan oleh lampu. Semakin besar lumen, maka lampu semakin terang, dan sebaliknya.


  • Candela


    Lumen menghitung jumlah cahaya, cahaya ke semua arah. Lakukan lampu busur kendaraan, kita lain mau lampunya bersinar ke segala arah seperti lilin, tetapi lampu yang fokus ke depan misalnya, bisanya memperalat contoh atau proyektor pada lampu agar sorot fokus ke satu arah. Candela menghitung besarnya cahaya lega sudut dan arah tertentu.


  • Lux


    Lux yaitu lumes per m2
    permukaan, atau candela per jarak2, dipakai cak bagi menghitung intensitas cerah yang sampai pada permukaan, biasanya pada jarak 1 hingga 10 meter. Semakin memencar jihat cahaya berpangkal lampu, semakin minus cerah yang diterima bidang (lux), atau semakin menyempit maupun fokus cahaya berbunga bola lampu, semakin terang permukaan itu. Baca artikel ini untuk penjelasan nan lebih teknikal : https://www.compuphase.com/electronics/candela_lumen.htm

Ilustrasi dan istilah pada cahaya lampu sepeda
Ilustrasi dan istilah pada cahaya lampu sepeda (source: https://www.bikeexchange.com.au)

  • Beam Angle


    Tesmak yang menyatakan seberapa bogok sinar dipancarkan oleh lampu. Beam angle demap disebut pun bundle. Terkait dengan laporan lux di atas, semakin kecil beam angle, maka kilat nan sebatas ke permukaan akan semakin terang.


  • Beam type / setting


    Beam type yakni variasi pencahayaan berusul lampu. Setiap pemanufaktur dapat mempunyai istilah-istilah sendiri, yang umum  kita temui adalah beam type super, high, full, low, flash, pulse. Maksudnya yaitu settingan di lampu roda yang boleh diatur buat terang sekali (super), berkelip-kelip (pulse), duga seram (low), dan lainnya. Dimana setiap pilihan lampu tersebut memiliki kepentingan nan berbeda.


  • Burn Tim


    Ini maksudnya adalah berapa lama bola lampu tarik urat menyala setakat baterainya habis. Biasanya burn time yang kita tatap pada spesifikasi lampu adalah lakukan setting ataupun beam type legal. Tentunya jika kita pakai lega situasi super, ataupun low, akan menerimakan waktu yang berbeda juga.


  • Strobe light Flash light atau Lampu sepeda strobe


    Lampu sepeda banyak yang menyisihkan fitur strobe alias stobo, yaitu bola lampu nan nyala tenang atau menggeridip. Lampu strobe tujuan utamanya bukan kerjakan melihat, saja kendati kelihatan, strobe light berguna buat mencari perhatian atau agar orang sadar dengan kedatangan sepeda kita.
    Lampu busur strobo mudah-mudahan digunakan pada siang perian, atau kalau lega malam hari sebaiknya gunakan dengan tingkat sorot nan rendah. Pada level cahaya nan sama, lampu strobo bertambah menyilaukan dari lampu resmi yang tidak berkelip. Pemanfaatan bohlam strobe yang sinar sreg malam hari, membuat orang lain susah mengukur atau memperkirakan jarak dengan sumber lampu strobo. Jangan gunakan lampu strobe dengan tingkat panah makin dari 200 lumens pada malam periode, sehingga tidak menggangu pengendara lain. Bayangkan pada malam hari, jika mobil bermula depan kita mengkedip-kedipkan lampunya, menjengkelkan dan membahayakan bukan?

Fungsi lampu

Lampu besikal bak peranti keselamatan mancawas memiliki kekuatan nan berbeda dan tiap spesies yang ada. Memperalat lampu busur sepeda nan salah mewujudkan pencahayaan minus/lebih, tidak berguna atau enggak efektif, yang dapat mengakibatkan ketakberuntungan. Lampu busur sepeda sebagai pemancar, berharga untuk pesepeda sendiri dan sekali lagi bikin orang lain. Pelecok satu faktor berguna kerjakan menghindari kecelakaan besikal adalah, membuat kita dan sepeda tertentang oleh orang lain, dan juga kita bisa melihat area sekitar kita.

  1. Hendaknya tertumbuk pandangan (Lights to be seen)
    Reflektor pada kereta angin, helm, atau vest adalah alat asisten agar pesepeda bisa terlihat oleh basyar lain, tetapi tidak cukup. Lampu sepeda yang membuat kita terpandang harus punya beam angle nan besar, sehingga membuat cuaca makin meyebar dan meyinari ke sisi kiri atau kanan sepeda kembali. Tingkat terangnya juga tidak terlalu tinggi, sehingga membuat lampu sepeda jenis ini lebih boncel, ramping, dan lebih murah ketimbang lampu untuk melihat. Hindari setting atau posisi lampu yang bisa menyilaukan pengendara lainnya. Lampu macam ini tidak untuk menerangi jalan, terutama puas kecepatan janjang atau sreg kondisi nan lewat haram.
  1. Agar meluluk (Light to see)
    Lampu busur kerjakan mengaram, harus mempunyai lumes maupun kebulatan hati cahaya nan osean, baterai daya produksi osean, yang membuat bentuk lampunya juga lebih besar dan berat. Lampu ini tak harus mempunyai beam angle nan rendah nan menyorot ke jalan, kadang pada kegiatan off-road malam perian, kita memerlukan cahaya yang menyorot strata, seperti cahaya bohlam jauh pada kendaraan bermotor. Adanya pilihan pengaturan terang pada bohlam akan memudahkan pesepeda untuk mengatak sesuai kebutuhan.
Lampu sepeda untuk melihat dan agar terilhat
Lampu sepeda bakal melihat dan agar terilhat (source: https://dinglights.com)

Jenis bohlam roda

Bohlam memiliki banyak sekali jenis, seperti: Halogen, Krypton, Vacum, HID, LED, CFL, Merkuri, LPS, dan lainnya. Kita bukan akan membahas satu per suatu, tetapi lampu secara umum yang rata-rata kita temui pada lampu kereta angin saja.


  1. Bola lampu Halogen / lampu pijar


    Lampu ini akan menghasilkan binar semenjak filamen yang dialiri listrik, menjadi semok dan menghasilkan cahaya. Diversifikasi lampu nan umumnya kita temui pada lampu sepeda generasi tadinya, dengan teknologi sekarang sudah lalu menjadi kurang ekonomis, dan kurang terang. Dengan aki yang bagus sekalipun, biasanya enggak akan bertahan lebih bermula 6 jam.


  1. HID (High Intensity Discharge) atau Xenon


    Bola lampu HID menggunakan gas Xenon yang dialiri listrik lakukan menghasilkan cahaya. Kilap yang dihasilkannya kian kilat berbunga lampu Halogen, dan cahayanya berwarna putih. Harga lampu ini pun lebih mahal dari lampu busur halogen, hanya mempunyai sosi tahan lebih lama. Dan untuk menghasilkan cahaya yang sama dengan Halogen, HID membutuhkan listrik yang makin abnormal. Lampu HID ini sering dipakai pada lampu otomobil atau sarana yang mahal.


  1. LED (Light Emitting Dioda)


    Lampu busur LED adalah jenis bola lampu yang adv amat digemari sekarang ini. Lebih efisien internal mengkonsumsi setrum dibandingkan HID. LED menghasilkan terang dari semikonduktor, yang membuatnya lebih tahan terhadap lindu, dan bentuknya nan lebih kecil. Keuntungan lainnya adalah muslihat tahan nya yang bisa sampai 15.000 jam sebelum mulai melesap. LED sekarang dipakai dimana-mana, mulai buat lampu rumah, oto, lampu kronologi, karena kian ekonomis.

Perbandingan cahaya Halogen HID LED
Nisbah cahaya Halogen, HID, LED (source: https://scanneranswers.com)

Baterai bola lampu sepeda

Eksploitasi lampu senter matra AA, AAA, 18650 pada pit sudah mulai memendek, sudah tergantikan maka dari itu lampu senter rechargeable (boleh di charge ulang). Kecuali pada lampu-lampu kecil yang menggunakan lampu senter kancing/lampu senter jam nan boleh bertahan sampai ratusan jam. Dengan munculnya teknologi baterai rechargeable, baterai AA dan AAA dianggap mutakadim tidak cermat dan rata-rata bentuk lampunya lebih besar dan berat. Belaka keuntungan baterai AA dan AAA yakni kita boleh membawa cadangan baterai dan menukar baterai yang terlampau bilamana belaka. Tidak demikian dengan rechargeable aki nan kalau habis harus mencari sumber listrik kalau mau di isi kembali, maupun mungkin dapat diakali juga dengan powerbank. Untuk sepeda elektrik banyak yang sudah terintegrasi dengan lampu, jika belum suka-suka, kian baik mempekerjakan lampu sepeda portable, daripada membuat jongkong setrum sendiri.

Lampu senter bohlam sepeda rechargeable sekarang memperalat lithium ion/polymer, lampu senter yang seperti lampu senter sreg smartphone. Bentuknya katai dan kapasitas ki akbar, sehingga menciptakan menjadikan ringan, simple, dan trik resistan untuk menghidupi lampu yang pas pangkat. Kerjakan charge nya juga cukup praktis, cukup dengan port USB, kecuali beberapa produk yang membutuhkan charge istimewa. Aki ini sreg pemakaian protokoler umumnya berkeras hati sebatas 5 jam.

Baterai sepeda yang overweight
Baterai pit yang overweight (source: http://tesladownunder.com/WorldsBrightestBike.htm)

Lampu busur dynamo

Bohlam plong sepeda lawas/onthel/jengki, sebelum pemakaian teknologi lampu senter pada lampu sepeda. Dinamo berfungsi cak bagi menciptakan listrik sendiri, dengan memanfaatkan perputaran roda bagi membangkitkan listrik. Sistem kerjanya tercecer, dinamo dengan roller ditempelkan pada ban roda, setiap ban roda mengalir akan memutar roller, dinamo akan mengkonversi tenaga putar ini menjadi tenaga listrik bikin menghidupkan lampu. Lampu dinamo ini masih disukai karena selalu hidup ketika menyadau, kian lega hati terhadap mileu dan biaya nan murah, dan bertambah ki liat. Kekurangan lampu busur dinamo yakni cahaya nan dihasilkan biasanya tidak terlalu kilap, dan ada sedikit tersiksa dan bunyi akibat rabaan antara roller dynamo dengan lin.
Bola lampu dynamo masih dikembangkan sampai sekarang, dan sudah mulai dipasang pada hub sepeda agar lebih efisien.

Dynamo Sepeda Cantihalter
Dynamo Sepeda Cantihalter (source: wikipedia.org)

Berapa Lumen lampu busur sepeda yang bagus?

Seberapa terang lampu besikal yang cocok, tergantung dari pamrih lampunya, dan kondisi jalan. Lampu busur depan, belakang dan samping punya tingkat nur yang berbeda, karena maksud yang berlainan. Sebagai penyelaras untuk tahapan lumen: cahaya berpunca bulan penuh pada malam hari sekitar 1 lumen, kilauan semenjak layar smartphone sekitar 20 lumen, dan sorot berusul lampu mobil sekitar 1200 lumen.

Cak bagi bohlam aksesoris, pas setakat 100 atau 150 lumens. Padahal bakal lampu penting sreg jalan bisa dipakai antara 500-1000 lumens, tergantung kondisi jalan dan netra pesepeda. Arahkan bola lampu ke bawah, jika bola lampu terlalu terang untuk orang dari arah yang inkompatibel.

Untuk lampu roda yang digunakan pada kronologi offroad, minimum adalah 1000 lumens.

Perbandingan lumens pada cahaya lampu sepeda
Perbandingan lumens lega sinar lampu besikal (source: www.wheelies.co.uk)

Lakukan mengaram perbandingan kirana antara merk lampu sepeda, bisa dilihat di : https://www.bikelightdatabase.com/

Kancah pemasangan bohlam sepeda

  1. Lampu Depan alias Lampu Utama
    Lampu roda yang dipasang plong handlebars atau stang, menyorot ke dapan. Lampu depan bisa dibagi lagi menjadi:
  • On Road Light / Lampu depan lakukan kronologi masyarakat

    Lampu nan fungsinya kerjakan meluluk dan tertentang. Lampu yang dipakai di jalan mahajana, maupun urut-urutan yang berinteraksi dengan pengendara atau orang lain. Bike light harus punya sudut pancaran (beam angle) nan tumpul pisau, agar bisa mematamatai dan terlihat oleh makin banyak makhluk, dan menerangi plong belokan. Lampu juga jangan sampai menyorot ke atas, agar basyar yang berlawanan arah tidak silau. Lampu yang ideal bikin di jalan adalah, bohlam nan boleh terlihat dari jarak 200m.
  • Off Road Light / Lampu depan bikin kronologi off road

    Lampu yang tujuan utamanya yaitu bikin melihat. Pada urut-urutan off-road, lain ada lampu perkembangan atau penerangan tak, dan hampir enggak ada interaksi dengan pengendara lain. Hal ini membuat lampu harus mempunyai lumens yang tahapan dan menyorot ke atas juga. Jalan off-road tidak boleh diprediksi sebagaimana jalan umum, prospek adanya gorong-gorong, ranting pokok kayu, pohon tumbang, batu, dan jurang membuat kita harus dapat mengawasi lebih jauh ke semua arah di depan tanpa harus terlalu histeris kilap lampu akan menyilaukan orang lain.

Bola lampu depan yang maju, biasanya mutakadim memiliki otoritas pada lampunya untuk pemilihan lampu busur on-road ataupun off-road, sama dengan layaknya lampu mobil. Sehinga arah dan kekuatan sinar bisa kita atur, tanpa harus mengganti bola lampu.

Lampu sepeda offroad
Bohlam sepeda offroad (source: https://www.lupine.de)
  1. Lampu Helm
    Lampu yang dipasang pada helm sepeda, cerah dari bohlam helm sepeda yang baik adalah seperti lampu kilauan, bukan perlu melebar. Kita bisa memotori kepala untuk menata arah penerangan dari helm, jadi membantu untuk fokus cahaya sreg satu kawasan semata-mata. Bohlam yang dipasang puas helm sangat kondusif karena flesibiltas arahnya. Keterbatasan lampu depan yang bukan bisa berlebih terang sreg jalan awam, atau bohlam off-road yang kurang lebar daerah penyinarannya, bisa ditutupi dengan mempekerjakan head light pada helm.
Lampu helm sepeda
Lampu busur helm roda (source: www.wheelies.co.uk)
  1. Lampu busur bokong alias samping
    Bola lampu tambahan agar kita bisa tampak oleh orang lain. Bohlam ini tidak mesti terlalu sinar, karena jika terlalu terang malah akan mengganggu pandangan orang lain. Bohlam ini bisa dipasang pada seat post, atas fender, ujung tangan-deriji kereta angin atau lega frame bagi penyinaran ke samping. Kalau cak hendak melihat contoh-contoh aksesoris menarik buat mapu besikal bisa dilihat di freewheeljasper.com

"<yoastmark

Mounting atau Bracket lampu sepeda

Memilih mounting atau bracket atau dudukan lampu busur yang sesuai dengan sepeda kembali utama, lebih-lebih bentuk sepeda modern yang berbagai macam, frame atau post tidak hanya bulat, saja bisa oval, pipih, alias persegi. Kamil pada besikal balap nan aero, tulang beragangan frame yang dirancang aerodinamis, akan memerlukan mounting lampu yang distingtif.

Pastikan wilayah pada handlebars alias stang , seat post di radiks tempat duduk, pas lakukan dipasang lampu. Khusus kerjakan seat post, jangan sampai karena pencantuman lampu, panggung duduk harus dinaikkan mulai sejak yang posisi nan telah sekata dengan kita.

Pada area yang rawan pencurian, terlazim dipertimbangkan penyortiran mounting yang gampang untuk melepas dan meledakkan lampu. Suka-suka bilang mounting nan dirancang khusus, sehingga kita dapat melepas dan memasang bohlam dengan cepat. Sehingga lampu bisa kita simpan maupun bawa detik hendak akan meninggalkan besikal sreg area yang rawan pencurian.

Mounting K Edge Combo
Mounting lampu sepeda K Edge Combo

Jika Dinamo Sepeda Berputar Makin Cepat Maka Lampu Sepeda Menyala

Source: https://www.sepeda.me/gadget/memahami-fungsi-dan-jenis-lampu-sepeda.html

Baca juga :  Angka Romawi Dari 1 Sampai 100