Jelaskan Pengertian Ideologi Terbuka Dan Ideologi Tertutup

Jelaskan Pengertian Ideologi Terbuka Dan Ideologi Tertutup

Lihat Foto

Ilustrasi Demokrasi Pancasila

KOMPAS.com
– Integrasi nasional ialah proses yang harus diwujudkan demi terciptanya identitas nasional, ahadiat, dan persatuan bangsa.

Menciptakan integrasi kewarganegaraan memang tidak mudah. Terserah berbagai ancaman di berbagai parasan yang siap menghampiri.

Cuma, gaham tersebut masih bisa diatasi, sesuai dengan bidang per. Berikut penjelasan upaya memintasi ancaman integrasi kebangsaan di berbagai satah:

Bidang ideologi dan politik

Upaya memecahkan ancaman di bidang ideologi dan politik dapat dilakukan dengan cara pemantapan ideologi Pancasila. Pancasila merupakan falsafah kehidupan negara Indonesia, sehingga pengukuhan Pancasila wajib dilakukan.

Pemantapan ideologi Pancasila dapat dilakukan dengan mengamalkan ponten-biji Pancasila internal spirit sehari-hari. Sebisa mungkin, skor-nilai yang terkadung dalam Pancasila diamalkan makanya seluruh warga negara Indonesia.

Baca juga: Berbagai Bentuk Bentakan terhadap Integrasi Kebangsaan

Selain pemantapan Pancasila, konsep Bhinneka Tunggal Ika lagi perlu dikuatkan. Agar persatuan dan kesatuan warga negara Indonesia patuh terasuh.

Dilansir dari buku Pendidikan Kewarganegaraan (2020) karya Damri dan Fauzi Eka Putra, beberapa cara lain untuk mengatasi ancaman di meres ideologi dan politik, yaitu:

  1. Mengembangkan demokrasi kebijakan.
  2. Memperapat pendamping rakyat dengan cara mengegakkan tadbir yang bersih dan berwibawa.
  3. Menegakkan supremasi hukum.
  4. Mengadakan reformasi rang-bentuk politik agar menjalankan kekuatan dan perannya secara benar.
  5. Mempersempit posisi Indonesia di tempat politik internasional.

Permukaan ekonomi

Ancaman terdepan di latar ekonomi adalah globalisasi ekonomi. Kesejagatan ekonomi dapat diatasi dengan cara menerapkan sistem ekonomi demokrasi.

Dilansir berpunca laman resmi Kementerian Maritim dan Perikanan, sistem ekonomi kerakyatan adalah suatu struktur dan proses ekonomi yang demokratis dan berkeadilan yang mendorong keikutsertaan rakyat banyak seumpama pemilik modal dan pengendali jalannya sepeda perekonomian.

Baca juga: Integrasi Timor Timur ke Indonesia masa Orde Bau kencur

Agar sistem ekonomi kerakyatan dapat terpuaskan, suka-suka keadaan-hal yang harus dilakukan, antara lain:

Analisislah satu contoh ATHG dibidang ekonomi, sosial budaya, idiologi, garis haluan, ketahanan dan keamaan. setiap mahasiswa boleh menganalisi suatu contoh namun. Catat tanda dan NIM

Maaf menjawab, pertahanan negara tidak absolusi dari spektrum ancaman baik militer maupun nonmiliter yang dihadapi dan upaya nan dilakukan untuk mengatasinya. Sejala dengan hal tersebut ketahanan nasional dimaknai bak daya tahan bangsa dan negara privat menghadapi tantangan multidimensional kerumahtanggaan agenda guna nasionalnya. Ketegaran nasional Indonesia mengalami tantangan baik internal maupun eksternal, tantangan detik ini adalah pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Secara global Covid-19 merenggut ratusan ribu korban jiwa, di tingkat nasional sendiri Covid-19 intim mengaras biji sekitar puluhan ribu kehidupan, dengan rekapitulasi kerugian ekonomi mencapai 316 triliun ringgit. Sementara di sisi bukan, Covid-19 tidak tetapi mengutarakan ancaman kesehatan masyarakat dan ekonomi, doang sekali lagi keluasan pikiran pangan.

Nama : Diyana Yasmin Putriani NIM : V1521015

Lengkap ATHG yang saya ambil merupakan tindakan separatis yang termasuk dalam Ancaman,tantangan,Kendala,dan Gangguangn di bidang ketahanan dan keamanan Negara. Separatis adalah tindakan-tindakan secara terencana nan berkaitan dengan keinginan bakal memisahkan diri dari suatu kelompok atau persatuan bangsa. Propaganda separatis yang susunan terjadi di indonesia seperti pemberontakan PKI,DITII,APRA, dan nan hingga saat ini masih mengancam dan terus di awasi oleh negara ialah OPM. Hingga saat ini apabola enggak ada langkah yang menanggulangi atau menghindari timbulnya gerakan separatis maka ketabahan dan keamanan rakyat dan negara akan lampau terancam. makanya karena itu berikut bilang langkah untuk menanggulangi kampanye separatis yaitu :

1. Pemulihan kondisi keamanan dan ketertiban serta menangani secara tegas para pegiat separatisme bersenjata yang melanggar hak-eigendom umum sipil. 2. Meningkatkan kualitas pelaksanaan kedaulatan kewedanan dan desentralisasi serta demokratisasi. 3. Meningkatkan deteksi dini dan penangkalan tadinya potensi konflik dan separatisme. 4. Meningkatkan kedamaian masyarakat di daerah rawan konflik atau separatisme, melangkaui pembaruan akal masuk masyarakat lokal terhadap mata air buku ekonomi dan pemerataan pembangunan antardaerah. 5. Melaksanakan pendidikan kebijakan secara formal, informal, dialogis, serta melalui wahana massa dalam rangka menciptakanrasa tukar percaya. 6. Menerapkan konsep penyelesaian konflik secara akur, menyeluruh, dan sopan. 7. Di tingkat jagat, langkah yang dilakukan pemerintah adalah mempresentasikan perkembangan positif di daerah-daerah hitam tersebut.

sekian terimakasih

Nama : Ifadatul Faizah Nim : V1521043 Penyebab gaham terhadap integrasi sosial budaya berpokok luar adalah dominasi negatif kesejagatan. salah satunya yaitu munculnya rasam hedonisme. Hedonisme yakni paham yang menganggap kenikmatan pribadi sebagai suatu biji semangat tertinggi. Hedonisme mengakibatkan manusia gemar memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya meski harus menyampuk norma-norma yang berlaku di masyarakat. Perilaku hedonisme nan paling dikhawatirkan yang memencar di umum yaitu pergaulan bebas, mabuk-mabukan, foya-foya dan lain-tidak. Berikut ialah pendirian adar terhindar berpokok sifat hedonisme : 1. Burung laut berlega hati 2. Berhati-hati dalam memilih pergaulan

3. Spirit tersisa

Etiket : Radhiga Andrastea NIM : V1521064

Setiap negara tentu memiliki keburukan idiosinkratis sebagai halnya konflik vertikal dan konflik horizontal nan terjadi internal suatu negara. Kedua konflik tersebut menjadi faktor penyebab separatisme yang paling utama. Konflik vertikal ialah konflik yang terjadi antara rakyat dengan pemerintah. Padahal konflik horizontal merupakan konflik antara rakyat dengan rakyat, kelompok dengan kelompok, yang separas. Perlu adanya sikap semangat kebangsaan dan saling memahami antar sesama hendaknya ketahanan dan keamanan negara teguh terbentuk. Masyarakat diminta menjaga seutuhnya lahan air agar enggak terpecah belah yang akan merugikan diri sendiri maupun makhluk lain.

Keunggulan: Dicky Restu Mahendra NIM: V1521013 Kelas: D3 Perpajakan A

Pelanggaran provinsi adalah penyalahgunaan atau memperkuda di suatu spektrum wilayah di mana suatu negara tidak memiliki hoki atau berada di luar garis batas negaranya sampai menunjang batas wilayah negara enggak. Ini adalah salah satu bermula sekian banyak ATHG di satah ketabahan dan keamanan karena Indonesia memiliki Indonesia n kepunyaan distrik nan dahulu luas dan terbuka sehingga keluih potensi pengingkaran wilayah. Bagaikan ideal pelanggaran kawasan oleh kapal-kapal asing di Natuna nan cukup sering terjadi pelanggaran wilayah oleh negara lain. Konflik nan sudah terjadi tautologis kelihatannya mulai tahun 2016, 2017, dan 2019. Ini moga menjadi perasaan pemerintah dan militer kita untuk segera mencari langkah dan solusi terbaik yang pastinya dengan tetap mempertahankan kewedanan tersebut.

Cap : Thalita salsabila mahardini Nim : V1521084 Analisis :

N domestik Pemerataan Layanan Telekomunikasi, Mitratel Ingat BTS di Wilayah 3T menurut saya akan menjadi ancaman dalam keberlangsungan stabilitas ekonomi karena dana yang di perlukan untuk mendorong pemerataan itu boleh jadi sangat besar sementara saat ini Indonesia baru akan memilihkan kondisi ekonominya selepas hari endemi covid – 19, selain itu pendayagunaan internet yang tanpa di sertai dengan edukasi juga dapat menjadi tantangan yang terlazim di fikirkan dalam kasus ini agar tak adanya penyalahgunan internet selain di iringi kesejahteraan umum terkait pemerataan itu sendiri, kendala keterbatasan daerah lagi menjadi faktor berjasa nan harus di pertimbangkan nan berpunca bermula suatu hal atau aksi berasal dari diri seorang yang bertujuan melemahkan atau menghalangi secara lain konsepsional dan ganguan bermula pihak pihak di asing kasus ini juga terbiasa di minimalisir agar boleh berjalan secara sinergi bagi memajukan telekomunkasi serta pemerataan di area terpencil nan dapat di iringi dengan edukasi pengunaan telekomunikasi itu

Nama: Faifatul Risti Kusumadinata NIM: V1521001 Izin menjawab, masalah serta tantangan bangsa Indonesia tidaklah sedikit. banyak dan kompleks. tak kelihatannya radu minus kerja sama serta tanpa hadirnya wahdah dan persatuan antara segenap bangsa dan minus hadirnya keesaan hati anak bangsa. Keseleo satu tantangan yang dihadapi bangsa indi adalah tantangan kemiskinan.

Menurut data dan persentase penduduk miskin di Indonesia tiap-tiap Maret 2017 mencapai 27,77 juta. Angka ini kian tinggi dibandingkan dengan kondisi September 2016 yang sebesar 27,7 juta orang. Kemiskinan terjadi bukan hanya karena kekeringan sumur daya alam, tetapi juga karena faktor sumber anak kunci manusia nan silam cacat dalam pengetahuan dan ketrampilan mengelola sumur daya alam. Situasi ini, lagi menyangkut matra pendidikan internal konteks yang kian luas. Karena itu, persoalan ini adalah persoalan kegandrungan. Dapat dikatakan, kondisi ini sudah menahundan terbiarkan sejauh berpuluh-desimal tahun lamanya. Indonesia dengan harta benda alamnya yang luar lumrah sahaja masih saja tatap muka dengan kemiskinan. Karena itu, perlu mawas diri diri secara jujur tentang keindonesiaan dan berbenah agar keluar terbit bui kemelaratan.

Tanda: Dewa Ayu Putri Wirasanti NIM: V1521012 D3 Perpajakan

Mempublikasikan dari situs Bibliotek Buram Ketenangan Kebangsaan (Lemhannas) RI, kesabaran kewarganegaraan adalah kondisi dinamis Bangsa Indonesia yang berisikan keuletan dan ketangguhan internal menghadapi serta mengamankan segala bentuk intimidasi, gangguan ataupun obstruksi dari dalam maupun luar negeri. Bentuk ancaman tersebut bisa bersifat berbarengan ataupun tidak dan sangat membahayakan integritas, identitas, sampai-sampai kelanjutan semangat berbangsa serta bernegara. Salah suatu contohnya yaitu pelanggaran-pelanggaran hukum di perairan Indonesia. Terjadinya pengingkaran-pelanggaran hukum di wilayah perairan Indonesia n domestik bentuk-tulang beragangan seperti pencurian, lauk, penyelundupan dan perompakan, tetapi pelanggaran hukum yang sering terjadi adalah pencopetan ikan. Hal ini tentunya mengancam ketahanan kewarganegaraan dibidang sumber daya kalimantang. Penegakan hukum di kewedanan perairan Indonesia telah dilaksanakan sesuai dengan kemampuan sarana dan prasarana yang tersedia dan tentunya belum sepenuhnya mampu mencegah terjadinya pelanggaran-pengingkaran hukum di perairan teritorial. Selain itu indonesia juga berupaya menciptakan menjadikan Raga Keamanan Laut sebagaimana diatur internal Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Musim 2014 adapun Maritim yang diharapkan penegakan hukum di distrik perairan Indonesia dapat dilaksanakan secara efektif.

Cap : Mas Ayu Anatasya NIM : V1521052 Kelas : D3 Perpajakan A Izin menjawab, riuk satu contoh ATHG dalam bidang ideologi adalah liberalisme. Karena ideologi tersebut dinilai bertentangan dengan ideologi Indonesia adalah ideologi Pancasila yang dijadikan limbung dasar cak bagi seluruh warga negara Indonesia. Seandainya nasib masyarakat Indonesia cenderung mengarah pada semangat liberal yang menonjolkan pada aspek kebebasan individual. Maka akan menjadi intimidasi bagi khuluk bangsa Indonesia yang senyatanya. Di Indonesia, reaktif liberalisme ini ternyata mampu meyakinkan masyarakatnya dapat mengangkut manusia ke sisi kemajuan dan kemakmuran. Sekadar dampak yang dibawa bisa memengaruhi pikiran masyarakat Indonesia untuk tertarik pada ideologi tersebut. Puas umumnya, pengaruh yang diambil apalagi nan bernilai destruktif. Misalnya gaya arwah yang diliputi kemewahan, pergaulan adil, dan tak-lain.

Penanggulangan terhadap kasus tersebut kita harus sakti-pintar memilih budaya mana yang sesuai dan mana yang lain sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Selain itu kita harus menjadikan Pancasila sebagai dasar negara dan menerapkan angka-nilai nan terkandung didalamnya dalam berbangsa dan bernegara.

Nama: Ester Queenia Flora Cewek Diandra NIM: V1521021 Kelas bawah: D3 Perpajakan A

izin menjawab, di suatu negara pasti cak semau banyak ancaman yag boleh mengganggu jalannya rezim di negara tersebut. Salah satu ancaman yang sering unjuk adalah ancaman berusul bidang ekonomi. Sektor ekonomi memiliki pengaruh yang samudra dalam usia sehari-tahun. Salah satu contoh gertakan di meres ekonomi yaitu Impor barang secara berlebihan yang membuat sediaan barang menjadi lebih. Impor produk nan berlebihan dikarenakan gaya arwah rakyat yang konsumtif dan masih bergantung pada negara beradab. Maka bermula itu, ada bilang kaidah kerjakan mengatasi ancaman tersebut dengan meningkatkan produksi dalam negeri, membuat aturan impor secara bertambah eklektik, meningkatkan aktivitas ekspor hingga menjaga hubungan baik antar suatu negara dan negara lainnya.

Baca juga :  Contoh Anak Kalimat Dan Induk Kalimat

Nama : Hanniya Niken Agustin NIM : V1521041 Kelas : D3 Perpajakan A Analisis ATHG di Meres Ekonomi Analisis : Ekonomi suatu negara tidak dapat redup sendiri, dan ini merupakan bukti nyata dari pengaruh kesejagatan yaitu kebijakan ekonomi negara yang bukan terpejam berbunga supremsi negara enggak. Kesejagatan perekonomian membeberkan peluang pasar produk dalam negeri ke pasar internasional. Namun, juga membuka peluang masuknya produk global ke dalam pasar lokal. Akibatnya, terwalak pengaruh destruktif kesejagatan yang mengancam kedaulatan ekonomi.

Keseleo satu contohnya adalah kasus UMKM Lokal kalah saing dengan Pengimpor yang jualan online. Melihat dari kasus ini, pelaku UMKM sebaiknya bisa di tuntun untuk makin tanggang digital agar bukan kalah gigi asu dengan asing kawasan. Sekiranya keadaan ini terus dibiarkan dan terjadi maka produk lokal akan kalah taring dengan barang asing, Indonesia akan dibanjiri dagangan luar kawasan sehingga akan menjadi intimidasi bakal independensi ekonomi Indonesia.

Cap : Devira Karunia Putri NIM : V1521011

Persoalan persoalan kebangsaan yang terjadi 10 tahun bungsu secara kewarganegaraan pada dasarnya mengarah pada catur isu terdahulu yaitu strategi identitas, politisasi agama, intoleransi, dan konflik ideologis yang berpengaruh lega pelemahan kredit nilai Pancasila. Konflik ideologis ini dapat ditelusuri dari munculnya gerakan radikalisme, fundamentalisme, dan operasi terorisme nan menentang pada ancaman akan keutuhan bangsa dan negara dan ketenangan kebangsaan. Kejadian tersebut tersurat ke dalam kategori ancaman internal di bidang sosial, kebijakan, dan budaya.

Nama : Galih Cahyo Wojo Santoso NIM : V1521031

Situs jejaring sosial merupakan salah satu nan sering diakses sosok melalui internet. Facebook merupakan situs jejaring sosial yang habis populer ketika ini. Indonesia berpunya pada peringkat kedua sebagai pengguna Facebook terbanyak di mayapada dan peringkat mula-mula di Asia. Momen ini n kepunyaan akun Facebook telah dianggap sebagai satu kebutuhan karena musykil untuk dilepaskan dari interaksi kehidupan sehari-tahun, terutama dikalangan pelajar. Setiap pelajar merasa harus memiliki akun Facebook agar dianggap sering update dan gaul oleh teman-temannya. Jejaring sosial bisa mempengaruhi ketenangan sosial budaya masyarakat Indonesia terutama bagi pelajar. Siswa ialah rahasia terdepan bakal kemajuan suatu bangsa. Untuk mengetahui pengaruh Facebook terhadap ketabahan sosial budaya maka dilakukan penekanan di SMP N 51 Jakarta. Melalui pengkhususan ini diperoleh faktor pendorong pemanfaatkan jejaring sosial, pengaruh jejaring sosial terhadap ketahanan sosial budaya serta respon dan sikap terhadap jejaring sosial. Metode penelitian nan digunakan yakni analisa deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuisioner dan wawanrembuk. Kuesioner diberikan dengan sampel 10% dari populasi yaitu, murid kelas VII sebanyak 25 basyar dari 248 peserta, kelas VIII sebanyak 20 basyar berbunga 236 siswa dan kelas IX sebanyak 35 orang berasal 311 pelajar. Tanya jawab dilakukan kepada Wakil Ketua SMP N 51 dan 5 (lima) orang hawa Dari hasil penelitian didapatkan alasan pelajar membuat akun Facebook nan penting adalah sebagai sarana komunikasi. Kemampuan pesuluh dalam memanfaatkan Facebook sebagai sarana komunikasi, sosialisasi dan belajar dapat dijadikan perumpamaan sarana pemersatu. Akomodasi dalam berkomunikasi dan sosialisasi melalui Facebook bisa berlatih pelajar buat beramah-tamah oleh berbagai dok mungkin pula dan dimana pun. Dengan meredakan aturan tunggal dalam diri petatar dan lebih mengutamakan kepedulian dan persatuan dapat meningkatkan toleransi sosial budaya cak bagi Indonesia. Enggak ada lagi batasan privat ras, tungkai, agama dalam berkomunikasi dan bersosialisasi.

Nama:Gloria Novelina Pasaribu NIM:V1521035 Papan bawah:Perpajakan A Izin menjawab,ATGH dibidang idiologi adalah gertakan yang dinilai memiliki kemampuan yang membahayakan pemikiran masyarakat suatu negara sehingga akan mengancam terhadap dasar falsafah Negara yaitu Pancasila. Salah satu teoretis ATGH di bidang ideologi adalah munculnya Gerakan Aceh Merdeka (GAM).GAM merupakan suatu organisasi separatis nan koneksi suka-suka di Indonesia yang n kepunyaan tujuan untuk mengantarai Aceh dari Negara Wahdah Republik Indonesia (NKRI). Konflik tersebut dipicu oleh adanya perbedaan keinginan antara pemerintah Republik Indonesia dan Manuver Aceh Merdeka, sehingga para aktivis GAM ingin memisahkan diri dari NKRI. Adapun beberapa akibat yang ditimbulkan dari adanya ATGH kerumahtanggaan permukaan ideologi, perumpamaan berikut: 1. Lemahnya kognisi umum tentang ideologi bangsa, merupakan Pancasila.Keadaan tersebut mengakibatkan perilaku umum tidak sesuai dengan ponten-nilai Pancasila. 2. Memunculkan berbagai gerakan separatis karena adanya perbedaan ideologi. 3. Rusaknya etika dan moral bangsa karena sikap serta perilaku yang tidak sesuai dengan poin-angka yang tertanam n domestik Pancasila. Upaya Lakukan Mengendalikan ATGH intern rataan idealogi: 1. Memahami kian dalam tentang kelebihan terdahulu Pancasila sebagai ideologi negara. 2. Menerapkan nilai-nilai Pancasila kerumahtanggaan berbagai aspek umur. 3. Meningkatkan ketahanan masyarakat dalam menghadapi persuasi yang dapat bersangkak belah persatuan dan wahdah. 4. Menumpas berbagai operasi separatis dengan tegas.

5. Pemasyarakatan wawasan kewarganegaraan dan implementasi kredit-angka Pancasila internal bagan melestarikan dan menanamkan disiplin terhadap ideologi bangsa.

Logo : Meyta Yulistya Kusuma Wardani NIM : V1521053 Kelas bawah : A D3 Perpajakan Izin menjawab, salah suatu lengkap ATHG dibidang sosial budaya yang terjadi di Indonesia adalah seperti kasus yang pergaulan mercu pada tahun 2007 tentang pernyataan dari negara Malaysia yang mengklaim Reog sebagai warisan steril budaya mereka. Kasus tersebut tak lain dikarenakan pihak Malaysia yang ingin memanfaatkan reog untuk maslahat ekonomi dan pelancongan. Hal tersebut pijar karena media dan memajukan kemarahan rakyat Indonesia, pasalnya Malaysia tidak menyepakati Ponorogo sebagai tempat asal reog, bunyi bahasa fisik reog diubah dan dirusak berasal bentuk aslinya yang ialah ciri spesifik Reog Ponorogo. Untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali di tahun saat ini diperlukan peran terbit semua pihak untuk melestarikan budaya daerahnya masing-masing.

Maka dari itu, untuk mendukung ketabahan kewarganegaraan dibidang sosial budaya kita harus bisa menjaga budaya yang kita miliki dengan cara membuat hak cipta dan mendaftarkannya plong dunia sehingga tidak ada negara nan bisa mengklaim budaya tersebut. Didukung pun dengan peran kita (terutama generasi muda) untuk terus mempelajari, melestarikan, mengedukasi, dan memperkenalkan budaya negeri yang dimiliki, dapat melalui sosial sarana yang banyak diakses generasi milineal sehingga budaya kita akan tetap diketahui dan dikenal maka itu generasi yang berangkat terpengaruh budaya luar.

Cap : Ghifari Avrian Dharmawan NIM : V1521032 Topic : ATHG di latar Sosial Budaya ‌Negara yang memiliki banyak kaki, budaya dan aturan istiadat pastinya akan makin demap terjadi jamahan antar golongan, contohnya merupakan Indonesia hal itu bisa terjadi karena masyarakat nya masih mempunyai sifat rasial, iya saya paham bahwa sikap etnis itu baik, tapi takdirnya sifat itu sudah lalu menjadi rasam fanatisme kedaerahan dan Etnosentrisme itu akan membahayakan bagi kesempurnaan NKRI, karena sifat Etnosentrisme menganggap budaya dan adat nya lebih baik dari budaya suku lain dan itu akan menimbulkan kerusuhan malah perceraian bangsa. Maka terbit itu kita harus pergi aturan Etnosentrisme dengan pendirian : ‌1. Saling toleransi antar tungkai 2. Menyadari bahwa di Indonesia ada banyak kaki

3. Tak menyinggung suku nan tidak karena kita ialah saudara sebangsa dan setanah air

Talita Prasetyan Rahmani – V1521083
Saya mengambil contoh ATHG di parasan sosial budaya khususnya pendidikan. Dampak berasal taun, anak-momongan sekolah mengamalkan aktivitas pendedahan secara daring, dimana mereka bisa melakukannya dimana sahaja asal punya perkakas dan internet nan memadahi. Menurut pengamatan saya terhadap anak-anak disekitar saya yang melakukan pembelajaran online, banyak sekali permasalahan yang timbul. Pertama jaringan internet yang tidak demap stabil dikarenakan kewedanan-negeri kondominium yang tidak strategis cak bagi mengakses internet dan juga terbatasnya kuota internet karena jika terus menerus menggunakan internet akan menimbulkan keborosan. Kedua, anak menjadi malas membiasakan karena tidak bersesuai master dan antitesis secara langsung. Banyak anak yang semata-mata mendengarkan penjelasan materi secara online rendah perseptif ataupun bukan dapat menangkap sendi materi ajar sehingga cenderung mengandalkan kutub tidak, browsing ketika ujian dilaksanakan secara online dan bahkan anak-momongan SD dengan kurikulum nan tidak mudah, materinya disampaikan secara online mewujudkan orangtua mereka tidak tega terlampau yang mengerjakan tugas mereka ialah orangtuanya. Ketiga, yang begitu fatal adalah bagi siswa SMP dan SMA di distrik terpencil atau jauh semenjak kota, banyak yang putus sekolah bahkan mengamalkan pernikahan dini karena dirasa tidak mendapat efek nan berarti pecah sekolah online. Ketiga kasus ini merupakan ancaman dan kendala bikin negeri ini karena lega generasi millenial lah Indonesia mencangkekan nasib kedepannya. Sejatinya apabila kepingin meningkatkan taraf hidup masyarakat, maka harus memperkokoh fondasi manusianya dengan pendidikan. Kerjakan itu di perian pandemi ini, memang harus ada operasi yang lebih bagi para pendidik dalam mengajar para siswanya sehingga memunculkan minat belajar yang besar sreg siswa sepatutnya kelak menjadi generasi penerus nan berkualitas.

Segel : Gita Kamala Shanti NIM : V1521034 Harap izin menjawab ibu, Salah satu kasus ATHG Ketahanan Nasional, merupakan aksi terorisme yang belum lama ini terjadi. Aksi Preman Kelompok Kriminal Bersenjata (Teroris KKB) yang menyemangati Konstruksi SMAN 1 Oksibil Papua untuk memancing aparat keamanan dan penembakan beberapa prajurit TNI (dari news.detik.com). Kasus tersebut mengancam ketahanan kebangsaan di bidang pertahanan dan keamanan, dikarenakan apabila semakin banyak aparat keamanan yang gugur ditangan besar kalang KKB, maka Indonesia akan semakin banyak kehilangan aparat untuk menjaga pertahanan dan keamanan negara. Apabila benteng dan keamanan negara tidak terbimbing dengan baik, hal itu mengakibatkan semakin banyaknya teroris nan akan mengecap ketahanan Indonesia.

Upaya yang dapat dilakukan sebagai warga negara untuk mewujudkan ketahanan nasional di parasan kubu dan keamanan, ialah dengan meningkatkan kesadaran diri bahwa upaya bela negara merupakan bahara tiap warga negara, seperti yang tertulis internal UUD Tahun 1945 Pasal 30 Ayat (1), “Per penghuni negara berhak dan perlu ikut serta dalam aksi pertahanan dan keamanan negara.” Apabila pergok satu kelompok nan mencurigakan ataupun melakukan satu gerakan yang menunjukkan tanda-segel terorisme, nan dapat kita bakal sebagai warga negara, yaitu melaporkannya kepada aparat keamanan, jangan mencoba lakukan menindak sendiri dikarenakan bisa tetapi kita malah menjadi korban dari kampanye terorisme tersebut.

Nama : Dimas Ardian Wardana Nim : V1521014 Kelas : D3 Perpajakan A ATHG dibidang kebudayaan. Kultur asing yang masuk akibat era globalisasi ke Indonedia timbrung memungkiri perilaku dan kebudayaan Indonesia menjadi perilaku budaya ke barat-baratan (westernisasi) seperti : 1. Meniru cara berpakaian gaya barat 2. Mencat corak bulu nan kepirang-pirangan sama dengan orang barat 3. Mencampur bahasa indonesia dengan inggris misal gaya Bahasa Nan mana situasi tersebut memiliki dampak merusak seperti : • rusaknya adab nasion • Lunturnya jiwa nasionalisme bangsa • Sikap Individualistik • Kesenjangan Sosial • Melunturkan jiwa cinta akan nasion dan budaya sendiri Untuk itu diperlukan beberapa cara cak bagi mempertahankan peradaban Indonesia agar tidak tergerak oleh kebudayaan asing yang bersifat negatif seperti : • Mengintensifkan nyawa nasionalisme yang tangguh, misal arwah mencintai produk dan kebudayaan dalam daerah. • Menanamkan dan melakukan nilai-nilai Pancasila dengan sebaik- baiknya. • Ki memasukkan dan melaksanakan tajali agama dengan sebaik- baiknya. • Selektif terhadap kebudayaan luar nan masuk ke Indonesia.

Baca juga :  Adakah Hubungan Antara Rantai Makanan Dengan Aliran Energi Jelaskan

• Memperintim dan mempertahankan jatidiri bangsa hendaknya tidak luntur.

Fadila Putri Permatasari/V1521024 Hedonisme

Intimidasi, tantangan, hambatan, dan gangguan di bidang sosial budaya brupa sikap hedonisme merupakan menganggap kenikmatan pribadi sebagai suatu nilai hidup termulia. Perilaku hedonisme membentangi hal-hal seperti senang berfoya-foya dan pergaulan bebas yang sreg jaman masa ini ini sering kta jumpai dikalangan momongan akil balig nan gemar mengikuti tren terbaru tanpa menelaah terlebih dahulu kasatmata negatifnya. Perilaku hedonisme ini pasti saja menjadi ancaman, tantangan, kendala, dan gangguan di permukaan sosial budaya, karena perilaku ini tidak mencerminkan jati diri sosial budaya indonesia. Perilaku nan kita anggap keren dan kekinian ini justru menjadi bumerang untuk sosial budaya kita seorang sebagai Bangsa Indonesia. Pasti cuma setiap agama akan mengajarkan situasi-keadaan baik terjadwal melarang adanya sikap hedonisme. Oleh karena itu, pendidikan tentang hedonisme yang mengancam kondisi sosial budaya di Indonesia haruslah diajarkan sedini siapa, Kita perumpamaan generasi penerus bangsa wajib buat waspada dan comar mengelompokkan keadaan-kejadian plonco yang datang dan menjadi tren, kita juga harus bisa mengontrol diri kerjakan tidak berbuat hedonisme

Nama: Saskia Chandra Anindita Putri Nim: V1521075 Saya mengambil salah suatu contoh ATHG dibidang ekonomi yaitu penggelapan. penyelewengan telah menciptakan terjadinya penjatuhan keterjaminan pemerintah, dan bahkan korupsi telah menciptakan pengeroposan mentalitas pembangunan nasion, sehingga bakal memberantasnya dibutuhkan upaya individual melalui pembangunan ketahanan kebangsaan dengan cara bottom up alias top down. Manipulasi mutakadim menjadikan bangsa Indonesia tidak memiliki ketahanan nasional yang tangguh sreg seluruh aspek kehidupan kebangsaan, baik aspek statis yaitu tri gatra (geografi, demografi dan sumber kekayaan alam) atau aspek yang dinamis panca gatra (ideologi, strategi, ekonomi, sosial budaya, dan baluwarti keamanan). Kondisi inilah yang menjadikan bangsa Indonesia tekor diperhitungkan di dalam percaturan dunia antarbangsa. Makanya upaya yang bisa dilakukan dalam mengatasinya yaitu dengan: 1. Membangun supremasi hukum yang lebih kuat 2. Membangun pendidikan etik sejak dini

3. membekali diri dengan pendidikan religi hingga menjaga eksistensi para aktivis perlu dilakukan.

Keunggulan : Fahri Dwi Saputra NIM : V1521025 Kelas bawah : A/D3 Perpajakan

izin menjawab ibu, globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi membawa pengaruh positif dan kontrol subversif, salah satu pengaruhnya adalah berkembangnya ideologi liberalisme di masyarakat. ideologi liberalisme memiliki dampak positif dan negatif contohnya memungkinkan tercapainya kemajuan ekonomi yang pesat karena majunya industri, tingginya kepincangan sosial. dampak destruktif inilah yang menjadi ancaman nan bisa membahayakan dan mengancam sumber akar negara pancasila. banyak sekali perilaku yang menunjukkan ideologi liberisme contohnya nikah bebas, sex adil, hedonisme. untuk menanggulangi pengaruh negatif berpangkal ideologi liberisme ini dapat dengan cangkok nilai-biji pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menyebarkan wawasan kebangsaan dan skor-nilai pancasila dalam susuk menjaga dan memelihara ideologi pancasila, tidak mudah tergerak dengan budaya barat yang tidak sesuai dengan poin-nilai pancasila.

Merek : Hesti Handayani NIM : V1521042 Magfirah menjawab.

Dalam upaya mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, Indonesia dihadapkan lega ancaman, tantangan, rintangan, dan godaan berusul dalam alias asing negara. Pelecok satu contohnya yaitu kecurangan yang merupakan intimidasi di permukaan politik. Prolog penyelewengan mungkin sudah tidak asing juga, karena telah banyak terjadi kasus korupsi di Indonesia. Berita yang terbaru dikutip dari kumparan.com bahwa Pastor Yohanes Jonga minta KPK mengusut tuntas sejumlah kecurangan di Papua. Riuk satu rekapitulasi yang harus diusut adalah penggunaan dana PON XX Papua dan Otsus. Tidak semata-mata kasus kecurangan itu nan cak semau di Papua melaikan masih banyak kembali di wilayah dalam maupun luar Papua. Hal tersebut seharusnya tidak boleh terjadi pula di Indonesia, maka mulai sejak itu ketenangan nasioanal harus ditegakkan. Pelecok satu upaya nan boleh diwujudkan n domestik memberantas korupsi di Indonesia yaitu pemerintah harus berkecukupan merpertahankan kepercayaan publik dengan cara mengembangkan sistem politik kebangsaan yang berpihak pada rakyat, meningkatkan pemerintahan yang tahir, berkarisma, dan melangah.

Nama : Rafi Rasendria Rabbani NIM : V1521065 Papan bawah : D3 Perpajakan A Abolisi menjawab ATGH dibidang ekonomi

Perekonomian merupakan salah satu penentu posis tawar setiap negara dalam pergaulan sejagat. Kondisi ekonomi sangat menentukan privat pertahanan negara berpangkal ancaman ekonomi baik dari dalam dan eksternal. Potensi bentakan berpokok internal dapat berupa inflasi, pengangguran, infrastruktur yang tidak memadai, dan sistem ekonomi nan tidak jelas. Sementara intimidasi berusul eksternal boleh berbentuk kinerja ekonomi yang buruk, daya siung rendah, ketidaksiapan mengahadapi globalisasi dan tingkat ketergantungan terhadap pihak asing. Globalisasi perekonomian merupakan proses kegiatan ekonomi dan ekspor impor di mana negara-negara di seluruh bumi menjadi satu maslahat pasar yang semakin terintegrasi dengan sonder rintangan perenggan teritorial negara. Globalisasi perekonomian dapat mengungkapkan kebolehjadian pasar komoditas dalam kawasan ke pasar internasional yang artinya barang lokal dapat merancah ke luar Indonesia dengan salah suatu cara meningkatkan perekonomian di Indonesia adalah memperbanyak penghasilan produk domestik dan dengan tak ketagihan dengan komoditas luar dikarenakan perekonomian di Indonesia akan dikuasai pihak asing cepat ataupun lambat, ibarat dampak berpokok makin mudahnya turunan asing cangkok modalnya di Indonesia maka dapat mengancam independensi Indonesia. Pendirian mengatasinya dengan mengedukasi warga Indonesia dengan adanya produk lokal tidak kalah caling dengan komoditas luar dan perkembangan produk tempatan menjadi lebih baik ataupun setara dengan dagangan luar dengan pendirian improvisasi bukan dengan plagirasime.

Nama : Rokima Dina NIM : V1521073 Inferior : A/Perpajakan

izin menjawab, Ancama dibidang idiologi ketimbul karena beberapa faktor yaitu, timbulnya peka komunisme atheisme, timbulnya perpecahan antar suku, melemahnya persatuan dan kesatuan, terancamnya kesejahteraan publik dan masih banyak lainnya, sebisanya kita bisa mencegah faktor tersebut dengan prinsip peningkatan rasa patriotisme, pembatasan gerakan sapartis, penyuluhan kepada masyarakat tentang ideologi dan angka-ponten pancasila, pembekalan mental spiritual .

Cap : Syantari Nur Mutiaraningrum NIM : V1521082

Izin menjawab, contoh yang saya renggut tentang ATHG Ketahanan Kewarganegaraan yaitu “Perkawinan Anak”. Masa Pandemi Covid-19 ini, perkawinan anak semakin marak, hal ini disebabkan adanya work from home dimana semua kegiatan dilakukan di rumah secara online dan sekolah pun lagi dilakukan secara online. Hal ini menyebabkan banyak murid-siswi yang merasakan jenuh di rumah dan merasakan bosan dengan membiasakan dan sekolah, sehingga banyak yang memilih untuk menikah di usia dini. Menurut Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak asuh Departemen PPPA, Lenny N Rosalin mengatakan bahwa perkawinan anak merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dan menghambat pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Hal ini bisa mempengaruhi Kesabaran Kebangsaan dimana perkawinan anak asuh dapat menghambat teradat belajar 12 tahun, gizi buruk pada anak yang dilahirkan pecah sendiri momongan yang rahimnya masih rentan, serta munculnya pekerja anak dan upah minus. Dalam penyakit ini pemerintah mengerjakan perubahan pada peraturan undang-undang yang sebelumnya batas minimal 16 periode kemudian dinaikkan menjadi 19 tahun (UU Nomor 16 Tahun 2019) dan harus sesuai dengan UU Perlindungan Anak. Selain itu pun diluncurkan “Aksi Bersama Pencegahan Perkawinan Anak” yang menyertakan Departemen/Lembaga dan Sosial Media. Kasus tersebut boleh mengancam Keluasan pikiran Nasional dalam bidang sosial budaya, ekonomi, dan gatra keadaan dan kemampuan pemukim. Dalam bidang sosial budaya mempengaruhi karena adanya transisi usia budaya dalam menikah dan cara pandang orang-orang internal menilai pernikahan anak yang dapat menghambat tumbuh kembang serta menghambat pembangunan negara. Dalam bidang ekonomi hal ini berpengaruh karena akan muncul sida-sida anak nan boleh menurunkan upah gaji yang diberikan sehingga tingkat ekonominya juga menurun dan tidak seimbang dengan kebutuhannya dimana masih harus mensponsori istri dan anaknya. Perkawinan Anak juga dapat berpengaruh pada gatra hal dan kemampuan penduduk dimana akan menurunkan kualitas dari sumber sosi sosok yang dapat menahan pembangunan negara yang lebih maju pula serta menurunnya angka kesehatan dan meningkatnya angka kematian yang disebabkan rahim dari koteng wanita dibawah umur nan belum siap dan masih rentan.

Nama : Annisa Fajar Siti Fatonah NIM : V1521004

Izin menjawab, saya mengambil contoh di bidang ekonomi salah satunya merupakan pengangguran. Pengangguran di Indonesia sudah lalu mencapai puluhan juta makhluk ,ditambah lagi dengan akhir-akhir ini di Indonesia banyak orang nan di PHK karena krisisnya perekonomian di masa hawar. Awalnya mereka hanya akan di PHK sementara dan akan pula bekerja setelah krisis berlalu. Namun pada akhirnya terus berleleran dan mengakibatkan mereka menjadi pengangguran yang berkepanjangan. Pengangguran merupakan intimidasi di meres ekonomi karena akan berimbas lega menurunnya perekonomian negara, masalah ini akan menciptakan menjadikan Negara sulit privat meningkatkan kesejahteraan publik dan sekali lagi berpotensi terhadap finansial negara yang melendung.

Nama: Sukma Ulfa Khoirul Imro’ah NIM: V1521081 Ancaman Tannas di parasan Sosial Budaya: Kekerasan Seksual

Belakangan ini, kasus kekerasan genital marak terjadi di Indonesia. Tak namun kepada individu dewasa, banyak anak asuh-anak asuh maupun remaja yang dilaporkan telah menjadi korban kejahatan tak sopan ini. Berdasarkan sumber International NGO Forum on Indonesian Development (INFID), 57% korban mengaku kasus kekerasan genital yang dialaminya bubar minus kepastian, 39,9% menyebutkan kasusnya terhenti karena diberikan bilang persen, malar-malar 26,6% korban mengaku balasannya menikah dengan pekerja. Kemalangan yang tak terelakkan terjadi ditambah dengan kesamarataan hukum yang tak karuan, menyebabkan korban tak tetapi mengalami trauma tubuh namun juga berhasil lega kesegaran mentalnya. Beragam masalah psikologi tersebut akan memengaruhi emosional alamat dalam bersifat sehari-perian. Mereka menjadi berat siku atau takut sekolah, prestasi melandai, tidak percaya diri, jarang mengimani bani adam bukan, dsb. Situasi tersebut tentunya juga akan berdampak tidak baik bakal kelangsungan kehidupan bernegara. Sebab generasi mulai dewasa yang seharusnya menjadi kepala di periode depan, berakhir menyedihkan karena bukan mendapatkan kesamarataan.

Keunggulan : Rusiana Anggraini Pratama NIM : V1521074 ijin menjawab ibu, ATHG ialah kegiatan/ tindakan, baik dari dalam negeri maupun asing negeri, yang dinilai dapat membahayakan keselamatan bangsa, keamanan, kedaulatan, keutuhan daerah Negara Wahdah Republik Indonesia. Penyebab bentakan sosial budaya dapat dibedakan atas ancaman dari dalam dan intimidasi mulai sejak luar negeri. Salah satu contoh ancaman pecah luar negri yaitu munculnya sikap individulisme. Sikap individualisme adalah sikap selalu menegaskan diri sendiri serta memandang hamba allah lain itu bukan ada dan tidak bermakna. penyebab nya karena masuknya arus globalisasi dan didukung berkembangnya teknologi yang usil. Sikap individualisme dapat menimbulkan ketidakpedulian terhadap orang lain. Misalnya sikap herdik pengemis, pengamen, tidak menggubris orang yang medium mempersunting bantuannya, kurangnya interaksi dengan orang bukan. Dampak negatif berpangkal masyarakat yang bersikap atau berprilaku egois, sama dengan : •Kehilangan rasa solidaritas terhadap sesama. •Egoisme yang tak terbatas. •Kesulitas dalam bersosialisasi. Ada beberapa kaidah untuk mengatasi Sikap individualisme, antara bukan : √menciptakan menjadikan prioritas bersendikan tata susila. √mengoptimalkan sekali lagi spirit gotong royong √meningkatkan rasa kebersamaan atau kepedulian antar manusia yang satu dengan yang enggak. √Mengintensifkan sifat rela berkorban.

Baca juga :  Gambar Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan

Terimakasii ibu 🙏

Tanda : Nimas Ayu Eka Putri NIM : V1521062 Indonesia mutakadim n kepunyaan ideologi yaitu Pancasila, yang sesuai dengan karakter dan masif diri nasion Indonesia. Di paruh era globalisasi ini berbagai kejadian semakin mudah menyebar sonder hambatan jarak atau tahun. Salah satunya adalah menyebarnya berbagai ideologi yang sayangnya invalid sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Kejadian ini mengancam integrasi kebangsaan dengan menghadirkan ideologi berlawanan dengan Pancasila. Beberapa contoh intimidasi di permukaan sosial budaya bagian ideologi yang pernah terjadi misalnya Komunisme (ideologi yang mengawali Gerakan 30 September, Pemberontakan Madiun 1948, dan sebagainya), Liberalisme (ideologi yang membebaskan manusia bertindak sesuka hati minus menghiraukan norma agama dan sosial, misalnya LGBT, feminisme ekstrim, dan tidak-lain), Atheisme (ideologi tanpa Sang pencipta), Religius-ekstrimis (ideologi religiositas yang terlalu ekstrim hingga menabrak hak asasi anak adam)

Ada bervariasi strategi yang bisa digunakan bikin mengatasi ancaman di bidang sosial budaya bagian ideologi antara lain memperkuat kesadaran terhadap Pancasila dan kredit-nilainya, menerapkan nilai-ponten Pancasila secara aktif dalam nasib sehari-perian, mengadakan pendidikan dan pembelajaran sungguh-sungguh tentang Pancasila di sekolah dan forum belajar lainnya, menyaring budaya dari luar negeri sebelum diaplikasikan di Indonesia, dan meningkatkan rasa kecintaan dan patriotisme terhadap Pancasila.

cap : Monich Sutantri NIM : V1521054 kelas : D3 Perpajakan A

lengkap ATHG satah sosial budaya, yang saya ambil adalahan Gangguan yaitu Masuknya sekte sesat. indonesia memiliki banyak keberagaman, berupa budaya, bahasa, ras, agama, golongan malar-malar hingga keramaian-kelompok kecil. keberagaman tersebut lantas lain sesudah-sudahnya membawa damoak positif, dampak negatif bermula diversifikasi misalnya adalah sekte sesat. mangsa utama dalam sekte sesat biasanya sasarannya yaitu remaja, hal ini mereka untuk karena jiwanya yang belum matang. oleh karena itu solusi yang diberikan yakni manusia lanjut usia memberikan manah nan lebih kepada sang momongan, memastikan ia tersibukkan edngan kegiatan-kegiatan positif, menyenggangkan waktu berbincang bersama anak sebelum ia tidur. selain itu dari sisi sendiri anak, sang anak asuh diharapkan tidak generasi galau , menjaga komunikasi bersama hamba allah tua, mengikuti kegiatan positif di sekolah maupun ditempat tinggal, serta tidak mengangkangi mentah-yunior informasi atau budaya baru.

Etiket: Ghina Cahayani NIM: V1521033 GAM (Gerarakan Aceh Merdeka) merupakan gerakan separatisme bersenjata yang bertujuan mudah-mudahan Aceh terlepas dari NKRI. Konflik yang terjadi di Aceh disebebkan oleh perbedaan pendapat adapun hukum islam, ketidakpuasan atas distribusi sumur daya alam Aceh, dan peningkatan manusia jawa di Aceh. Konflik ini telah menjatuhkan hampir 15.000 semangat sejak musim 1976-2005.

dari konflik diatas bahwasannya GAM merupakan persuasi yang bisa menjadi ancaman n domestik ketahanan nasional dibidang ideologi.

Nama : Afdal Syukri

Nim.   : V1521002

Untuk mewujudkan integrasi NKRI tidak terlepas berpunca ancaman,tantangan,hambatan dan gangguan.Dari segi Sosial Budaya,baik ancaman dari dalam dan berasal luar.Bentakan dari luar seperti mana isu kemiskinan, kebodohan, dan isu kebrutalan.Bentakan mulai sejak luar sebagaimana budaya berpakaian barat,gaya hayat konsumtif,hedonisme,terorisme dan separatisme.Bakal menyelesaikan ancaman tersebut kita harus memperkuat ketahanan nasional baik segi n domestik atau eksternal.Sebagai generasi muda,kita harus berperan aktif privat menjaga Ketahanan Kebangsaan

Cap : Iftitah Aura Fajriani NIM : V1521044 Izin menjawab bu, keseleo satu contoh ATHG di bidand sosial budaya yaitu keterbelakangan,durjana, dan kebodohan. Ancaman yang berdimensi sosial budaya dibedakan atas gertakan pecah dalam dan dari luar. Ancaman dari kerumahtanggaan didorong maka itu isu keterbelakangan, durjana, dan kebodohan. Isu tersebut tersebut lama kelamaan akan mengancam persatuan dan keekaan bangsa. Hidup sosial budaya semakin berkembang sesuai dengan pembangunan bangsa dan negara yang tidak sungkap pecah yuridiksi perubahan hal dan kondisi dunia yang terjadi kini. Masuknya nilai budaya asing, dominasi arus globalisasi, keterusterangan dan kemenangan teknologi. Permasalahan yang timbul adalah pendidikan, hukum dan kesehatan. Selain itu, perbedaan bahasa juga menjadi satu faktor nan bisa mencegat kerja sebabat nan akan ditingkatkan. Solusi :

Memintasi hobatan pengetahuan, teknologi, meningkat wawasan kebangsaan, serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila, dan UUD 1945.

Nama: Riska Oktavia NIM: V1521072 Kelas bawah: A Ketahanan kewarganegaraan adalah ketangguhan nan mampu meluaskan kesabaran dan ketangguhan itu menjadi kekuatan dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, kendala, dan ancaman baik yang datang dari dalam maupun dari asing, serempak ataupun tidak langsung yang boleh membahayakan integritas, identitas serta kelangsungan hidup bangsa dan negara. Contoh intimidasi ideologi yakni paham komunisme dan liberalisme, liberalisme mendorong adat seperti konsumerisme, nan bila bukan dikendalikan berbuah pemborosan dan berbuat segala cara lakukan meraih komoditas yang diinginkan. Sementara komunisme yakni peka yang mengamalkan pengambilalihan kekuasaan, dengan menentang kepunyaan kepemilikan dan reklamasi modal setiap individu. Cara menghindari dan mencegah paham tersebut adalah: 1. Mengamalkan ponten-nilai pancasila dalam semangat sehari-hari 2. Memperkuat iman. 3. Melestarikan budaya n domestik kewedanan.

4. Memberikan pendidikan kepada masyarakat pedalaman.

Cap : Pratiwi Nurcahyani NIM : V1521063 Izin menjawab ibu, Salah satu ideal Intimidasi satah ekonomi,bahwa bisa kita ketahui ekonomi suatu negara tidak boleh mengalir perlahan-lahan sendiri. Ini adalah bukti berwujud supremsi globalisasi. Saat ini tak ada negara dengan strategi ekonomi yang tertutup dari supremsi negara enggak. Globalisasi perekonomian di satu sisi membuka peluang pasar produk privat negeri ke pasar jagat rat secara kompetitif. Sebaliknya, pula membuka prospek masuknya dagangan-produk global ke dalam pasar domestik. Kontrol negatif kesejagatan ekonomi nan bisa menjadi ancaman di bidang ekonomi antara lain: 1. Indonesia terdapat dagangan-produk terbit luar kewedanan seiring penggalasan independen yang tidak mengenal sempadan-batas negara. Risikonya barang-barang lokal kalah bersilaju dengan produk luar negeri dan produk lokal tidak bisa berkembang. 2. Perekonomian Indonesia terancam dikuasai pihak asing seiring kemudahan penanaman modal bagi orang asing. Akibatnya, nasion Indonesia dijajah secara ekonomi maka dari itu investor luar. Cara menghadapi intimidasi integrasi di bidang ekonomi : 1. Menciptakan pelan kerja baru dalam skala yang segara dengan tujuan memberantas kemiskinan 2. Mengerjakan pembangunan infrastruktur dalam kewedanan 3. Menciptakan sebuah iklim usaha secara mendukung 4. Memanfaatkan teknologi secara daya guna untuk pemerataan tanah lapang kerja

5. Tidak terlalu bergantung pada import produk luar negeri

Tera : Naufal Brylian Yuliatmaja NIM : V1521061 Tantangan yang ada di indonesia lampau lah banyak,terutama puas ekonomi. Ki kesulitan tersebut terjadi karena adanya fenomena globalisasi. Dengan adanya globalisasi muncul berbagai rupa dampak, dampak positif adanya globalisasi yaitu berkembangnya pengetahuan dan teknologi serta revolusi ekonomi yang menyebabkan berbagai produk dari dalam negeri timbrung ke Indonesia. situasi ini menyebabkan masyarakat cenderung berkepribadian konsumtif,terutama di Indonesia ini. Publik indonesia menganggap bahwa dagangan dari luar area memiliki kualitas kian baik dan harga relatif lebih murah daripada barang dalam kawasan. Hal tersebut juga berpengaruh kepada pabrik privat negeri menjadi bukan dapat memperdagangkan dagangan nya dan mengalami kerugian, akhirnya terjadi dekadensi dan menyebabkan banyak pegawai yang menjadi pengangguran. Kejadian ini boleh mengganggu ketenangan dan kedaulatan negara Indonesia karena plural dagangan asing negeri telah mengamankan pasar di indonesia sehingga masyarakat indonesia tidak memanjakan produk dari dalam kawasan. Mandu mengatasi hal tersebut yakni : 1. Makin mencintai produk dalam provinsi

2. masyarakat harus lebih selektif

Nama: Rio Pungky Purnadi Nim: V1521071 Saya mengambil salah satu sempurna ATHG di rataan sosial budaya yakni Westernisasi merupakan mode semangat yang cak acap berorientasi kepada budaya barat tanpa diseleksi terlebih suntuk. Misalnya meniru teoretis pakaian yang lazim dipakai orang-cucu adam barat yang sebenarnya bertentangan dengan ponten dan norma-norma yang dolan di awam Indonesia. Upaya bagi mencegah weternisasi yaitu: 1. Menjatah kesadaran kian mengenai nasionalisme terutama sreg kaum Remaja. 2. Melestarikan Budaya Indonesia. 3. Mengamalkan penyaringan terhadap budaya yang masuk ke Indonesia.

4. Memberi bekal keagamaan sepatutnya bukan mudah terpengaruh

Nama : Eugenia Dyahrestu Khrissaputri NIM : V1521022 Ancaman di Bidang Ekonomi yaitu setiap usaha dan kegiatan baik itu yang berusul berpunca asing maupun dalam negeri yang dinilai mengancam dan membahayakan keamanan keuangan serta pertumbuhan ekonomi nasional nasion indonesia. Ekonomi suatu negara tidak dapat seram sendiri. Ini adalah bukti nyata pengaruh globalisasi. Kini enggak ada negara dengan kebijakan ekonomi yang tertutup dari pengaruh negara tidak. Kesejagatan perekonomian di suatu sisi membuka peluang pasar produk privat kewedanan ke pasar internasional secara kompetitif. Sebaliknya, kembali membuka kebolehjadian masuknya produk-produk global ke intern pasar domestik. Dominasi negatif globalisasi ekonomi nan boleh menjadi gertakan bikin kemerdekaan ekonomi antara enggak: 1. Indonesia dibanjiri barang-barang dari luar negeri seiring perdagangan bebas yang tak mengenal batas-perenggan negara. Kesudahannya barang-dagangan domestik kalah bersaing dengan produk luar distrik. 2. Perekonomian Indonesia terancam dikuasai pihak luar seiring kemudahan penghijauan modal bagi orang asing. Akibatnya, bangsa Indonesia dijajah secara ekonomi makanya penanam modal asing. 3. Timbul kesenjangan sosial yang tajam akibat persaingan adil sehingga pelaku ekonomi ada nan menang dan kalah. Yang menang boleh memonopoli pasar, nan kalah hanya menjadi penonton dan tertindas. 4. Sektor-sektor ekonomi rakyat yang beruntung subsidi akan semakin menyusut, koperasi pelik berkembang, penyerapan tenaga kerja dengan hipotetis padat karya kian ditinggalkan, sehingga angka pengangguran dan kefakiran pelik dikendalikan.

5. Memperburuk peluang pertumbuhan ekonomi paser tinggi.

Etiket : Anggito Wahyu Wibisono NIM : V1521003 Papan bawah : D3 Perpajakan A

Kesejagatan nan didominasi oleh kemajuan ilmu warta dan teknologi informasi, telah merubah pola hubungan antar bangsa dalam bermacam rupa aspek dan menjadikan globalisasi sebagai fenomena yang berkepribadian pancamuka. Negara seolah tanpa batas (borderless), saling tergantung (interdependency) dan silih terhubung (interconected) antara satu negara dengan negara lainnya. Sementara itu, kekuasaan negara-negara modern terhadap negara-negara berkembang semakin menguat melalui konsep pasar bebas dalam lingkup global maupun regional. Di tengah kuatnya distribusi globalisasi yang ditandai dengan persaingan global, saat ini enggak ada satupun negara di dunia yang berharta berdiri seorang. Saling ketergantungan dan saling keterhubungan merupakan hal nan sulit buat dihindari. Dinamika kehidupan nasional yang dihadapkan pada beraneka macam bentuk bentakan maupun persaingan mondial, membutuhkan hadirnya sosok akademikus muda yang berkarakter dan memiliki nasionalisme kebangsaan yang kuat.

Nama : Muhamad Nur Fiil Prakosa NIM : V1521055 Kelas : A

Cermin ATHG yang saya ambil ialah tindakan nepotisme yang termaktub internal Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan di parasan ekonomi. Nepotisme adalah praktik memasrahkan akses dan akomodasi istimewa kepada keluarga, teman, dan orang seorang. Oleh karena itu nepotisme menghasilkan keputusan yang tidak berimbang, tidak objektif, dan boleh merusak performa perusahaan n domestik jangka panjang. Nepotisme menyebabkan banyak dampak pada performa organisasi, tetapi kurangnya minat di antara para penyelidik di kajian ini dapat menyebabkan dampak yang lebih besar dari yang dibayangkan.

Jelaskan Pengertian Ideologi Terbuka Dan Ideologi Tertutup

Source: https://toptenid.com/cara-mengatasi-ancaman-tantangan-hambatan-gangguan-dari-luar-negeri