Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Sosial

Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Sosial

1.Hakikat Sosok Andai Manusia Individu dan Sosial

  • Hamba allah andai makhluk insan

     Hamba allah berbunga bersumber katain dandevided . Dalam bahasa inggrisin mengandung kekuatan bukan , padahaldevided berarti terbagi . Jadi individu artinya tidak berbagi , ataupun suatu ketunggalan . Kerumahtanggaan bahasa latin individu berpunca bermula kata individium nan berguna nan tak berbagi , makara yaitu satu sebutan yang dapat dipakai bagi menyatakan suatu keesaan yang minimum dan enggak cacat . Manusia ibarat makhluk insan n kepunyaan  elemen tubuh dan rohani , molekul tubuh dan psikis , unsur raga dan spirit . Seseorang dikatakan sebagai basyar individu manakala unsur-unsur tersebut bergabung pada dirinya . Jika unsur tersebut telah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak disebut bak manusia turunan . Setiap manusia mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri , tak ada nan sepadan persis . Seorang basyar yaitu perpaduan antara faktor fenotip dan genotip . Faktor genotip yakni faktor yamg dibawa individu sejak lahir , ia yakni faktor keturunan . Sekiranya seorang individu memiliki ciri pisik atau karakter aturan yang dibawa sejak lahir , ia jga akan n kepunyaan ciri jasad atau karakter sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Karakterisristik nan tunggal dari seseorang bisa kita sebut dengan fiil .

  • Manusia andai makhluk sosial

      Menurut kodratnya basyar adalah makhliuk sosial alias bani adam bermasyarakat , selain itu juga diberikan nan nyata jalan angan-angan yang berkembang serta boleh dikembangkan . Dalam hubungannya dengan manusia andai makhluk sosial , manusia sering spirit bersama dengan manusia lainnya . Dorongan masyarakat nan dibina sejak lahir akan selalu menampakkan dirinya kerumahtanggaan beraneka ragam bentuk , karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat intern kehidupannya . Bani adam dikatakan laksana anak adam sosial juga karena pada diri hamba allah ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan cucu adam lain , manusia juga bukan akan dapat umur sebagai manusia sekiranya tidak hidup di tengah-tengah hamba allah . Dapat disimpulkan manusia dikatakan laksana makhluk sosial , karena beberapa alasan , yaitu :

Baca juga :  Struktur Bahasa Pemrograman Pascal Paling Pertama Adalah

  1. manusia menunduk pada kebiasaan , norma sosial
  2. perilaku manusisa mengharapkan suatu penilaian dari orang bukan
  3. hamba allah memiliki kebutuhan bagi berinteraksi dengan sosok lain
  4. potensi makhluk akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia

2. Peranan Makhluk Andai Makhluk Makhluk dan Sosial

Individu dianugerahi kehidupan tidak sahaja sekedar bakal hidup . Kamu memiliki visi dan misi yang sebenarnya harus diselesaikan baik dalam kehidupan di n domestik lingkungan masyarakat atau negara . Manusia ibarat makhluk bani adam dan sosial mempunyai peranan diantaranya menjaga kelanggengan alam , hubungan antar basyar , serta hubungan dengan sang pencipta .

  • Peranan bani adam sebagai anak adam individu

          Perbedaan yang ada seperti ras , tungkai , keyakinan , lingkungan , dan golongan tidak memungkiri persamaan akan Harkat dan Prestise basyar . Khalayak sebagai makhluk cucu adam akan berusaha :

  1. menjaga dan mempertahankan Harkat dan Martabatnya
  2. mengupayakan terpenuhi hak-kepunyaan dasarnya seumpama manusia
  3. merealisasikan seberinda potensi diri , baik sisi jasmani maupun rohani
  4. menunaikan janji kebutuhan dan kebaikan diri demi ketenteraman dirinya
  • Peranan orang umpama hamba allah sosial

          Manusia  sebagai pribadi merupakan berhakikat sosial . Kebutuhan akan orang tidak dan interaksi sosial membentuk nyawa berkelompok lega orang . Dalam kehidupannya manusia membutuhkan norma-norma sosial bagaikan patokan dalam bertingkah laku , norma-norma tersebut yaitu :

  1. norma agama atau religi ; norma yang berusul terbit Halikuljabbar yang mandraguna perintah agar dipatuhi dan meninggalkan larangan-Nya . norma agama ada dalam ajaran-ramalan agama
  2. norma kesusilaan atau moral ; norma yang bermula dari hati hati kecil manusia untuk mengajak lega kebaikan dan menjauhi keburukan
  3. norma kesopanan atau kebiasaan ; norma yang bersumber terbit umum dan bermain terbatas plong lingkungan masyarakat yang bersangkutan
  4. norma hukum ; norma yang dibuat masyarakat secara resmi (negara) yang pemberlakuannya dapat dipaksakan , berisi perintah dan larangan . bersifat terjadwal dan mempunya skeptis yang tegas dan mengaduh
Baca juga :  Perbedaan 2 Dimensi Dan 3 Dimensi Dan Contohnya

3. Dinamika Interaksi Sosial

Kata interaksi semenjak inter dan action . Interaksi sosial merupakan hubungan imbang balik ubah mempengaruhi antara insan , kelompok sosial , dan awam . Interaksi adalah proses dimana individu-turunan berkomunikasi saling pengaruh mempengaruhi kiat perasaan dan tindakan . Interaksi sosial terjadi bila antara dua khalayak atau keramaian terletak kontak sosial dan komunikasi . Kontak sosial merupakan yahap pertama mulai sejak terjadinya hubungan sosial . Komunikasi merupakan presentasi suatu kenyataan dan kasih tafsiran dan reaksi terhadap informasi yang disampaikan . Ciri-ciri interaksi sosial adalah sebagai berikut :

  1. pelakunya lebih berasal satu sosok
  2. adanya komunikasi antar pekerja melangkahi susunan sosial
  3. memiliki maksud dan tujuan , terlepas dari seimbang atau tidaknya harapan tersebut dengan yang diperkirakan pelaku
  4. adanya dimensi perian yang akan menentukan sikap operasi yang sedang berlantas

koneksi sosial dapat terjadi kerumahtanggaan tiga rencana yaitu :

  1. kontak antar individu , misalnya seorang murid baru mempelajari penyelenggaraan tertib dan budaya sekolah
  2. rangkaian antarindividu , dengan suatu kelompok , misalnya seorang guru mengajar di suatu papan bawah mengenai satu pokok bahasan
  3. perantaraan antarkelompok , dengan kelompok lain , misalnya class meeting antarkelas

Interaksi sosial terjadi dengan didasari oleh faktor-faktor perumpamaan berikut :

  1. imitasi adalah suatu proses mimikri atau ki belajar
  2. sugesti ialah suatu proses dimana seorang individu mengakui satu cara pengihatan atau pedoman-pedoman tingkah larap orang enggak minus dikritik sampai-sampai dahulu
  3. identifikasi internal psikologi berati dorongan untuk menjadi indenti (sederajat) dengan orang enggak , baik secara lahiriah atau bathiniah
  4. simpati adalah perhatian teratriknya basyar yang suatu terhadap orang lain

4. Dilema antara Kepentingan Individu dan Kebaikan Awam

  • Penglihatan individualisme

          Individualisme berpangkal dari konsep bahwa manusia pada hakikatnya ialah individu makhluk yang bebas . Reseptif ini memandang manusia sebagai makhluk pribadi nan utuh dan lengkap rontok berpangkal manusia yang lain . Rukyat individualisme berpendapat bahwa kepentingan individulah yang harus diutamakan . Yang menjadi sendi individualisme yakni kebebasan koteng individu lakukan merealisasikan dirinya .

  • Pandangan sosialisme
Baca juga :  Berikut Ini Yang Bukan Merupakan Gaya Dalam Lompat Jauh Adalah

          Rukyat ini menyatakan bahwa kepentingan masyarakatlah yang diutamakan . takhta hamba allah hanya lah objek dari mahajana . Menurut pandangan sosialis , hak-hak cucu adam sebagai properti dasar hilang . Peruntungan-peruntungan individu ketimbul karena keanggotaannya kerumahtanggaan suatu komunitas atau keramaian . Sosialisme adalah paham nan mengharapkan tebentuknya masyarakat nan objektif , selaras , bebas , dan sejahtera bebas dari penguasaan individu atas hak milik dan alat alat produksi . Sosialisasi muncul karena maslahat masyarakat secara keseluruhan utama nan terdepak oleh sistem liberalisme , mendapat keadilan , kebebasan , dan kesejahteraan .

  • Vitalitas di Indonesia

           Kerumahtanggaan negara Indonesia berfalsafahkan pancasila , hakikat khalayak dipandang memiliki sifat pribadi serempak sosial secara seimbang . Bung karno menerangkan adapun seimbangnya dua kebiasaan tersebut dengan idiom ”internasionalisme tidak hidup subur kalau tidak berakar berbunga buminya semangat kebangsaan . nasionalisme bukan hidup berada kalau enggak vitalitas privat taman sarinya internasionalisme” . Paduan keharmonisan antara individu dan sosial privat diri bangsa Indonesia diungkap dalam sila kedua dan ketiga pancasila . Nasion Indonesia memiliki prinsip menempatkan khasiat bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan.

-Jakarta, 24 july 1994 -TK Strada St.Theresia. SD Strada TKM I, SMP Strada FX III, SMA Pangudi Mulia II Servasius, Universitas Gunadarma Tatap semua pos hoki jmmigo






Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Sosial

Source: https://jmmigo.wordpress.com/2012/11/13/hakikat-manusia-sebagai-makhluk-individu-dan-sosial/