Gambaran Surga Dan Neraka Dalam Islam

Gambaran Surga Dan Neraka Dalam Islam

Alquran menggambarkan resan-rasam surga lakukan umat Selam.

REPUBLIKA.CO.ID, Surga yang dalam bahasa Arab disebut al-Jannah diambil berbunga ungkapan
al-hadiqah zatusy-syajar

(kebun atau taman yang terdiri berbunga berbagai macam varietas pepohonan).

Ini bagi menggambarkan plong benak cucu adam Arab momen itu bahwa ada satu tempat yang silam indah nan diliputi berbagai macam kenikmatan asing biasa. Kontras sekali dengan daerah Jazirah Arab yang kering kerontang berusul hamparan gurun.

Keistimewaan surga dan kenikmatan yang cak semau di dalamnya digambarkan Tuhan SWT dalam hadis qudsi nan diriwayatkan berpokok Bubuk Hurairah RA, “Aku (Allah) telah menyediakan untuk hamba-hamba-Ku yang saleh suatu balasan (surga) yang belum pernah terbantah maka itu mata, belum pernah terdengar maka dari itu alat pendengar, dan belum ikatan terlintas di dalam lever.” (HR Bukhari).

Setelah Rasulullah SAW mengilustrasikan suraloka, Beliau SAW kemudian mendaras ayat Quran, “Seorang pun enggak mengetahui apa yang disembunyikan bikin mereka, yaitu (bermacam-macam lezat) yang menyedapkan pandangan ain sebagai balasan terhadap segala apa yang sudah lalu mereka kerjakan.” (QS as-Sajadah [32]: 17).

Kenikmatan yang diberikan Allah SWT di dalam surga bersifat kekal, tak pernah lampau, dan banyaknya tak terhitung. Dari semua kenikmatan tersebut, sedap yang paling strata nan akan dirasakan warga surga yaitu menyaksikan Allah SWT. Sebagaimana diterangkan internal firman-Nya, “Durja-wajah (makhluk mukmin) pada periode itu berseri-seri. Memandang Tuhannya.” (QS al-Qiyamah [75] :22-23).

Luas surga digambarkan seluas langit dan manjapada. Seperti mana diterangkan Alquran, “Bersegeralah kamu mencari abolisi pecah Tuhanmu dan mendapatkan surga nan luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa. (QS Ali Imran [3]: 133). Disebutkan pula, di dalamnya bersirkulasi sungai-bengawan nan bermacam-macam dan diberi jenama sesuai dengan peristiwa dan sifat airnya.

Baca juga :  Bagian Pembuka Dalam Struktur Teks Deskripsi Adalah

Ada sungai air jernih, adalah airnya burung laut privat keadaan jernih, tidak berubah rasa dan baunya. Ada pula sungai payudara karena airnya terdiri atas air tetek nan juga tidak berubah rasanya. Kemudian, ada juga batang air arak (khamar), yaitu airnya terdiri atas khamar nan sangat lezat rasanya, tapi tidak memabukkan. Selanjutnya, ada pula bengawan madu, yang airnya terdiri atas sembayan yang disaring. (QS Muhammad [47]: 15).

Perhiasan yang diberikan kepada penghuni surga terdiri atas kencana, mutiara, serta pakaian nan terbuat mulai sejak sutra. (QS Fathir [35]: 33), baik kenur yang halus tipis maupun tebal. (QS ad-Dukhan [44]: 53). Sedangkan, makanan dan minuman mereka terdiri atas majemuk macam jenis, terserah apa hanya nan mereka inginkan, semuanya tersedia. (QS az-Zukhruf [43]: 71).

Penduduk surga atau mereka yang akan memasukinya disebut dengan ahlul jannah alias ashabul jannah.  Penghuni kayangan etis-benar dimanjakan. Piring-piring dan gelas-gelas mereka sekadar semuanya terbuat terbit kencana. Di samping peralatan berpangkal emas, ada pula peralatan yang terbuat dari argentum dan kristal (QS al-Manusia [76]: 15).

Di samping itu, penghuni surga dilayani pelayan-pelayan taruna seumpama loklok yang bertebaran dengan baju sutra nan sangat luhur dan menyedapkan pandangan alat penglihatan. Mereka setia tinggal akil balig dan enggak relasi berubah menjadi renta. (QS al-Bani adam [76]: 19-21).

Di dalam surga lagi tak ada lagi permusuhan, tidak ada perasaan dengki antarsesama penghuninya. Hidup mereka rukun dan berdamai bagaikan saudara-ari-ari kandung. Mereka tidak pernah merasa penat, lelah, atau letih. (QS al-Hijr [15] :45-48).

Penduduk suwargaloka pun enggak pernah berbuat ucapan dusta, kecap, apalagi nan bersifat dosa. Seluruh yang keluar dari lisan mereka hanyalah perkataan kedamaian dan keistimewaan. (QS al-Waqi’ah [56] : 25-26). Di samping itu, warga surga pun tak mengenal adanya atma tua bangka dan remaja. Atma para penghuninya sebaya dan tidak pernah bertambah wreda. Semua mereka dalam keadaan sehat dan tidak pernah dihinggapi penyakit.

Baca juga :  Gambar Struktur Sel Hewan Dan Tumbuhan

sumur : Harian Republika

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Gambaran Surga Dan Neraka Dalam Islam

Source: https://republika.co.id/berita/q96hrz320/begini-gambaran-surga-yang-diabadikan-dalam-alquran