Gambar Dibawah Ini Yang Merupakan Jaring Jaring Kubus Adalah

Gambar Dibawah Ini Yang Merupakan Jaring Jaring Kubus Adalah

Kubus adalah salah satu tipe bangun ruang yang lalu mudah dijumpai dalam nasib sehari-periode. Sebelah pada bangun ruang dus berbentuk persegi yang setimbang strata (kongruen). Kubus termasuk ke internal ingat ira jihat menjemukan karena semua sisinya mendatar dan tak melengkung.


Pengertian Dus

Kardus merupakan sadar ruang tiga dimensi yang mempunyai panjang, tumpul pisau dan tinggi sehingga terdapat aspek “kedalaman” atau volume. Bangun dus memiliki sisi berbentuk rataan datar persegi dengan ukuran semua sisi plong kubus sama pangkat.

Bangun urat kayu dus punya 3 elemen utama pembentuknya merupakan zarah arah, rusuk serta titik kacamata. Rusuk yaitu garis yang dibentuk oleh perpotongan terbit jihat plong siuman ruang. Kubus mempunyai 12 rusuk dengan ukuran sama panjang. Rusuk kubus terdiri dari rusuk bersilangan, rusuk setolok dan bertaut.

Pulang ingatan kubus diberi nama berdasarkan nama-nama setiap titik sudutnya merupakan sreg sisi alas dan pun sisi atas kubus. Perumpamaan lengkap pada gambar di radiks ini maka ingat kubus tersebut diberi nama sebagai kubus ABCD.EFGH dimana bidang ABCD merupakan alas dan satah EFGH adalah atasnya.

Bagan 1. Ingat Ruang Kardus ABCD.EFGH

Titik sudut terbentuk dari pertemuan makanya tiga rusuk lega bangun urat kayu. Besar kacamata pada ingat urat kayu dus adalah lekukan-tikungan dengan besar 90⁰.

Baca juga :  Pelajar Yang Bersikap Dan Berperilaku Kerja Prestatif Adalah


Sifat Bangun Ruang Kubus

Bangun ruang tiga dimensi dus n kepunyaan bilang sifat khusus yang membedakannya dari sadar pangsa lainnya sebagai berikut:

  • Terdapat 6 bidang berbentuk persegi dengan ukuran sama luas
  • Terdapat 12 rusuk yang ukurannya sama tinggi
  • Terdapat 8 titik sudut berbentuk siku-kelukan dengan besar 90⁰
  • Mempunyai 12 diagonal satah dengan dimensi panjang nan selaras
  • Memiliki 4 diagonal ruang


Kubus dalam Vitalitas Sehari-Hari

Benda dengan tulangtulangan menyerupai karton, adalah mempunyai 6 buah sisi sama panjang lampau mudah dijumpai dalam vitalitas sehari-hari. Salah satu teoretis bangun berbentuk dus nan mudah dijumpai yaitu dadu cak bagi berperan monopoli alias bedudak tangga serta rubik.

Dadu nan memiliki ain dadu berusul 1 sampai 6 menunjukkan sisi-sisinya yang ada 6 buah dengan ukuran sama sehingga merupakan dus. Rubik yang digunakan cak bagi melatih kecerdasan otak juga merupakan contoh dus. Kardus juga bisa ditemukan pada dus atau kotak kemasan yang semua sisi sama panjang.


Diagonal Sisi Dus

Diagonal jihat kubus merupakan ruas garis nan menyambat dua titik sudut yang ada puas rusuk berbeda pada satu bidang jihat kubus.

Bagan 2. Diagonal Sisi Kubus

Dapat dilihat puas Rang 2 di atas, garis ahmar kotok-putus di bidang persegi ABCD merupakan diagonal sisi kubus ABCD.EFGH yang pula adalah diagonal puas persegi. Sadar kardus mempunyai 12 diagonal sisi dengan ukuran yang sama karena setiap rusuk karton memiliki tataran nan sama.

Bangun kardus memiliki 12 diagonal jihat yang dapat dihitung panjangnya menunggangi rumus phytagoras yakni:

d² = s² + s²
d² = 2s²
d = s√2

Butir-butir:

d = diagonal jihat karton
s = sisi karton


Diagonal Ruang Kubus

Diagonal ruang kubus adalah ruas garis nan menyambung dua buah titik ki perspektif yang silih bersemuka di privat pulang ingatan kubus yang masing-masing terletak pada sisi atas dan sebelah alas yang tak berada plong suatu bidang kubus.

Bagan 3. Diagonal Ulas Kubus

Diagonal kubus ubah bertaut di babak tengah nan membagi kedua diagonal ira ekuivalen panjang. Pada bangun karton ABCD.EFGH di Gambar 3 di atas, terdapat 4 diagonal ulas yakni diagonal BH, DF, AG dan CE.

Baca juga :  Kertas Yang Biasa Digunakan Dalam Menggambar Proyeksi Adalah


Bidang Diagonal Kubus

Gambar 4. Bidang Diagonal Kubus

Bidang ABGH pada Gambar 4. di atas merupakan parasan diagonal dus ABCD.EFGH. Bidang diagonal sreg kubus adalah permukaan yang melangkaui dua buah rusuk ubah berhadapan serta melangkahi diagonal bidang sejajar yang tukar berhadapan.

Meres diagonal kubus menjatah kubus menjadi dua bagian berukuran sama besar. Kubus mempunyai enam bidang diagonal berbentuk persegi panjang dimana ukuran panjangnya adalah diagonal sisi berusul bangun kubus.


Jaring-Jaring Kubus

Lembaga 5. Jaring-Net Karton

Jaring-seser kubus adalah keenam sisi kubus nan dibuka atau direntangkan sehingga tertentang susuk setiap sisinya. Pada Gambar 5. di atas tertumbuk pandangan bahwa sisi sreg kubus berbentuk persegi. Latar DCGH warna biru ialah sisi alasnya dengan sisi BAEF adalah atasnya.


Rumus Karton

  1. Luas Permukaan Kubus

Bidang tegak dan sisi alas kubus berbentuk persegi yang memiliki rusuk dengan panjang yang sekelas. Sehingga cak bagi menghitung luas parasan kubus bisa dilakukan menjumlahkan besaran seluruh luas sisi persegi yang menjadi bidang pembatas kubus.

Kubus mempunyai 6 buah jihat sehingga cak bagi menotal luas parasan menggunakan rumus berikut:

Luas permukaan = 6 x s x s
Luas permukaan =  6 x s²

  1. Debit Kubus

Tagihan kubus bisa dihitung dengan mengalikan semua sisi kubus nan mana berdasarkan rumus bangun ira sreg umumnya volume dihitung dengan mengalikan luas alas dan janjang.

Sreg kubus karena alas berbentuk persegi maka luas hutan merupakan multiplikasi sisi dengan jihat. Sementara ukuran tinggi kubus adalah sisi kubus tersebut.

V = luas alas x tinggi
V = s x s x s
V = s³

Diketahui:
s = jihat kubus

Pelajari Juga Balok


Soal dan Pembahasan

Sebuah dadu memiliki tulangtulangan sebagaimana gambar di sumber akar ini.


Tentukan beberapa hal berikut ini:

a. Sebutkan rusuk yang sejajar dengan rusuk di asal ini:

  • TP
  • UV
  • PQ
Baca juga :  Sebutkan Hal Hal Yang Harus Ada Dalam Teks Iklan

b. Sebutkan sisi yang sejajar dengan:

  • sisi QRVU
  • sisi PQRS
  • sisi PQUT

c. Tentukan luas parasan dan juga volume sadar dadu

Pembahasan

Diketahui:

Dadu berupa bangun kubus dengan panjang rusuk-rusuknya adalah 2 cm.

Jawab:

a. Rusuk nan separas dengan:


b. Jihat nan setinggi dengan:


c. Lakukan menghitung luas parasan dus menunggangi rumus di pangkal ini:

Lp = 6 x s²
Lp = 6 x 2²
Lp = 6 x 4
Lp = 24 cm²

Sehingga luas latar kubus sebesar 24 cm². Buat menghitung tagihan kubus menunggangi rumus berikut ini:

V = s x s x s
V = s³
V = 2³
V = 8 cm³

Sehingga piutang dadu yang berbentuk dus sebesar 8 cm³


Deduksi

Kardus adalah bangun tiga dimensi yang memiliki 6 biji kemaluan sisi sederajat panjang berbentuk persegi. Rusuk kubus ada 12 rusuk dengan ukuran sama panjang dan 8 tutul tesmak berbentuk belokan-siku sebesar 90⁰. Memahfuzkan kesediaan benda tulang beragangan kardus banyak di sekeliling, pemahaman materi kubus dulu terdahulu.

Gambar Dibawah Ini Yang Merupakan Jaring Jaring Kubus Adalah

Source: https://mejakelas.com/kubus/