Esensi Keindahan Dalam Tari Dapat Dilihat Pada

Esensi Keindahan Dalam Tari Dapat Dilihat Pada


TEORI SENI BUDAYA KELAS X


SEMESTER GENAP


BERKARYA DALAM SENI TARI

Sebuah tarian yakni perpaduan berpunca sejumlah unsure, merupakan
wiraga, wirama, dan wirasa.

Wiraga adalah dasar kegesitan gerak tubuh/fisik bedaya. Sebagai gerak ekspresi, gerak yang dimaksud yaitu gerak yang lain gerak sehari – musim melainkan gerak yang telah distilir atau diberi rancangan lain, baik diperhalus, dipertegas, maupun dirombak (distorsi). Privat tari ada 2 macam gerak tari, yakni :

Gerakan ajojing yang dilakukan bagaikan hasil dari eksplorasi gerak yang ada dalam ala mini selain gerak hamba allah. Misalnya gerak binatang, tumbuhan atau benda lainnya.


2.



Gerak imajinatif

Gerak kolusi orang dalam menciptakan menjadikan suatu tarian. Terdiri dari gerak maknawi dan gerak murni.


§



Gerak maknawi merupakan gerak tari nan mengandung kemujaraban atau mempunyai intensi tertentu. Gerak tersebut biasanya memiliki cirri khas yg mudah dimengerti oleh pirsawan. Misalnya gerak mereka-reka, menolak, mengiyakan, dan sebagainya.


§



Gerak murni ialah gerak yang tidak mengandung keistimewaan, namun masih mengandung unsure keindahan gerak.

Wirama adalah suatu pola untuk mencapai propaganda nan harmonis. Didalamnya terdapat pengaturan dinamika seperti mana aksen dan tempo tarian. Ada dua keberagaman musik lakukan tari, yakni:


a.



Wirama tandak

Wirama yang ajeg
(tetap) dan jati dengan pukulan yang dan aksen yang berulang dan teratur.


b.



Wirama nonblok

Wirama nan tidak selalu memiliki ketukan dengan aksen yang berulang dan teratur.

Wirasa adalah tingkatan penghayatan dan penjiwaan internal dansa seperti : tegas, lembut, gembira, terharu yang terekspresikan melalui gerakan dan mimic wajah sehingga melahirkan keanggunan.

Penari yang baik, dituntut untuk mempunyai beragam syarat seyogiannya dirinya ter-hormat – benar kaya menjadi koreografer. Syarat tersebut antara bukan :


1.



Kreatif

Ki berjebah, merupakan kemampuan ki akal yang harus dimiliki makanya sendiri penata tari. Kreativitas n domestik kejadian ini yaitu kemampuan seorang koreograf untuk menemukan konsep pemikiran, teori, teknik dan atau metode “mentah” n domestik proses reka cipta karya tari. Daya kreativitas yang terlihat dalam proses berkarya menunjukkan sejauh mana seorang penata tari berhasil berbuat riset, penyelidikan akan ide kerumahtanggaan merespon sesuatu, sehingga mampu mengasihkan pintasan dalam karya tarinya. Situasi ini secara bukan sinkron akan berpengaruh terhadap nilai orisinalitas yang terkandung di kerumahtanggaan karya tari itu sendiri.


2.



Loyalitas

Kedisiplinan, yaitu “modal” selanjutnya nan dibutuhkan oleh seseorang untuk menjadi bedaya yang baik berbarengan koreografer nantinya. Sebagai penjabaran disiplin itu seorang, penandak yang baik akan menerapkan disiplin waktu, pantang menyerah dalam berusaha, tegar menjalankan proses, dan “persisten” terhadap dirinya sendiri. Termasuk pula saat hendak dan sedang tampil di wadah, seorang bedaya haruslah cinta berkonsentrasi buat meladeni sebuah pertunjukan nan baik.


3.



Terbuka

Sikap termengung menunjukkan bahwa dia enggak memiliki sebuah ”obstruksi” alias “hal nan menudungi matanya” terhadap perkembangan zaman dimana kamu bertunas. Sebagaimana yang telah diungkap diatas, kreativitas yaitu sesuatu yang timbul akibat proses imajinasi seorang. Imajinasi ini datangnya terbit berbagai stimulant, termasuk pula dari kejadian-kejadian yang tengah berkembang di masanya. Untuk bisa menyerap berbagai informasi baru, hal-hal yang sedang trend, atau bahkan isu-isu nan sedang mengemuka, seorang penari aatau koreograf harus mau bersikap ternganga, kerumahtanggaan artian tidak terkungkung oleh doktrin sesuatu. Kebudayaan itu sifatnya bosor makan berkembang, seperti kesenian. Perkebangan tidak akan negatif poin-kredit yang telah cak semau bila dimaknai secara pilih-pilih. Malar-malar, melalui keterbukaan ini, seorang koreografer yang baik akan mendapat sebuah pengayaan yang belum pernah didapat sebelumnya.

Baca juga :  Pengaruh Perang Dingin Dalam Bidang Politik Yaitu


4.



Reaktif

Punya kepekaan yang kuat, juga merupakan modal yang saya utarakan sebagai seorang koreograf.  Kepekaan boleh terkait dengan banyak aspek, karena tari sebagai cabang kesenian memiliki banyak keterkaitan dengan aspek-aspek lainnya misalnya pangsa, irama, corak, cahaya dan beberapa lainnya. Walau tak berjasa kita harus menekuni semuanya, namun setidaknya seseorang mengetahui sari tinimbang aspek-aspek terkait tersebutyangmampu menunjang kemenangan penampilan di atas medan. Bagai ungkapan artis besar Bali I Nyoman Pugra (alm.) bermula Denpasar, bahwa penari yang baik itu harus mengetahui sastra. Pernyataan beliau tersebut tentu saja sangat dalam maknanya, di mana bila diartikan secara mudah seorang penari (atau bahkan koreografer) haruslah memahami teks sebagai sumber-sumber teks untuk memperkaya wawasannya serta konteks dimana, kapan dan dengan mungkin karya tari akan dipertunjukkan.


5.



Berkewajiban

Maksudnya adalah bisa dan mampu mempertanggungjawabkan karyanya secara utuh dan professional. Seorang koreograf yang baik tidak cukup hanya gemuk menciptakan karya saja tanpa congah menguraikan satah belakang penggarapan, sumber inspirasi, makna yang ingin disampaikan, hal baru segala nan ia miliki dan seterusnya. Terserah banyak aspek di balik sebuah karya tari yang harus bisa ia jelaskan kepada para penikmat alias pengamat, untuk menghindari kesan penjiplakan, “pembelian” karya dan pencatutan nama penata tari nan menciptakan tari itu sendiri. Hal ini sekaligus menghindarkan kita berusul probabilitas tindakan plagiatisme nan belakangan mulai suar terungkap. Plagiatisme tidak saja “menjangkiti” akademisi melalui tulisan, namun “pandemi” tesebut telah menjalar lega sisi karya seni khususnya seni pertunjukan meskipun jarang dan sulit untuk diamati. Tiada salahnya mencegah daripada membela diri kapan sudah terlilit keburukan.

Contoh soal seni budaya 1


1.



Buat memudahkan pendeskripsian gerak tari, dapat digunakan tolok hitungan dengan total.


a.



tujuh hitungan


b.



sembilan hitungan




c.







okta- hitungan


d.



enam hitungan


e.



sepuluh hitungan


2.



Gambaran singkat yang menceritakan tema tari yang dibuat disebut.


a.



lakon
d.
pengantar


b.




sinopsis



e.
skrip


c.



kertas garap


3.



Dekorasi pada bekas disebut…


a.





Setting ajang




d.
sebeng/jib


b.



properti
e.
sorot


c.



siklorama


4.



Dekorasi panggung harus disesuaikan dengan…


a.



jumlah spektator



b.






tema pementasan


c.



penataan binar


d.



kuantitas panitia


e.



total penari


5.



Sebutkan nan
tidak termasuk
f

ungsi tari dalam jiwa

a
.
s

ebagai sarana arti upaacara

b.

s
ebagai hiburan

c.


s
ebagai seni pergelaran

d.

s
ebagai media pendidikan

e.


sebagai bahan lawakan


6.



Yang tak teragendakan n domestik tari berdasarkan kuantitas penari adalah…


a.



Tari tunggal


b.



Tari massal




c.







Tari kreasi


d.



Tari kelompok


e.



Tari berpasangan


7.



Suatu tarian yang dilakukan lebih mulai sejak 1 orang penari disebut…



a.






Tari rapat


b.



Tari tunggal


c.



Tari tradisisional




d.



Tari massal


e.



Tari kontemporer


8.



Tari yang pengungkapannya tidak menaruh perhatian resan alias pola yang mutakadim suka-suka atau nan sudah lepas bersumber pola disko yang sudah ada, yaitu definisi bersumber…


a.



Tari tradisional


b.



Tari mutakhir


c.



Tari rakyat


d.



Tari kreasi




e.







Tari berbudaya


9.



Tari yang lahir tumbuh berkembang dalam satu masyarakat yang kemudian diturunkan atau diwariskan secara terus menerus dari generasi ke generasi, merupakan definisi bersumber…


a.



tari beradab

Baca juga :  Unsur Utama Yang Dibutuhkan Dalam Aktivitas Gerak Berirama Adalah


b.



tari mutakhir




c.







tari tradisional


d.



tari balet


e.



tari massal


10.



Sajian tari yang kuak hal atau cerita disebut…




a.







dramatari



b.



tari berdempetan


c.



tari massal


d.



tari partikular


e.



tari rakyat


11.



tari nan berpokok dari daerah jawa timur merupakan…


a.



tari jaipong


b.



tari kipas




c.







tari jathilan


d.



tari cendrawasih


e.



tari tifa


12.



tari yang terbit pecah distrik sumatera lor ialah…




a.







tari tor –tor


b.



tari serampang dua belas


c.



tari ngarojeng


d.



tari cakalele


e.



tari pendet


13.



yang merupakan alat angkut komunikasi kepada penonton ketika sedang membawkan peranannya disebut…


a.



buram


b.



musik




c.







tubuh


d.



jiwa


e.



gerak


14.



tari yang memvisualkan sesuatu dengan jelas protokoler disebut dengan istilah…


a.



tari bentuk


b.



tari derek




c.







tari representasional


d.



tari bertamadun


e.



tari kerja bakti


15.



yang
tak
termuat fungsi nada adalah…


a.



sebagai pengiring


b.



sebagai pemberi ide


c.



laksana musik




d.







umpama partisipasi


e.



ibarat pengatur tempo


16.



nan termasuk kedalam tari kontemporer yaitu..


a.



tari bedoyo


b.



tari tango


c.



tari pakarena


d.



tari hiphop


e.



tari ballet


17.





Spesifikasi ruang pertunjukan - proscenium.jpg


tari ondel-ondel merupakan disko individual dari negeri…


a.



jawa tengah


b.



jawa barat


c.



jawa timur




d.







DKI Jakarta


e.



Sumatera selatan


18.



Tari yospan yaitu tarian khas dari daerah…


a.



Palempang


b.



Padang


c.



Ponorogo


d.



Sunda




e.







Papua


19.



tari nan mengilustrasikan sesuatu dengan konotatif dan biasanya menggunakan gerak maknawi disebut dengan istilah…




a.







tari non representasional


b.



tari mutakhir


c.



tari modern


d.



tari penciptaan


e.



tari representasional


20.



nan teragendakan unsur pelengkap sajian tari adalah…


a.



proscenium, sinopsis, penyelenggaraan busana dan kostum, tat arias, medan pementasan, tata lampu




b.







tata bohlam, tata busana, tata suara, penyelenggaraan rias, tempat pertunjukan


c.



dekorasi, tata lampu, kostum, makeup


d.



tema, iringan, manajemen baju dan rias, tempat pentas, penyelenggaraan lampu


e.



pendopo, tema, gamelan, kostum


21.



Dibawah ini yakni jenis – jenis tari menurut koreografi, kecuali ….


a.



Tari rakyat


b.



Tari klasik


c.



Tari kreasi hijau




d.







Tari upacara


e.



Tari maju


22.



Kalau kita melihat tari yang ada di Indonesia,khususnya Jawa,kita dapat melihat perbedaan variasi-varietas tari yang ada.Akan halnya variasi tari menurut tema ataupun isinya adalah ….


a.



Tari pantonim, tari erotik, tari kepahlawanan, dan dramatari




b.







Tari upacara dan tari hiburan


c.



Tari pertunjukkan dan tari beradab


d.



Tari penemuan plonco dan tari rakyat


e.



Tari rakyat dan tari klasik



23.



Gambar tari di samping yaitu tari dari daerah ….


a.



Jawa Timur


b.



Bali


c.



Papua




d.







D:\FOTO\memori Blackberry NEW\sampah cantik\kostum\Pemeran+Asnah+menarikan+Topeng+Betawi.jpg




DKI Jakarta


e.



Maluku



24.



Gambar di sumber akar ini merupakan jenis tari ….




a.







Ballet


b.



Hip hop


c.



Break Dance


d.



Kolosal


e.



Dramatari



D:\FOTO\memori Blackberry NEW\sampah cantik\Georgia-Ballet.jpg








25.



Gambar tari di samping ini pecah berpangkal kewedanan ….


a.



Bali


b.



Jawa Perdua


c.



Palembang




d.







D:\FOTO\memori Blackberry NEW\sampah cantik\kostum\kstm klmntn.jpg




Kalimantan







e.



Aceh

Transendental soal seni budaya 2


1.



Tari nan lahir bertunas berkembang dalam suatu awam yang kemudian diturunkan atau diwariskan secara terus menerus dari generasi ke generasi, ialah definisi terbit…


a.



Tari berbudaya


b.



Tari kontemporer




c.







Tari tradisional


d.



Tari balet


e.



Tari missal


2.



Tari yang pengungkapannya enggak mengindahkan kebiasaan ataupun komplet yang telah suka-suka atau yang sudah lepas dari ideal tarian nan sudah ada, merupakan definisi berpunca…

Baca juga :  Carilah Contoh Iklan Media Cetak Dari Majalah Atau Koran


a.



Tari tradisional


b.



Tari kontemporer


c.



Tari rakyat


d.



Tari kreasi




e.







Tari modern


3.



Yang yakni sarana komunikasi kepada spektator ketika madya membawkan peranannya disebut…


a.



Buram


b.



Musik




c.







Tubuh


d.



Umur


e.



Gerak


4.





Spesifikasi ruang pertunjukan - proscenium.jpg


Tari ondel-ondel merupakan tarian tersendiri berpunca daerah…


a.



Jawa tengah


b.



Jawa barat


c.



Jawa timur




d.







DKI Jakarta



e.




Sumatera selatan


5.



Orang yang tukang dalam bidang seni disebut…


a.



Narasumber


b.



Motivator




c.







Seniman


d.



Penghasil


e.



Jurnalis


6.



Sosok yang memiliki keahlian menata tari disebut …


a.



Seniman


b.



Sutradara


c.



Kritikus




d.







Koreografer


e.



Arsitek


7.



Disko yang dilakukan oleh bilang orang dengan gerakan sinkron adalah …




a.







Tari massal


b.



Tari tunggal


c.



Tari klasik


d.



Tari kelompok


e.



Tari bersanding


8.



Persuasi ain yang terdapat pada tari bali disebut …


a.



Lirikan


b.



Plototan


c.



Perwatakan


d.



Ekspresi




e.







Sledetan


9.



Musik yang digunakan kerjakan mengiringi tari Indang, adalah
jenis musik
….


a.



Intern
d.

M
odern


b.





Eksternal






e.

K
lasik


c.



Tradisional


10.



Bagong Kusudiarjo adalah


pengambil inisiatif tari dari daerah ….


a.





Jawa Paruh




d. Sumatera


b.



Bali


e. Kalimantan


c.



Jawa Barat


11.




Mengamati suatu karya tari secara sungguh-sungguh pecah awal sampai akhir sehingga dapat menilai dan member penghargaan terhadap karya terseut disebut juga dengan ….


a.



Konsepsi
d.



A




presiasi


b.



Ekspresi
e.

K
oreografi


c.



I
majinasi


12.





Disamping ini merupakan joget dari daerah ….


a.



DKI Jakarta




b.







Sumatera Utara


c.



Kalimantan


d.



Jawa timur


e.



Bali


13.




Musi

k

yang biasa digunakan oleh pemerintah bagi mengiringi



Tari Saman menggunakan spesies musik …


a.





Internal




d.

M
odern


b.



Eksternal
e.

K
lasik


c.



Tradisional


14.



Tari yang
nilai pergaulan umtuk disampaikan ke penontonnya disebut ….


a.





So




s




ial






d.

S
piritual


b.



Etika dan pandangan spirit
e.

O
lah raga


c.



Estetika dan
tema tari


15.



Sari keindahan gerak kerumahtanggaan tari dapat dilihat sreg ….



a.




Kostum

d.



G


penat, ruang, hari, tenaga


b.



K
ecantikan penari
e.

B
erlari.


c.



T
ata


rias


16.



Gerakan mulai sejak seluruh anggota tubuh yang selaras dengan musik, dan diatur dengan irama yang sesuai dengan maksud dan harapan tertentu disebut…




a.







Seni tari


b.



Seni musik


c.



Seni teater


d.



Seni rupa


e.



Break dance


17.



Gerak jasmani secara beriram
a

yang dilakukan di ajang dan perian tertentu bakal keperluan rangkaian, mengekspos manah, maksud dan pikiran disebut dengan…


a.



Ritme


b.



Gerak tubuh


c.



Teater


d.



Senam




e.







Tari







18.



Y
ang ialah sarana komunikasi kepada pemirsa momen madya membawkan peranannya disebut…


a.



B
entuk


b.



I
rama




c.







Horizon




ubuh


d.



J
iwa


e.



G
erak


19



T
ari yang mencitrakan sesuatu dengan jelas biasa disebut dengan istilah…


a.



T
istal bentuk


b.



T
kandang kuda banjar




c.







T




ari representasional


d.



Cakrawala
ari maju


e.



T
hipodrom kerja bakti


20.



N
ari nan melukiskan sesuatu dengan simbolis dan biasanya menggunakan gerak maknawi disebut dengan istilah…




a.







T




istal non representasional


b.



Kaki langit
ari kontemporer


c.



T
ari modern


d.



T
ari rakitan


e.



T
ari representasional

Esensi Keindahan Dalam Tari Dapat Dilihat Pada

Source: http://shantysha.blogspot.com/2014/03/teori-seni-tari.html