Eropa Juga Dianggap Sebagai Benua Tersendiri Karena

Eropa Juga Dianggap Sebagai Benua Tersendiri Karena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eropa
Europe (orthographic projection).svg
Luas 10.180.000 km2
(3.930.000 sq kwetiau)
Pemukim 742, 5 juta (2013)
Negara 50 (dan 13 disengketakan) (daftar negara)
Dependensi

Daftar

  • Åland
  • Akrotiri dan Dhekelia
  • Faroe
  • Gibraltar
  • Guernsey
  • Pulau Man
  • Jersey
Negeri belum diakui

Daftar


  • Abkhazia

  • Kosovo

  • Siprus Utara

  • Ossetia Selatan
Bahasa Daftar bahasa
Zona musim UTC+0 sampai UTC+4
Kota besar Daftar area metropolis di Eropa

Peta dunia yang menunjukkan letak Eropa

Eropa
secara geologis dan geografis adalah sebuah semenanjung atau momongan benua (tanjung). Pemisahannya ibarat benua bertambah dikarenakan oleh perbedaan budaya. Batas utara adalah Samudra Arktik, di barat adalah Segara Atlantik, dan di selatan dibatasi oleh Laut Tengah. Batas timurnya masih belum jelas karena separasi kontinen ini sendiri diawali maka itu faktor kebudayaan. Batas yang sering dipakai sebagai sempadan tanah raya Eropa, dan Asia ialah Pegunungan Ural, dan Laut Kaspia.

Benua ini merupakan benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas 10.355.000 km² sementara itu bila dihitung dari populasinya, kontinen ini terletak di urutan ketiga dengan populasi terbanyak (di bawah Asia, dan Afrika) dengan 742,5 miliun umur pada perian 2013 atau setimbang dengan seperdelapan penghuni manjapada. Benua Eropa secara astronomis terwalak di 35° LU – 71° LU dan 11° BB – 66° BT.

Memori

[sunting
|
sunting perigi]

Eropa mempunyai memori kebudayaan, dan ekonomi yang panjang, dimulai terbit Palaeolitik. Penemuan terakhir di Monte Poggiolo, Italia, dari ribuan batuan buatan tangan yang ditanggal karbonium selama 800.000 masa lalu, menerimakan sebuah bukti penting.

Mulanya dari budaya demokratik dan individualistik Barat selalu kali dikatakan berasal berpangkal Yunani Historis, biarpun bilang pengaruh lainnya, seperti Kristen, sekali lagi masuk n kepunyaan andil atas penyiaran konsep seperti eglitarianisme, dan universalitas hukum.

Imperium Romawi membagi tanah raya sepanjang Rhine, dan Danube sepanjang beberapa abad. Mengajuk penurunan Kerajaan Romawi, Eropa mengalami pertambahan dari yang dikenal andai Zaman Migrasi. Periode tersebut dikenal sebagai Zaman Kegelapan sampai ke Renaisans. Sreg saat ini, komunitas monastik terisolasi di Irlandia, dan di beberapa tempat lain menjaga, dan mengumpulkan secara hati-hati siaran tertulis yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Renaisans dan Monarki Plonco menandakan mulainya periode rakitan, eksplorasi, dan peningkatan dalam kabar ilmiah. Plong abad ke-15 Portugal membuka awal penemuan, yang diikuti oleh Spanyol. Kemudian Prancis, Belanda, dan Britania Raya masuk bergabung dalam membangun kekaisaran kolonial samudra dengan kawasan kekuasaan yang luas di Afrika, Amerika, dan Asia.

Selepas masa reka cipta, konsep-konsep demokrasi mulai menemukan pengaruhnya di Eropa. Perjuangan-perjuangan lakukan memperoleh kemerdekaan muncul, terutama di Prancis pada waktu yang dikenal sebagai Revolusi Prancis. Ini mengakibatkan pergolakan yang besar di Eropa karena ide-ide yang reaksioner ini menyebar ke sepanjang benua. Kebangkitan demokrasi menyebabkan bertambahnya tekanan di Eropa selain tensi-tensi nan telah cak semau karena persaingan di Dunia Baru. Dari semuanya, konflik yang paling kecil terkenal adalah momen Napoleon Bonaparte merebut kekuasaan, dan membentuk Kekaisaran Prancis yang jatuh tak lama kemudian. Pasca- peristiwa-peristiwa ini, Eropa perlahan-lahan menjadi stabil, tetapi cerih-sisa dari konsep periode lama mutakadim mulai runtuh.

Sirkulasi Industri dimulai di Britania Raya puas akhir abad ke-18, yang menyebabkan pergeseran dari persawahan, kemakmuran rakyat yang semakin bertambah, dan pertumbuhan penduduk. Banyak negara di Eropa menemukan bentuknya seperti yang sekarang ini pasca-Perang Marcapada II. Sejak berakhirnya Perang Dunia II sebatas Perang Dingin, Eropa terbagi kepada dua blok politik, dan ekonomi utama: negara-negara komunis di Eropa Timur, dan negara-negara kapitalis di Eropa Barat. Sekitar tahun 1989, Blok Timur pecah bersamaan dengan jatuhnya Tembok Berlin.

Geografis

[sunting
|
sunting perigi]

Batas-batas politik dan geografi Eropa tidak selalu sama. Peta badan dan garis haluan ini menunjukkan Eropa dengan lingkupnya yang terjauh, mencapai hingga Pegunungan Ural.

Secara geografi Eropa yaitu bagian mulai sejak daratan yang lebih segara dikenal sebagai Eurasia. Benua ini mulai dari Pegunungan Ural di Rusia, yang menyantirkan batasan timur Eropa dengan Asia. Batasan tenggara dengan Asia bukan tergambarkan secara jelas. Paling umum yakni Wai Ural atau Sungai Emba. Batasan berlanjut dengan Laut Kaspia, dan kemudian Rangkaian gunung Kaukasus, atau Depresi Kuma-Manych, dan mengaras Laut Hitam; Bosporus, Laut Marmara, dan Dardanelles mengakhiri batasan Asia. Laut Mediterania di selatan menengahi Eropa dari Afrika. Batasan di bagian barat adalah Raksasa Atlantik.

Dempet seluruh negara-negara Eropa adalah anggota mulai sejak Konsil Eropa, dengan pengecualian Belarus, dan Geta Suci (Kota Vatikan).

Eropa memiliki perhimpunan negara-negara Eropa nan dikenal bak Teteh Eropa yang masa ini ini punya 27 negara anggota, dan masih terus berkembang.

Negara-negara merdeka

[sunting
|
sunting sumber]

map Eropa nan dapat diklik[1]
(legenda:

biru

= negara yang masuk baik Eropa maupun Asia;

hijau

= kadang-kadang dimasukkan ke n domestik Eropa, belaka secara geografis di luar tenggat Eropa)

Negara-negara merdeka berikut ini mempunyai wilayah kekuasaan di Eropa:

1
Kedaulatan Abkhazia, Kosovo, Ossetia Selatan, dan Siprus Utara tetapi diakui maka dari itu sebagian mungil negara di dunia.
2
Sebagian dari Azerbaijan, dan Georgia terwalak di Eropa dengan asal definisi batas antara Eropa, dan Asia, merupakan pucak Pegunungan Kaukasus.
3
Distrik Kazakhstan di Eropa terdiri berbunga bagian barat Batang air Ural, dan Emba.
4
Wilayah Rusia di barat Pegunungan Ural dianggap bagian dari Eropa.

Pembagian Wilayah

[sunting
|
sunting sumber]

  • Eropa Barat
  • Eropa Utara
  • Eropa Tengah
  • Eropa Daksina
  • Eropa Tenggara
  • Eropa Timur
  • Eropa Tanah raya

Keragaman hayati

[sunting
|
sunting sumber]

Binatang, dan tumbuhan Eropa habis dipengaruhi oleh keberadaan, dan kegiatan insan, karena mereka telah hidup berhimpit dengan publik bercocok tanam sepanjang ribuan tahun. Kecuali di Skandinavia, dan Rusia (dan hutan-rimba lindung), negeri nan belum terjamah hamba allah berat dijumpai di Eropa.


Delapan puluh hingga sembilan puluh persen Eropa dulunya adalah rimba. Hutan-hutan ini menyebar dari Laut Mediterania sampai Osean Arctic. Meskipun begitu hampir sekelumit wana awalnya mutakadim menghilang pasca- kolonisasi selama beratus-ratus. Sekarang ini Eropa masih mempunyai seperempat dari seluruh hutan dunia—alas spruce Skandinavia, jenggala pine nan luas di Russia, hutan hujan chestnut Kaukasus, dan jenggala oak cork di Mediterania. Sekarang ini penebangan alas sudah dihentikan, dan banyak pohon-pokok kayu ditanam. Negara dengan hutan terkecil adalah Irlandia (8%) sedangkan negara dengan wana terluas adalah Finlandia (72%).

Referensi

[sunting
|
sunting sendang]


  1. ^

    The map shows one of the most commonly accepted delineations of the geographical boundaries of Europe, as used by National Geographic and Encyclopaedia Britannica. Whether countries are considered in Europe or Asia can vary in sources, for example in the classification of the CIA World Factbook or that of the BBC.

Pranala luar

[sunting
|
sunting sumber]

  • (Inggris)
    Kar Eropa



Eropa Juga Dianggap Sebagai Benua Tersendiri Karena

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Eropa

Baca juga :  Terbentuknya Grand Canyon Di Amerika Serikat Karena