Dalam Pertunjukan Sendratari Ramayana Musik Berfungsi Sebagai

Dalam Pertunjukan Sendratari Ramayana Musik Berfungsi Sebagai



Advertisement

Siapa yang masih asing dengan narasi Ramayana? kisah akan halnya usaha Rama lakukan menyelamatkan Sinta yang diculik maka itu Rahwana.

Sendratari Ramayana yaitu sebuah pertunjukan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog yang mengangkat cerita Wiracerita Ramayana.

(Credit Image: travelingyuk.com)

Episode Adegan

Sejak tahun 1967, babak dalam Sendratari Ramayana telah dipadatkan menjadi empat setelah sebelumnya sejak hari 1961 mementaskan enam episode.

Pemadatan tersebut menyabarkan adegan Hanuman Duta dan Pembuatan Jembatan Berkiblat Alengka karena dirasa terbatas menimbulkan klimaks dan tidak menarik perhatian pemirsa.

Babak Adegan bisa dijabarkan seumpama berikut :


Babak I (Petangkilan)

Adegan: Rawana bersuara-cakap dengan Perdana Marica di Istana Alengka, dan memerintahkannya buat menggoda Rama, Sinta, serta Laksmana, dengan mengubah dirinya menjadi rusa. Keduanya berangkat dan tiba di hutan di medan Rama beserta rombongannya menetap selama mencari.


Babak II (Rama di n domestik pangan).

Adegan: Rama, Sita, dan Laksmana sedang bermain-main di sebuah taman, menginjak-tiba datang seekor kijang emas menggoda, lalu Sita meminta kepada Rama bakal menangkapnya.

Rama mengejar kijang itu, tetapi tidak lama kemudian dari kejauhan terdengar suara minor orang mempersunting tolong, maka Sita meminta Laksmana untuk kondusif Rama. Pertama Laksmana menolaknya, belaka karena dipaksa oleh Sita, dia pun menyusul Rama. Setelah Sita dalam kejadian sendirian di taman itu, Rawana unjuk privat wujud padri dan mengecoh Sita sehingga berhasil menculiknya.

Baca juga :  Kertas Yang Biasa Digunakan Dalam Menggambar Proyeksi Adalah

Kerumahtanggaan perjalanan ke Alengka, Sita mendapat bantuan berbunga Jatayu tetapi Rawana boleh mengalahkannya.


Bagian III (Rama berburu Sita)

Babak: Dalam pengelanaan, Rama dan Laksmana berbenturan dengan Jatayu yang memberitahu bahwa Sita diculik maka dari itu Rawana, baginda mulai sejak negeri Alengka.

Kemudian saat mereka melanjutkan avontur Rama berpatut Sugriwa yang medium bergelut dengan kakaknya yang bernama Bali. Rama membantu Sugriwa dan Bali bisa dibunuh. Sugriwa dengan semua bala tentaranya membantu Rama kerjakan mendapatkan Sita kembali.

Rama mengutus Hanoman ke Alengka buat berpadan Sita. Hanoman memasrahkan ring Rama kepada Sita, laksana merek bukti bahwa ia masih spirit dan akan hinggap menyusul ke Alengka. Setelah berbuntut bertumbuk dengan Sita, Hanoman membakar istana Alengka, dulu kembali menemui Rama.


Babak IV (Perang Rama dengan Rawana)

Adegan: Rama menginjak di Alengka dengan mengerahkan semua laskar tentara. Terjadilah peperangan sengit antara Rama dan Rawana dengan kekalahan suka-suka di pihak Rawana. Rama berhasil menangkap tangan Sita dan membawanya pulang ke Ayodya.

Rekaman

Menurut keabadian MPRS no 1/MPRS/1960 yang menyatakan “bahwa cak bagi membiayai pembangunan bestelan-order pemerintah, diperlukan sumber biaya yang terbit berusul sektor pariwisata”.

Maka berbunga itu, saat itu dicarilah daerah-daerah yang berpotensial kerjakan pesanan wisata. Maka Sendratari Ramayana dibuat sebagai tulang beragangan bagi menghidupkan sektor wisata nan ada.

Gerak, Pengelolaan Gaun dan Rias

Untuk operasi tari, Sendratari Ramayana mengacu pada karakteristik dari wayang wong, Bagi mode tarian pada awalnya mengadaptasi gaya tari Surakarta karena penata tari yang bermula dari Surakarta semata-mata kembali dikombinasikan dengan mode tari dari Yogyakarta.

Selanjutnya, sejak tampilnya penari muda dari Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Yogyakarta, pengaruh kecondongan Yogyakarta dan daerah lain pun masuk.

Baca juga :  Apa Yang Dimaksud Kontinuitas Dalam Senam Irama

Setakat momen ini di Jawa Tengah terletak tiga gaya sendratari, yaitu gaya Prambanan, gaya Surakarta dan tren Yogyakarta.

(Credit Image : travelingyuk.com)

Dalam situasi penyelenggaraan baju, Sendratari Ramayana masih mengacu pada Wayang patung Wong kecondongan Surakarta. Pengelolaan busana nya pula cenderung sederhana agar memberi keleluasaan dalam berputar.

Kain yang digunakan sebagian besar bermotif batik parang, selain sekali lagi ada motif menulis kawung.

Pemanfaatan motif batik tengkuluk masih mengacu pada predestinasi puri, motif parang rusak barong ki akbar buat pangeran, dan motif destar rusak gendreh sedang untuk ksatria halus, dan motif parang kemungkus klithik cak bagi para perempuan.

Sendratari Ramayana tak mempunyai resan tata rias yang banyak. Karena tata rias sendiri tidak berpengaruh sreg gerak  tari, gerak muka, dan mimik intern panggung terbuka berukuran besar, dimana pemirsa duduk jauh dan sulit meluluk mimik penandak secara detail. Tata hias umumnya kian berfungsi bakal pencitraan suatu tokoh.

Cara Menonton Sendratari Ramayana

(Image Credit : wikipedia.com)

Pertunjukan Ramayana ini boleh dilihat di Candi Prambanan atau di Gedung Trimurti puas pukul 19.30.

Ramayana Ballet Setiap Bulan November sampai dengan Rembulan April diadakan di Gedung Trimurti  Saban hari Selasa, Kamis dan Sabtu jam 19.30-21.30 . Selama Pandemi ini trial diadakan Saban hari Sabtu jam 19.30-21.30 di Gedung Trimurti

Bagi bulan Mei sebatas dengan Bulan Oktober diadakan di Panggung Melangah Setiap Hari Selasa, Kamis dan Sabtu jam 19.30-21.30 dan ada jadwal tambahan hari-periode tertentu.

Bakal Harga per-tiket nya mulai dari 150.000 sampai 300.00

Gimana? Terpukau bikin menonton?

Notulis: Adithia Risma Rara Putri, Universitas Brawijaya, Peserta Magang GenPinas 202

Advertisement

Dalam Pertunjukan Sendratari Ramayana Musik Berfungsi Sebagai

Source: https://genpi.id/sendratari-ramayana-pementasan-tari-dan-drama-kisah-ramayana/

Baca juga :  Ide Utama Yang Dibahas Dalam Suatu Bacaan Dinamakan