Contoh Fauna Indonesia Bagian Barat Adalah

Contoh Fauna Indonesia Bagian Barat Adalah

Dalam keanekaragaman hayati di Indonesia terbagi menjadi 3 bagian, yaitu kawasan Indonesia babak barat, wilayah Indonesia putaran perdua, dan wilayah Indonesia bagian timur. Model fauna Indonesia bagian barat mutakadim pasti farik dengan hewan yang berada di Indonesia bagian tengah alias di bagian timur. Fauna plong bagian barat menjurus bertakaran besar dan banyak ditemukan di benua Asia.

Padahal buat fauna yang fertil di perdua Indonesia biasa disebut bagaikan daerah peralihan antara tanah raya Asia dan benua Australia ataupun kawasan Wallacea yang terdiri atas pulau Sulawesi, Maluku, Halmahera, pulau kecil Nusa Tenggara dan Kepulauan Flores. Lega bagian wilayah Indonesia Timur jenis dabat yang suka-suka juga banyak ditemukan di benua Australia.

Kawasan Wallacea menjadi kawasan yang individual karena heterogenitas faunanya yang tidak bisa ditemukan di medan manapun di dunia. Sehingga fauna di sana menjadi endemik di bekas tersebut. Berikut ini adalah bilang contoh binatang Indonesia bagian tengah:

  1. Anoa

Anoa termasuk ke dalam binatang mamalia terbesar yang bisa ditemukan di pulau Sulawesi dan Pulau Buton. Banyak nan mengatakan takdirnya anoa mirip dengan kerbau namun berukuran kecil.

Anoa menjadi hewan endemik di Sulawesi yang  dilindungi dan kaya di kerumahtanggaan provinsi Hutan Lindung Desa Sangginora, Poso. Anoa seorang mempunyai 2 spesies yaitu anoa dataran rendah yang mempunyai postur jasmani kecil dan tanduk bundar, sementara itu anoa pegunungan bertubuh besar, berkaki ikhlas dan tanduk yang kasar.

  1. Babi menjangan

Sejemang secara fisik mirip dengan nangui pada umumnya, namun kartu ceki rusa memiliki semacam persneling saing yang jenjang dan melengkung. Meskipun n kepunyaan gigi anjing, babi kijang termasuk hewan predator biji kemaluan – buahan dan tumbuhan. Nangui kijang banyak ditemukan di hutan hujan tropis tepatnya di selingkung Sulawesi, Sula, Maluku, Pulau Togian dan Malenge.

Baca juga :  Banyak Kabel Bagian Dalam Kabel Utp Adalah
  1. Monyet Hitam

Monyet ini banyak ditemukan Sulawesi bagian paksina dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Ternyata monyet hitam mempunyai nama lain yaitu yaki ataupun cigak wolai. Yaki berbeda dengan jenis monyet pada umumnya, mereka mempunyai bulu bercat hitam di seluruh tubuhnya, terdapat jambul di atas kepala serta pantat yang berwarna merah jambu.

  1. Aswa Sumbawa

Kuda sumbawa termasuk kuda lokal Indonesia sehingga banyak ditemukan di Pulau Sumbawa dan Nusa Tenggara Barat. Secara fisik, ukuran kuda sumbawa lebih kerdil dibandingkan dengan diversifikasi kuda yang lain, berhidung dan congor besar, serta berekor strata dan berambut baplang. Momen ini kuda sumbawa tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat transportasi di Sumbawa hanya, namun pun dimanfaatkan susunya yang dikenal dengan nama buah dada kuda Sumbawa.

  1. Komodo

Komodo menjadi amung reptil yang masih eksis keberadaannya sejak zaman dinosaurus. Sehingga tidak heran jika komodo dikenal sebagai kadal terbesar di dunia. Komodo akan selalu berada di puncak makanan di habitatnya, sebab setakat sekarang tidak ada predator apapun yang dapat mengalahkan komodo. Komodo hanya dapat ditemukan di Pulau Komodo, Flores, Rinca, Gili Motang dan Gili Dasami yang keseluruhannya berada di Distrik Nusa Tenggara Timur.

  1. Katak pohon

Sesuai dengan namanya, bancet pokok kayu menjadikan pohon sebagai wadah tinggalnya. Rang katak ini sepan unik, ramping dan mengecil sreg bagian ekornya dengan tinggi awak menyentuh 50 mm setakat 80 mm. Mereka hidup intim dengan pemukiman dan hutan sekunder, di Indonesia sendiri katak pohon dapat ditemukan di Sulawesi, Lombok, Flores, Sumbawa, dan Sumba.

  1. Burung Gegep

Burung ini termasuk ke dalam kalam nan memiliki rambut sangat indah atau penis hias. Untuk bisa antuk dengan burung gegep, bisa menemuinya di hutan primer dan sekunder yang tinggi. Jenis burung kakaktua yang ada di Indonesia berwarna putih dengan jambul kuning di atas pemimpin. Sebatas detik ini populasinya kian melandai akibat penyergapan kerjakan dijadikan burung solek. Burung kakaktua banyak ditemukan di Sulawesi, Flores, Lombok, Sumba, Sumbawa, dan Maluku.

  1. Burung Maleo
Baca juga :  Jelaskan Fungsi Dari Garis Lintang Dan Garis Bujur Pada Peta

Bikin bisa melihat burung maleo, bisa menemukannya di Gorontalo dan Sulawesi Perdua. Burung ini mempunyai ciri awak yaitu rambut berwarna hitam, warna di sekitar mata kuning, kaki tepung-serbuk, dan pada sisi episode bawah terwalak bulu bercat merah taruna.

Yang spesifik dari burung maleo yaitu ketika yunior menetas, bayi zakar maleo sudah berpunya khawatir. Karena habitatnya sudah mulai terancam, tidak heran jika populasinya bertambah menyusut. Sebaiknya zakar maleo dilindungi agar bukan punah.

  1. Iwak Banggai

Indonesia punya iwak nan belaka boleh ditemukan di perairan Indonesia yaitu ikan banggai. Ikan banggai termasuk ke intern keluarga
cardinalfish. Sesuai namanya, ikan ini pertama bisa jadi ditemukan di Gugusan pulau Banggai, Sulawesi Tengah.

Tinggi iwak banggai hanya mencapai 8 cm, spirit di perairan dangkal yang penuh dengan terumbu karang, daerah mendelongop nan berpasir setakat padang lamun. Banyak orang menjadikan lauk ini sebagai ikan laut hias. Jumlah lauk ini yang tidak banyak seprti ikan lainnya, patut bikin dijaga dan dilestarikan.

  1. Kupu-Kupu
    Troides helena

Rama-rama
Troides helena
ini termasuk spesies rama-rama besar maupun Common Birdwing. Bentangan sayap kupu-kupu
Troides helena
bisa hingga ke 13 hingga 17 cm. Pada sayap dan tubuhnya rona gelap dan sayap bagian radiks bercat kuning dengan bintik hitam. Karena sayapnya lewat indah dan besar, tak heran kupu-kupu ini banyak diperjualbelikan dan harganya cukup mahal di pasar gelap. Kupu-kupu
Troides helena
dapat ditemukan di Sahang, Sumbawa, Sulawesi dan Natuna.

  1. Andaka

Banteng masih mempunyai kekerabatan dengan sapi. Banteng boleh memiliki tahapan sebatas 1,6 m dan panjangnya 2,3 m dengan warna indra peraba biru kehitaman atau coklat gelap kerjakan andaka bagak dan coklat kemerahan cak bagi banteng betina. Di Indonesia persebaran andaka dapat ditemukan di Sulawesi Kidul, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Sulawesi berat, dan Sulawesi Paruh.

Baca juga :  Contoh Soal Kuadran 1 2 3 4

Itulah tadi bilang contoh fauna Indonesia bagian tengah. Sebagian segara semenjak fauna tersebut sudah terancam keberadaannya sehingga mesti upaya penyelamatan agar populasinya selalu tetap terjaga dan lain punah di kemudian hari dan itu menjadi bahara jawab kita semua. Mudah-mudahan laporan di atas boleh bermanfaat kerjakan kalian.

Contoh Fauna Indonesia Bagian Barat Adalah

Source: https://ilmugeografi.com/biogeografi/contoh-fauna-indonesia-bagian-tengah