Berikut Ini Merupakan Gaya Dalam Renang Kecuali

Berikut Ini Merupakan Gaya Dalam Renang Kecuali

Kamis, 25 Maret 2021 | 10:28 WIB

Gerak pangkal renang gaya dada
(Pixabay)

Bobo.id –
Siapa di sini yang suka olahraga renang? Seandainya ya, gaya segala yang paling sering kamu gunakan?

Saat renang ada beberapa gaya yang dapat kita bakal, pelecok satunya adalah gaya dada.

Yuk, cari tahu gerak radiks renang gaya dada! Hanya, sebelum itu kita ketahui kelebihan berenang dahulu, ya.

Baca Juga: Gerak Dasar Renang Gaya Punggung: Usaha Meluncur, Gerakan Kaki, Gerakan Lengan, dan Pengutipan Napas

Manfaat Berenang

– Detik berenang, semua otot akan bekerja.

– Raga akan kian sehat dan fit.

– Kependekaran meningkat.

– Bisa mengurangi ketegangan ki akal. Berolahraga air dengan kedalaman setakat pinggang mengurangi ketegangan sentral 50%.

Seandainya kedalaman air sampai dada, kegentingan sendi berkurang 75%.

– Berjasa juga buat penanggung remai sendi.

– Baik dan dianjurkan untuk penderita asma dan jantung.

Baca Juga: Inilah Aneh-aneh Teknik Dasar Akting Teater, Cak semau Latihan Olah Suara


Page 2

Pexels

Gerak dasar renang gaya punggung.

Bobo.id –
Cak semau banyak gaya nan bisa kita gunakan saat berenang, salah satunya adalah gaya jejak kaki.

Bagaimana kaidah mengamalkan renang mode jejak kaki?

Untuk mengetahuinya, simak penjelasan tentang gerak dasar renang kecenderungan punggung berikut ini, ya!

Baca Kembali: Gerak Bawah Renang Kecondongan Dada: Gerakan Meluncur, Aksi Suku, Gerakan Lengan, dan Pemungutan Napas

1. Manuver Meluncur

Persuasi menjulur sebagai galakan awal detik berenang.

Dalam renang tendensi punggung, meluncur melatih jasad mengapung dengan posisi telentang.

2. Gerakan Kaki

Pada renang gaya punggung, propaganda kaki seperti mana renang gaya objektif. Akan belaka, posisi tubuhnya telentang.

Gerakan kaki akan menjadi sumur sentral dorong. Ketika kaki dihentakkan, badan akan terpaut ke depan.

Latihan gerakan kaki dapat dilakukan secara mandiri, dengan bantuan orang lain, alias gawang pembelajaran (kicking board).

Baca Juga: Larinya Secepat Kilauan, Inilah Bani adam-Manusia Tercepat di Dunia


Denotasi Renang
– Salah satu simpang latihan jasmani populer di Indonesia adalah renang. Bikin orang yan
g tinggal dipedesaan olahraga ini boleh dilakukan di kali besar, danau, atau perbatasan laut. Sedangkan di perkotaan gerak badan ini resmi dilakukan di bendungan renang yang dibuat khusus.

Renang yang lumrah dilakukan sebagai hobi, latihan jasmani rutin maupun refreshing semata, dalam dunia profesional bosor makan dipertandingkan intern berbagai rupa kejuaraan resmi.

Nomor-nomor gaya renang nan diperlombakan meliputi renang mode nonblok, kupu-kupu, dada dan renang gaya punggung menutupi jarak 50 meter -1500 meter.



Pengertian Renang

pxhere.com

Konotasi renang yaitu aktivitas menggerakan, mengapungkan maupun menggotong seluruh putaran tubuh ke atas satah air dengan menggerakan kaki ataupun lengan.

Dalam wiktionary bahasa Inggris, definisi renang adalah “The activity of moving oneself through water using one’s arms and legs while buoyed up by the water, carried out by humans for amusement, exercise, sport or entertainment”.

atau jika diartikan kedalam bahasa Indonesia renang artinya adalah aktivitas menggerakan diri melalui air menggunakan lengan dan tungkai sambil ditopang, renang dilakukan manusia bakal kepelesiran, cak bimbingan, olahraga atau hiburan.



Konotasi Renang Menurut Para Ahli


  • Menurut Ama Abdoelah (1981), Pengertian renang ialah suatu jenis olahraga nan dilakukan di air, baik di air mansukh maupun air asin atau laut.

  • Menurut Budiningsih (2010), Renang adalah salah satu latihan jasmani air yang dilakukan dengan memotori badan di air, seperti menggunakan kaki dan tangan sehingga awak terapung di permukaan air.

Sejarah Renang

lesrenangbandung.com

Renang telah dikenal sejak berabad-abad yang adv amat, bahkan sebelum khalayak mengenal goresan. Temuan lukisan mengenai perenang pada sebuah dinding batu di kerumahtanggaan gua ialah bukti adanya aktivitas berenang di zaman dulu.

Sebagai sebuah cabang olahraga, renang tiba dikenal plong abad ke-19 di London, Inggris. Pada masa 1837, hanya ada enam buah kolam renang di kota. Sejak itu, renang semakin populer. Bahkan, sreg hari 1869, muncullah beberapa asosiasi latihan jasmani renang.

Renang kemudian semakin dikenal bumi sehingga pada tahun 1896, renang resmi menjadi pelecok satu cagak olahraga nan dipertandingkan di Olimpiade berbudaya yang diselenggarakan di Athena, Yunani.

Baca juga :  Berikut Merupakan Persyaratan Menjadi Wirausaha Yang Berhasil Kecuali

Di Indonesia, kepopuleran renang diawali di Kota Bandung, yakni dengan dibangunnya balong renang Cihampelas puas waktu 1904. Setelah itu, empang renang pun dibangun di beberapa daerah tingkat besar di Indonesia, seperti Jakarta dan Surabaya.

Urut-urutan olahraga renang di Indonesia selanjutnya ditandai dengan lahirnya beraneka macam perkumpulan renang, seperti Bandungsche Zwembond ataupun Sekolah tinggi Renang Bandung plong tahun 1917. Organisasi ini membawahi tujuh perkumpulan renang.

Bandungsche Zwembond rupanya menginspirasi terbentuknya perkumpulan serupa di tingkat yang lebih tahapan. Di Jawa Barat, ada West Java Zwembond yang lahir pada tahun 1918, sementara di Jawa Timur didirikan Oost Java Zwembond pada periode 1927.

Berdirinya perkumpulan renang tersebut membuahkan hasil. Di ajang Far Eastern Games (Olimpiade Timur Jauh) yang diselenggarakan sreg tahun 1934 di Manila, Filipina, dua orang peloncat indah berusul Hindia Belanda sukses mengukir penampilan sebagai juara pertama dan kedua.

Teknik Dasar Renang

pxhere.com

Ada banyak mode berenang yang dikenal momen ini. Akan hanya, sebelum mempelajari berbagai spesies gaya berengang, terserah bilang teknik dasar yang perlu Beliau kuasai, yaitu pernapasan, mengapung, dan meluncur.



1. Teknik Asimilasi


Kemampuan mengatur napas yakni rahasia keberhasilan sendiri perenang. Untuk melatihnya, berdirilah di tepi kolam dengan kurang dan wajah berada di atas permukaan air. Tarik berasimilasi melangkahi mulut, tahanlah sejauh beberapa saat. Masukkan kepala ke dalam air, lalu embuskan berasimilasi melaui cingur.

Cak bimbingan pernapasan ini sebaiknya Engkau buat sebanyak 10 hingga 15 kali setiap radu melakukan gerakan atau latihan. Ulangi kursus tersebut secara rutin sampai Anda menemukan irama sendiri.





2. Teknik Mengapung


Kunci bakal sparing mengapung atau mengambang adalah tubuh harus rileks dan enggak panik. Cak semau dua posisi mengapung nan mesti Anda kuasai, yaitu mengambang kerumahtanggaan posisi telentang dan mengambang tegak.

Cak bagi mengapung telentang, berdirilah dengan tungkai menginjak dasar bendungan dan kepala menghadap ke atas. Pegang tepi kolam, tarik badan ke belakang secara perlahan dengan posisi tangan lurus sampai alat pendengar terendam air. Untuk 10–15 mungkin setakat Anda menemukan posisi sepadan yang pas.

Teknik mengapung takut dilakukan dengan menyelam ke dalam air sederum tangan tetap saling memegang pada selokan kolam. Tarik napas kerumahtanggaan-kerumahtanggaan dan resistan, terlampau dorong jasad Anda menjauhi kolam sambil menggerakkan kaki seperti momen berenang tren dada dan tangan seperti mana mandung mengepakkan sayap.



3. Teknik Meluncur


Meluncur ialah menggerakkan tubuh secara horizontal di pangkal parasan air. Untuk melakukannya, turunlah ke kolam nan dangkal dan berdirilah dengan membelakangi dinding empang. Tempelkan salah satu telapak tungkai ke dinding comberan kolam dengan deriji-deriji ke arah asal bagaikan tolakan untuk meluncur.

Doronglah badan memperalat kaki tersebut dan meluncurlah sepanjang siapa dengan kedua tangan verbatim sejajar ke sisi depan. Usahakan moga posisi kepala ikut ke dalam air sehingga telinga ekuivalen dengan lengan. Lakukan latihan ini sebanyak 10 hingga 15 barangkali sebatas Anda menemukan keseimbangan.

Macam Varietas Tren Renang

pxhere.com

Berenang bisa dilakukan dengan beberapa macam gaya, di antaranya gaya katak, gaya dada, gaya bebas, dan kecenderungan rama-rama. Seperti apa dan bagaimana cara berenang dengan tren-gaya tersebut? Berikut ini penjelasan adapun gaya berenang menurut Federasi Renang Jagat.



1. Gaya Katak (Mode Dada)


Gaya berenang nan satu ini dinamakan kecenderungan bongkok karena gerakannya persis seperti gerakan berudu momen berenang. Kecenderungan bongkok atau gaya dada ialah gaya berenang yang suntuk populer cak bagi renang rekreasi, tetapi juga sering digunakan oleh para ahli olahraga dalam adu cepat.



Dalam gaya dada, bodi diposisikan secara stabil seperti merangkak di permukaan air, dikombinasikan dengan manuver kaki dan tangan. Tangan dan kaki berada di dalam air, sedangkan kepala digerakkan jongkat-jangkit mulai sejak dalam ke permukaan air sehingga Sira dapat meluluk ke depan saat berenang.

Lamun sama-sama menghadap ke arah permukaan air, gaya katak berlainan dengan gaya bebas. Puas gaya kangkung, tubuh comar dalam kejadian tetap. Bernapas dapat Anda untuk detik mulut sedang makmur di atas permukaan air dalam waktu lama.

Tungkai dan tangan digerakkan secara cak keramik. Lega detik kaki bergerak menyepak ke arah luar, kedua belah tangan diposisikan lurus ke depan. Sebaliknya, kapan kaki dalam posisi lurus, kedua tangan digerakkan seperti sedang membelah air sehingga badan tertarik ke arah depan.



2. Gaya Objektif


Sesuai namanya, gaya objektif tidak terjerat pada teknik atau adat dasar tertentu. Dibandingkan gaya berenang lainnya, kecenderungan bebas akan membuat tubuh Anda melaju lebih cepat karena dapat dilakukan dengan beraneka perbuatan gerakan internal berenang.

Gaya bebas ini sering dilakukan baik oleh para pemula maupun perenang profesional. Renang gaya bebas dilakukan dengan menelungkup, adalah posisi badan dan wajah menghadap permukaan air, terlampau tungkai dan tangan berputar cak bagi menarik dan menendang air.

Tangan digerakkan bergantian dengan operasi sama dengan mengayuh, sedangkan kaki digerakkan ke atas dan ke bawah. Untuk mengambil napas, Anda dapat menoleh ke arah kanan atau kiri di atas permukaan air. Lakukan saat lengan digerakkan keluar dari air sehingga posisi tubuh menjadi mengot.

Baca juga :  Definisi Masalah Sosial Menurut Soerjono Soekanto





3. Gaya Punggung


Gaya ini dinamakan gaya punggung karena posisi punggung menghadap ke permukaan air ataupun tubuh telentang. Posisi ini memuluskan Beliau untuk bernapas dan mencelang, sekadar berat menentukan sisi persuasi awak.

Gaya punggung merupakan gaya renang tertua setelah gaya bebas dan diperlombakan pertama kali di Olimpiade Paris lega tahun 1900. Gaya jejak kaki tidak diawali dari atas balok start, tetapi berpunca dalam kolam dengan tangan saling memegang, lutut ditekuk, dan telapak kaki bertumpu ke dinding bendungan.

Pada mode punggung, kaki mengalir lebih aktif ke jihat atas dan pergelangan kaki harus dijaga hendaknya selalu variabel, tidak kaku. Gerakan tangan pada kecenderungan punggung hampir begitu juga gaya bebas, yaitu digerakkan menuju pinggang seperti sedang mengayuh.



4. Gaya Kupu-kupu


Gaya rama-rama diciptakan pada tahun 1933 dan merupakan hasil pengembangan berasal gaya dada. Gaya renang paling baru ini tertulis cukup selit belit dipelajari. Selain itu, untuk berenang dengan gaya kupu-kupu, Anda harus n kepunyaan tenaga yang cukup kuat.

Pada gaya rama-rama, kedua lengan bergerak bersamaan dengan cara menghampar, habis mengepak lakukan mancawas ke depan. Kampanye menyerupai gerakan sayap kupu-kupu ini membutuhkan tenaga segara dan koordinasi yang baik.

Gaya kupu-kupu camar disebut kembali tren sikudomba. Posisi badan harus menjurus ke arah permukaan air, tinggal kedua lengan ditekan ke bawah secara bersamaan, dahulu digerakkan ke sisi luar sebelum diayunkan ke depan.

Sementara itu, kedua kaki menerjang ke atas dan ke asal secara bersamaan, seprti propaganda sirip babi duyung. Respirasi dilakukan melintasi congor pada saat kepala berada di asing air. Sebelum kepala muncul ke permukaan air, peledak diembuskan secara lestari berusul hidung dan mulut.



Sarana dan Prasarana Olah tubuh Renang

pxhere.com

Kegiatan renang, baik saat Anda hijau sparing, laksana rekreasi, ataupun ketika mengikuti tanding, membutuhkan sejumlah peralatan sebagai berikut.



1. Pakaian Renang


Pakaian renang terlazim digunakan baik oleh para pemula saat sparing renang maupun para atlet ketika berlomba.



2. Pelampung


Ranggung terserah yang berbentuk papan, ada juga yang bentuknya sama dengan ban. Fungsi kayu pelampung ialah untuk sparing merayap di atas air, sedangkan pelampung berbentuk lin bermanfaat untuk berlatih mengambang.



3. Ki perspektif Renang


Sudut renang berfungsi buat mencagar indra penglihatan Anda agar tidak terkena air ketika berenang.

Sementara itu, bakal perlombaan berenang, sarana dan infrastruktur nan disiapkan harus memenuhi kadar internasional sebagai berikut.



4. Kolam Renang


Kolam renang untuk perlombaan harus memiliki jenjang 50 meter untuk lintasan panjang dan 25 meter untuk penyeberangan pendek. Adapun kedalaman kolam renang adalah 1,35 meter, mulai 1 meter pertama hingga minimal 0,6 meter berasal dinding empang yang dilengkapi balok start.



5. Penyeberangan


Setiap lintasan kolam renang memiliki gempal minimal 2,5 meter dengan jarak siring seputar 0,2 meter di luar lintasan pertama dan keladak. Pelintasan dibatasi oleh lembar yang panjangnya sebagaimana panjang lintasan dan terbuat bermula pelampung berukuran mungil yang diikat plong seutas tali.

Guntang plong lungsin lintasan dapat berputar takdirnya terkena gelombang dan memiliki warna farik sesuai nomor lintasan. Pelampung berwarna yunior digunakan untuk pelintasan nomor 1 dan 8, biru untuk lintasan nomor 2,3, 6, dan 7, sedangkan dandan asfar dipakai untuk lintasan 4 dan 5.





6. Pecatat Waktu


Plong sayembara renang berskala internasional, digunakan kayu singgung cak bagi mengingat-ingat waktu secara kodrati nan diletakkan di kedua jihat kolam renang. Perenang harus menyentuh papan nan memiliki ketebalan 1 cm tersebut ketika berbalik dan saat menjejak finish.



7. Balok Start


Balok berangkat adalah kancah perenang bersiap memulai pertandingan dengan ukuran 0,5 x 0,5 meter dengan tinggi antara 0,5 setakat 0,75 meter dari permukaan air. Bagian atas balok dilapisi bahan anti-licin untuk mencegah perenang terpeleset dan memiliki kemiringan tidak kian bersumber 10 derajat.

Balok ini dilengkapi pengeras suara minor bikin membunyikan tembakan beceng sebagai tanda perlombaan dimulai. Selain itu, balok start kembali memiliki sensor waktu cak bagi mencatat perian detik perenang tiba meloncat bermula balok.

Peraturan Renang

pxhere.com

Dalam sebuah kompetisi renang, terdapat aturan-resan nan wajib ditaati para perenang dan kalau dilanggar, perenang yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi. Peraturan renang yang berlaku saat ini ialah sebagai berikut.

  • Saat perlombaan akan dimulai, wasit menginjak meniup peluit panjang perumpamaan aba-aba bikin para perenang lakukan mendaki ke balok mulai (untuk gaya dada, bebas, dan kupu-kupu) atau bersiap di n domestik air dengan badan mendatangi dinding kolam (kerjakan gaya telapak).
  • Perenang harus berada dalam posisi start setelah wasit start menerimakan aba-aba “siap”. Start dianggap tak konvensional jika suka-suka murid nan melompat lebih dahulu sebelum terserah aba-aba.
  • Posisi start bakal nomor renang nan dimulai dari atas balok start adalah badan membengkok kea rah air dengan lutut sedikit ditekuk. Untuk gaya bekas kaki, perenang memegang pencahanan besi plong balok menginjak dan kaki bertumpu pada dinding tebat dengan lutut ditekuk di antara dua lengan.


  • Perenang boleh mulai melompat detik pistol start sudah ditembakkan.
  • Perenang harus tetap berada pada lintasannya sendirisendiri sesuai hasil undian atau keputusan panitia lomba.
  • Perenang enggak boleh mengganggu peserta bukan dengan pendirian menyusup penyeberangan atau cara tak nan menyebabkan pelanggaran.
  • Seandainya pengingkaran mengancam kesempatan seorang peserta untuk menang, ketua perlombaan berkuasa lakukan mengizinkan siswa tersebut mengimak lomba kembali pada adegan berikutnya.
  • Bagi semua nomor pertandingan, perenang harus menyentuh ujung empang saat berbalik. Pemutarbalikan harus dilakukan dari dinding dan perenang tak dapat cekut persiapan semenjak dasar kolam.
  • Redup di radiks kolam ketika perlombaan berlantas enggak akan menyebabkan peserta mengalami diskualifikasi, kecuali jika berjalan.
  • Peserta yang berenang sendiri tetapi harus tanggulang seluruh jarak renangnya lebih suntuk sebelum dinyatakan berjaya.
  • Lakukan adu renang estafet, belai gayanya merupakan gaya punggung, gaya dada, tren kupu-kupu, terlampau gaya independen.
  • Puas tanding renang lari estafet, sebuah regu bisa didiskualifikasi kalau ada perenang yang kakinya copot dari tempat start sebelum pesuluh terdepan menyentung dinding tambak, kecuali jika perenang yang melakukan kesalahan tersebut kembali ke tempat start atau cukup lega dinding.
  • Setiap pesuluh lomba renang harus menyelesaikan perlombaan di lintasan yang sama.
Baca juga :  Gitar Listrik Organ Akordeon Merupakan Alat Musik

Nomor Kejuaraan Renang

pasberita.com

Tanding renang terdiri bermula beberapa nomor perlombaan yang ditentukan berdasarkan jarak tempuh dan jenis kelamin. Bagi adu renang di bekas olimpiade, nomor renang putra dan putri terdiri mulai sejak:

  • Mode bebas : 50 m, 100 cm, 200 m, 400 m, 800 m (putri), 1.500 m (putra)
  • Tren kupu-kupu : 100 m, 200 m


  • Tren bekas kaki : 50 m, 100 m, 200 m
  • Gaya dada : 100 m, 200 m
  • Tren ubah perorangan : 100 m, 200 m, 400 m
  • Mode ganti lari estafet : 4 x 100 m
  • Mode adil estafet : 4 x 100 m, 4 x 200 m
  • Maraton : 10 km.

Manfaat Renang

pxhere.com

Aktivitas berenang bisa dilakukan bagaikan kegiatan rekreasi, hobi, atau olah tubuh. Jika dilakukan secara rutin, berenang akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh, baik secara fisik maupun psikis. Berikut ini adalah bilang fungsi nan dapat Dia peroleh dengan berenang.



1. Menghilangkan Stres


Selain meningkatkan energi jasad, berenang membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Enggak heran jika banyak khalayak yang merasa lebih leha-leha dan terbebas berasal rasa stres dengan berenang.



2. Meningkatkan Stamina Tubuh


Berenang secara rutin akan membuat stamina awak meningkat dan daya tahan jantung pun menjadi lebih baik. Selain itu, sosok yang belalah berenang lebih mudah sembuh saat mengalami cedera urat. Jika Engkau merasa sering mudah lelah, cobalah berenang untuk kontributif membetulkan stamina tubuh.



3. Meringankan Lindu dan Nyeri


Aktivitas berenang membuat enggak takhlik jaringan ikat n domestik fisik menjadi tegang sehingga olahraga ini lewat baik dilakukan oleh orang nan mempunyai keterbatasan badan. Berenang juga berguna untuk melonggarkan sakit dan nyeri pada penderita linu punggung kronis, artritis, dan lapuk tulang.



4. Baik bikin Ibu Hamil


Renang ialah salah satu variasi sport nan dapat dilakukan, terlebih disarankan untuk ibu hamil, sepanjang kehamilannya sehat dan baku. Berenang membuat otot kandungan dan otot bahu ibu hamil menjadi kuat serta meredam emosi ngilu kiat.



Selain bagi ibu, berenang juga baik bikin kesehatan fetus. Hasil investigasi nan dilakukan makanya Melpomene Institute of Minneapolis juga membuktikan bahwa wanita hamil yang rutin berenang memiliki risiko kelulusan yang lebih sedikit.



5. Baik kerjakan Penderita Kanker Payudara


Menurut para ahli medis, berenang lalu bermanfaat untuk menguatkan sekali lagi otot-otot yang lumer pada pengidap tumor ganas payudara nan telah menjalani operasi. Semata-mata, sebelum memutuskan rutin berenang, pasien puru ajal payudara harus berkonsultasi kian dahulu dengan dokter.



6. Mencegah Obesitas


Jika Dia adalah penderita obesitas dan kepingin mengedrop berat tubuh, cobalah untuk berenang secara rutin. Gerakan renang membuat intim seluruh penggalan jasad bekerja sehingga jumlah kalori yang dibakar sangat lautan. Berenang sejauh 1 jam dapat membakar 800–900 kalori.



7. Sarana Berlaku dan Rekreasi


Hampir semua anak dan balita sangat menaksir permainan air. Karena itu, tebat renang dapat menjadi sarana main-main, rekreasi, dan belajar anak. Selain menyehatkan, berenang bisa merangsang persuasi motorik anak, urat anak akan berkembang, tubuhnya elastis, dan pertumbuhan badan meningkat.



8. Menghilangkan Rasa Takut terhadap Air


Berenang dapat menjadi terapi bikin Ia yang memiliki rasa takut (fobia) terhadap air. Bagi pergi rasa remang pada air, ada baiknya takdirnya insan gaek membiasakan anaknya bermain air dan berenang sejak bayi.

Berenang adv amat baik untuk mengoptimalkan sikap-sikap positif kerumahtanggaan diri seseorang. Orang yang rutin berenang pada umumnya mempunyai kepahlawanan, rasa percaya diri, dan otonomi yang tinggi.



10. Meningkatkan Kemampuan Sosial


Berenang bersama teman sekolah atau rekan kerja dapat menumbuhkan rasa solidaritas, juga meningkatkan kemampuan beradaptasi dan bersosialisasi dengan anak adam tak.



Demikianlah ulasan mengenai pengertian renang dan keadaan-keadaan penting lain sekitar aktivitas latihan jasmani renang. Olahraga ini memang hendaknya dilakukan sejak mungil agar urat menjadi terlatih, tetapi tidak cak semau pembukaan terlambat untuk membiasakan berenang, supaya hayat Sira sudah layak dewasa.

Berikut Ini Merupakan Gaya Dalam Renang Kecuali

Source: https://berikutyang.com/tuliskan-hal-hal-gerakan-lanjutan-setelah-melakukan-start-renang-dalam-nomor-gaya-bebas