Beragam Kecantikan Fatimah Az Zahra, Putri Kesayangan Rasulullah Yang Patut Untuk di Teladani

oleh -2 views

Bagi kaum muslimin, tokoh yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Fatimah Az Zahra adalah putri kesayangan Rasulullah SAW yang lembut dan baik hati serta cerdas. Ia adalah perempuan cantik dari anak kandung Rasulullah SAW dengan istrinya yaitu Khadijah binti Khuwaid, Fatimah Az Zahra. Kecantikan Fatimah Az Zahra bukan hanya soal fisik saja, namun juga cantik hatinya. 

Ada banyak kecantikan lainnya terlebih dalam sikapnya. Apa saja itu? Berikut ini adalah beragam kecantikan Fatimah Az Zahra yang harus kamu ketahui dan Teladani 

1. Kisah Masa Kecil

Fatimah Azzahra Lahir pada 20 Jumadil Akhir, yaitu sejak ayahnya belum diangkat sebagai Rasullulah. Saat Khadijah mengandung, Rasulullah sedang melakukan perjalanan jauh selama 40 hari untuk berdakwah. Lalu setelah umur 5 Tahun, Khadijah wafat. Pada usianya yang baru 5 tahun tersebut, Fatimah sudah dirundung masalah yang begitu berat. Beliau sering dicaci oleh kaum Quraisy. Namun, hal tersebut membuatnya menjadi wanita yang tangguh dan berani.

2. Kecantikan Fatimah Az Zahra Meliputi Akhlaknya

Fatimah Az – Zahra adalah Puteri Rasulullah paling cantik akhlaknya. Beliau selalu mengutamakan kepentingan bersama daripada pribadi, dan dermawan. Beliau sangat rajin dalam bersedekah dan selalu terbuka kepada siapa pun yang membutuhkan pertolongannya. 

Dahulu, beliau pernah kedatangan tamu seseorang yang sudah tua ke rumahnya. Orang tersebut menjelaskan bahwa dirinya kelaparan dan tidak memiliki baju. Pada saat itu juga Fatimah langsung memberikannya makan dan baju. Padahal beliau sendiri sudah tidak makan selama 3 hari.

3. Kecantikan Fatimah Az Zahra dan Julukannya

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Abdillah, diriwayatkan bahwa Fatimah memiliki 9 nama julukan yaitu Fatimah, ash-Shiddiqah (wanita yang terpercaya), al-Mubarakah (wanita yang selalu kelimpahan berkah), ath-Thahirah (wanita yang suci), az-Zakiyyah (wanita yang senantiasa menjaga kesucian), ar-Radhiyyah (ridha atas apa saja yang telah ditetapkan), al-Mardhiyyah (orang yang diridhai), al-Muhaditsah (wanita yang menggunakan kata yang cermat), dan az-Zahra (yang berkilauan). Julukan – julukan tersebut adalah julukan yang patut untuk kita teladani.

4. Kisah Cintanya dengan Ali bin Abi Thalib

Mereka adalah dua sejoli yang memiliki kisah sangat romantis. Dikisahkan mereka memang telah lama memendam rasa satu sama lain sebelum pada akhirnya dipersatukan oleh Allah SWT. Kisah cinta mereka berdua patut untuk dijadikan tauladan bagi pasangan suami istri zaman sekarang. 

Baca juga :  10 Rekomendasi Bedak Padat Terbaik Saat Ini

Pasalnya, mereka berdua adalah pasangan yang mengarungi rumah tangga dengan berlandaskan kasih sayang dan berjuang bersama – sama dalam menghadapi kesulitan yang ada, yang mana hal tersebut juga sedang menjadi problematika bagi banyak pasangan.

5. Bentuk Kasih Sayang Kepada Ayah

Bukan hanya sampai disitu saja, bentuk kecantikan Fatimah Az Zahra juga ditunjukkan oleh akhlak beliau kepada Ayahnya. Sejak kepergian Ibundanya, Fatimah lah yang mengganti kan peran dari Khadijah binti Khuwaid. Bahkan, karena saking dekatnya beliau dengan Ayahnya, ada yang memanggilnya dengan sebutan ‘ummu Abiha’ yang berarti Ibu dari Ayahnya. 

Salah satu bentuk kasih sayang Fatimah terhadap Ayahnya adalah ketika Ayahnya sujud di Ka’bah, lalu datang kaum Quraisy yang melempari Rasulullah SAW dengan kotoran unta. Lalu, Fatimah membersihkannya dengan sabar serta memarahi kaum Quraisy atas perbuatan kejinya tersebut. 

Itulah beragam kecantikan Fatimah Az Zahra yang patut untuk kita teladani. Dari sini kita belajar, bahwa cantik bukan hanya soal fisik melainkan juga soal hati nurani. Kita hendaknya juga selalu bersikap baik terhadap sesama dan selalu sabar dalam menjalani kehidupan di dunia yang sebenarnya fana ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *