Bagaimana Sambutan Rakyat Indonesia Terhadap Kedatangan Jepang

Bagaimana Sambutan Rakyat Indonesia Terhadap Kedatangan Jepang

Berikut adalah cak bertanya ain les Rekaman Indonesia XI SMA/SMK materi Keikhlasan Jepang ke Indonesia lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:

  1. Jelaskan mengapa kedatangan Jepang ke Indonesia itu melanglang cepat dan merata ke majemuk wilayah Indonesia!
  2. Cak kenapa pada mulanya rakyat Indonesia menjawat baik keberadaan Jepang?
  3. Mengapa Jepang menciptakan menjadikan pemerintahan militer di tiga wilayah: Sumatra, Jawa-Madura, dan kawasan Indonesia Timur?
  4. Mengapa pemerintah penguasaan Jepang akhirnya hanya boleh memperdengarkan lagu kebangsaan Kimigayo, sedangkan lagu Indonesia Raya start dilarang?
  5. Pelajaran barang apa yang engkau songsong setelah mempelajari sejarah eksistensi dan semula rezim Jepang di Indonesia?
  6. Buatlah atlas jalur propaganda masuknya laskar Jepang dari Asia Tenggara kemudian memasuki Gugusan pulau Indonesia! Kamu boleh mempelajari kancing- kancing rekaman nan ada di perpustakaan sekolah.

Kunci Jawaban

1. Kerelaan Jepang ke Indonesia itu berjalan cepat dan merata ke berbagai wilayah Indonesia, karena sejak Jepang berkembang menjadi negara industri dan tampil sebagai imperialis, Jepang mulai membutuhkan area-daerah plonco. Kemauan Jepang kerjakan mengendalikan Indonesia karena Indonesia kaya akan mata air daya liwa nan boleh dimanfaatkan untuk pengembangan industri Jepang. Pada ajaran di Jepang menyebutkan bahwa sebagai negara berbudaya bertanggung jawab memajukan dan merarai bangsa-bangsa di dunia. Ajaran tersebut menerangkan bahwa Jepang dan Indonesia serumpun.

2. Pada mulanya rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang, karena menganggap Jepang misal saudara lanjut umur yang akan membantu Indonesia kian maju. Jepang juga memasrahkan aksi-propaganda nan menggerakkan dukungan rakyat Indonesia dan memberikan simpati rakyat dengan perilaku Jepang yang membenci Belanda dan berkembangnya kepercayaan tentang Nubuat Jayabaya. Saat itu Rakyat Indonesia belum memaklumi maksud sesungguhnya kedatangan Jepang ke Indonesia adalah buat mengatasi Indonesia yang akan kaya sumber daya pan-ji-panji.

Baca juga :  Wakil Indonesia Yang Ikut Menandatangani Deklarasi Bangkok Adalah

3. Jepang membentuk pemerintahan militer di tiga kewedanan: Sumatra, Jawa-Madura, dan kawasan Indonesia Timur, karena sreg pertengahan periode 1942 timbul pemikiran dari Markas Besar Tentara Jepang sebaiknya penduduk dilibatkan dalam aktivitas baluwarti dan kemiliteran (termasuk semi militer) dengan tujuan mereservasi kawasan nan telah diduduki oleh Jepang.

Pembentukan tersebut pun dengan tujuan seumpama pusat pemerintahannya dan memperkuat kawasan pemerintahannya.

4. Pemerintah pendudukan Jepang alhasil hanya bisa memperdengarkan lagu nasional Kimigayo, sementara itu lagu Indonesia Raya mulai dilarang, karena Jepang ingin semakin memperkuat dampak pemerintahannya terhadap Rakyat Indonesia dan pun untuk menyetip dominasi Belanda pada Indonesia. Selain itu, Jepang khawatir lagu kebangsaan akan mengoptimalkan rasa nasionalisme pada rakyat Indonesia dan akan memberontak terhadap pendudukan Jepang.

5. Tutorial nan saya peroleh setelah mempelajari album kedatangan dan awal pemerintahan Jepang di Indonesia adalah bagaimana model bangsa kita dahulu, sehingga bisa dengan mudahnya bangsa lain menyulap kinerja hingga kakek moyang kita sangat dapat tertipu makanya belai mempersenangkan hati mereka. Saja di samping itu ada hikmah yang dapat kita pelajari misalnya ilmu tadbir berpokok Jepang . Oleh karena itu kita sebagai petatar alias siswa mulai detik ini , nanti dan belakang hari harus konsisten berbangga dan mengharumkan merek bangsa Indonesia kita tercinta.

6. Atlas jalur persuasi masuknya pasukan Jepang berbunga Asia Tenggara kemudian memasuki Kepulauan Indonesia.

Berpokok gambar tersebut boleh dilihat bahwa Jepang masuk ke Indonesia menerobos tiga jalur. Kolek pertama, jalur Barat melalui Heinan berlabuh di Pontianak dan sekitarnya. Jalur kedua ialah kolek Timur berasal pulau Jepang melakukan invansi ke Manado, Makasar, Kendari, dan sekitarnya. Serta jalur ketiga yakni jalur perdua yang bernaung di Tarakan, Balikpapan, hingga Banjarmasin.

Baca juga :  Sebutkan Contoh Fauna Indonesia Bagian Barat

Bagaimana Sambutan Rakyat Indonesia Terhadap Kedatangan Jepang

Source: https://www.markombur.com/2021/11/soal-dan-jawaban-kedatangan-jepang-ke-indonesia.html