Apa Yang Di Maksud Dengan Molekul

Apa Yang Di Maksud Dengan Molekul

Fisika Kelas 9 | Berkenalan dengan Zarah, Elemen, dan Ion


atom, molekul, ion

Artikel ini menjelaskan pengertian dan perbedaan antara partikel, molekul, dan ion.

Duh, kayaknya liburan ke pantai enak,
nih. Berjemur di asal terik mentari, berenang di laut, bertindak pasir dan ombak.
Huh,
nggak
sabar,
deh. Semoga epidemi ini cepat radu, supaya bisa libur pula, ya.

Btw, kalo
ngomongin pantai, apa nan kamu bayangkan pertama barangkali?
Yap, kersik halus pantai. Pernah
nggak, sira
iseng
ngambil
segenggam pasirnya? Lampau, pelan-alun-alun ia membuka tanganmu, dan merelakan pasir itu tertiup angin?

Enak ya, rasanya. Pasir yang ukurannya kerdil-kecil itu menghindari tekstur yang lembut tapi juga serentak bernafsu. Mereka pergi perlahan-petak bersumber telapak tanganmu. Suka-suka yang jatuh lewat sela-sekedup jemari, ada yang terbang begitu doang.
Huhu, ribang,
deh.

Sudahlah,
pasir pantai yang biasa kamu genggam ialah pelecok satu hipotetis zat atau materi padat berupa butir. Butiran pasir kebanyakan berdosis 0,0625 hingga 2 milimeter. Boncel banget,
kan? Walaupun kerdil, granula ramal masih bisa dipecah dan pecahannya tetap disebut pasir,
lho.

Misalkan, cak semau seuntil kersik halus yang tersusun berbunga silika bermassa 10 mg. Takdirnya sebutir pasir tersebut kita belah menjadi dua, maka akan diperoleh dua butir pasir yang masing-masing bermassa 5 mg. Kemudian, jika kedua butir ramal tersebut dibelah menjadi dua pun, maka akan diperoleh 4 butir kersik halus, dengan masing-masing butiran bermassa 2,5 mg.
Nah, jika butir pasir itu kita belah terus menerus, maka akan diperoleh sebuah butiran ramal yang adv amat kecil. Tapi, masih tersusun bermula materi yang sama, yakni silika.

partikel materi

Bagian terkecil pecah suatu materi disebut
elemen materi. Contohnya, kayak kasus di atas,
nih. Momen sebiji pasir silika dibelah sebatas diperoleh bagian nan minimal kecil tak kasat indra penglihatan, bagian tersebut tetap tersusun mulai sejak silika juga.

Baca juga :  Kaidah Kaidah Yang Ada Pada Teks Laporan Hasil Observasi

Partikel materi tersusun terbit atom, molekul, dan ion.
Hmm,
apa yang dimaksud dengan unsur, atom, dan ion? Penasaran,
nggak?
Kalo
iya,
ayo
simak artikel berikut!

atom

Pasti kamu
udah
nggak
asing
dong
kalo
dengar alas kata zarah.
Eits, bukan kacang atom maupun bom anasir,
lho.

Partikel merupakan suatu materi yang enggak dapat dibagi pula secara kimiawi. Kerumahtanggaan bahasa Yunani, atom berarti bukan terbagi (a = enggak, tomos = terbagi). Contohnya, Hidrogen (H), Oksigen (Udara murni), dan Karbon (C), dan lain-enggak.

Hmm, berarti kalo nggak boleh dibagi juga, ukurannya boncel banget,
dong? Emang kelihatan bentuknya?
Yup, berkat keberhasilan teknologi kamu dapat melihat atom menggunakan sebuah mikroskop STM alias Scanning Tunneling Microscope.



mikroskop pengamat atom

Umbul-umbul semesta, termaktub pohon, hewan, dan manusia tersusun dari ratusan mili sampai jutaan spesies zat alias materi. Bisa kasatmata zat istimewa ataupun zat paduan. Apabila diuraikan, materi-materi ini merupakan kombinasi dari atom-atom.

Anasir memiliki
sifat netral (enggak bermuatan)
. Atom yang sejenis akan membentuk suatu
unsur. Suatu atom, diberi
lambang yang sama
dengan unsurnya. Jadi, atom hidrogen diberi lambang H dan atom oksigen diberi lambang O.

penulisan lambang atom

Atom tersusun atas partikel dasar (subatom), yaitu
elektron, neutron, dan proton.
Elektron
yaitu
atom bermuatan negatif
yang subur di kulit atau di luar inti atom.
Proton
yaitu
partikel bermuatan konkret
nan berada di dalam inti elemen, sementara itu
neutron
merupakan
partikel tidak bermuatan
(objektif)
yang berada di inti atom bersama dengan proton.

susunan atom

Suatu zarah mempunyai nomor atom dan nomor massa.
Nomor atom
merupakan jumlah proton dari sebuah inti atom, sedangkan
nomor massa
merupakan jumlah proton ditambah kuantitas neutron. Nomor elemen merupakan ciri khas suatu atom. Setiap atom akan memiliki nomor atom tertentu yang membedakannya dengan unsur lain.

Baca juga :  Analisis Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Ambillah, bagaimana? Reseptif
kan?
Saat ini kita beralih ke molekul,
marilah!

molekul

Atom merupakan unit pembina berasal segala tipe materi.
Nah,
molekul dan ion dibangun makanya elemen-atom. Sekarang, kita bahas molekul dulu, ya.

Molekul merupakan
gabungan dari dua alias lebih atom, boleh terbentuk dari molekul yang setimpal, contohnya, hidrogen (H2) dan oksigen (Ozon2). Boleh kembali terbentuk berasal unsur yang berbeda, contohnya, air (H
2
O), karbon dioksida (CO
2
), maupun karbon monoksida (CO).

Molekul yang tersusun atas unsur yang sama dinamakan
elemen molekul, sedangkan molekul yang dibangun maka dari itu partikel berlainan disebut
molekul senyawa. Molekul nan terbentuk dari dua atom, baik atom yang setara ataupun selisih disebut
molekul diatomik. Selain itu, atom lagi bisa membentuk
molekul poliatomik, adalah partikel yang tersusun atas tiga atau lebih atom, contohnya seperti o (Udara murni3) dan sulfur ataupun sulfur (S
8).

molekul

Okey, setakat sini kamu mutakadim
tau kan
bedanya partikel dan molekul? Selain kedua istilah yang sudah dijelaskan, ada satu kembali
nih
nan akan kita bahas selanjutnya.
Yup,
ion. Penasaran
kan? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

ion

Tubuh kita memerlukan asupan ion kerjakan mengaplus cairan ion yang hilang setelah beraktivitas. Kamu pasti
tau dong, pelecok satu produk minuman terkenal nan mengandung kandungan ion?
Clue-nya dandan biru
hehehe...

Lalu, barang apa
sih
yang dimaksud dengan ion? Ion adalah
atom yang bermuatan elektrik. Contohnya, Na
+
, OH

, Cl, Br, K+, Ca+, dan masih banyak lagi.
Nah,
puas unsur natrium (Na) terletak label

plus


(+)
nan berguna atom tersebut bermuatan berupa. Lalu, pada anasir hidroksida (OH) terdapat tanda

adv minim


(-)
yang menunjukan atom tersebut mempunyai muatan negatif. Ion akan terlatih ketika sebuah molekul melepas atau menerima elektron.

Baca juga :  Dibawah Ini Yang Merupakan Komponen Komunikasi Adalah

Jika atom mengakuri elektron, maka akan berubah menjadi partikel bermuatan negatif (anion). Contohnya, Cl, Br, OH, dsb. Sementara itu, ketika atom melepaskan elektron, maka zarah akan bermuatan positif (kation). Contohnya, Na+, K+, Ca+
, dsb.

Ambillah, kamu telah memahami
pengelompokan ferum dan non logam
di inferior 7,
kan? Salah satu perbedaan metal dan non metal, yakni kecenderungannya terhadap elektron. Anasir logam memusat melepas elektron, sedangkan non ferum menyerap elektron.
Nah, pemuasan dan penghirupan elektron ini bisa terjadi momen anasir besi direaksikan dengan non metal.

Pemenuhan elektron menghasilkan ion positif dan penyerapan elektron menghasilkan ion negatif. Peristiwa terlepas atau masuknya ion plong sebuah atom disebut
ionisasi
. Contohnya, ketika anasir natrium (Na) melepas suatu elektron, maka akan membentuk ion Na+, atau detik atom klorin (Cl) menerima 1 elektron, maka akan membentuk ion Cl.

ionisasi sempurna

Yuhuu, selesai,
deh. Saat ini, ia jadi
tau
teko apa yang dimaksud dengan atom, zarah, dan ion.

atom, molekul, ion

Terimalah, kejadian-hal yang ada di selingkung engkau itu terbentuk dari atom-atom jika dilihat berusul bagian terkecilnya. Seperti ramal rantau tadi, ataupun misalnya
kalo
anda di rumah, air yang absah dia menenggak itu adalah molekul yang terdiri dari dua anasir hidrogen dan dua zarah oksigen oksigen.

Kalo
kamu cak hendak adv pernah kian dalam mengenai atom, elemen, dan ion, kamu bisa akses ke
ruangbelajarplus
yang di dalamnya terdapat video pembelajaran berupa animasi yang lebih eksemplar. Bintang sartan, ayo gabung sekarang juga!





New call-to-action


Profile

Nurul Rahmat

Foodie’s girl who loves to write and share about anything~

Apa Yang Di Maksud Dengan Molekul

Source: https://www.ruangguru.com/blog/atom-molekul-dan-ion