Apa Perbedaan Gambar Vektor Dan Bitmap

Apa Perbedaan Gambar Vektor Dan Bitmap

Jika Anda mangut dengan perbedaan antara banyak jenis file gambar, Anda tak sendirian. Saat memulai sebuah proyek, pelecok satu hal pertama nan kami minta dari klien adalah file vektor logo mereka. Hanya, permintaan tersebut pelahap kelihatannya ditanggapi dengan tatapan hampa atau tanggapan seperti “tidak bisakah Anda menarik logonya dari situs saya?”. Ibarat pemasar, memahami pentingnya dan peran heterogen variasi file rangka adv amat penting buat memastikan keunggulan Anda terwakili dengan benar dan buat berkomunikasi lebih baik dengan desainer, pengembang, dan printer.

Apa ITU FILE VEKTOR? Segala ITU RASTER/BITMAP?

Kita dapat start memahami masalahnya dengan mengklarifikasi perbedaan antara raster dan vektor.

vector-vs-raster
Perbedaan Vektor dan Raster (bitmap) – modassicmarketing.com

File Raster / Bitmap

Rencana raster
menggunakan banyak piksel berwarna atau blok pereka cipta istimewa lakukan membentuk rangka lengkap. JPEG, GIF, dan PNG yakni tipe gambar raster yang umum. Sanding semua foto yang ditemukan di web dan di katalog cetak adalah gambar raster.

Karena rang bitmap dibuat menunggangi piksel berwarna dalam jumlah tunak, ukurannya tidak boleh diubah secara dramatis sonder mengorbankan resolusinya. Ketika direntangkan mudahmudahan sesuai dengan ulas yang tidak dirancang lakukan diisi, pikselnya menjadi kelihatan bermeduk dan rajah terkelok.

Inilah sebabnya mengapa foto yang diubah siapa tampak berpiksel ataupun resolusi rendah. Maka itu karena itu, Ia harus menggudangkan file raster tepat pada dimensi nan diperlukan bagi menghilangkan kemungkinan keburukan.

Baca juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Internet Relay Chat
Perbedaan Vektor dan Bitmap
Perbedaan Vektor dan Bitmap

File Vektor

Gambar vektor,
laksana alternatif, memungkinkan makin banyak fleksibilitas. Dibuat menggunakan rumus ilmu hitung daripada blok bercat individual, macam file vektor seperti mana EPS, AI, dan PDF * sangat baik bakal mewujudkan grafik nan berulangulang memerlukan pengubahan ukuran.

Logo firma dan grafik merek Anda harus dibuat sebagai vektor dan disimpan sebagai file induk sehingga Anda boleh menggunakannya dengan item yang lebih kecil sama dengan kartu etiket dan kop surat, tetapi kembali pada satah yang kian osean, sebagai halnya jet perusahaan Anda.

Bila perlu, selalu buat JPG alias PNG buat digunakan di web dari file vektor master ini. Pastikan untuk menggudangkan file raster bau kencur dalam dimensi yang dibutuhkan.

PDF galibnya merupakan file vektor. Sahaja, tersangkut bagaimana PDF pada awalnya dibuat, itu dapat berupa vektor ataupun file raster. Apakah Dia mengidas cak bagi meratakan sepuhan file Anda atau mengidas untuk mempertahankan setiap saduran akan menentukan diversifikasi gambar.

baca juga tulisan ini : mandu mengecilkan ukuran file PDF

Jenis Ekstensi File Bentuk Vektor dan Raster serta Bagaimana Penggunaannya yang Moralistis

Jenis-jenis ekstensi file gambar
Jenis-jenis ekstensi file rajah

JPG

JPG (atau JPEG) ialah rang raster nan sering digunakan buat foto di desain website. JPG boleh dioptimalkan, saat menyimpannya bersumber photoshop, lakukan menemukan kesamarataan hipotetis antara ukuran file mungil dan kualitas tinggi. Di web, Ia ingin file rangka Anda menjadi sekecil mungkin sehingga situs Anda memuat dengan cepat, tetapi layak raksasa untuk tetap terlihat segak dan tidak tercampur. JPG enggak boleh memiliki latar pinggul transparan sehingga cak acap berbentuk persegi jenjang atau persegi dengan permukaan belakang yang solid.

Penggunaan terbaik = foto dan foto persegi panjang alias persegi di situs web Anda.

Baca juga :  Pola Dasar Gambar Dekoratif Antara Lain

PNG

PNG ialah macam tulang beragangan raster lainnya. Untuk pemasar masyarakat, perbedaan utama yang harus dipahami antara PNG dan JPG merupakan bahwa PNG dapat memiliki latar belakang transparan dan rata-rata kian segara dan berkualitas lebih tinggi. Oleh karena itu, PNG silam ideal bikin menggudangkan file logo untuk situs web karena dapat ditempatkan di atas latar belakang berwarna.

Pemakaian terbaik = merek, ikon, dan gambar lain di mana latar pantat transparan lebih disukai.

GIF

GIF adalah variasi rang raster lainnya. GIF terbentuk sebatas 256 warna dari ruang warna RBG. Semakin sedikit warna dan bayangan nan terkandung intern sebuah gambar, semakin kecil matra filenya. Maka itu karena itu, GIF lengkap untuk tulang beragangan yang menggunakan sedikit rona solid dan lain memiliki gradien alias dandan alami. Anda lain ingin menggunakan GIF bakal foto.

Pemanfaatan terbaik = grafik web sederhana seperti tombol web, bagan, dan ikon.

TIF

TIF (atau TIFF) adalah file raster besar. Tidak ada penurunan kualitas dan oleh karena itu digunakan terutama untuk kerangka yang digunakan kerumahtanggaan penyegelan. Di web, karena musim buka, biasanya Beliau ingin menggunakan gambar yang lebih kecil sebagaimana JPG alias PNG.

Penggunaan terbaik = gambar dan foto buat cetakan berkualitas tinggi.

EPS

File EPS yaitu file vektor dari grafik, teks atau ilustrasi. Karena ini merupakan vektor, ia dapat dengan mudah diubah ukurannya ke ukuran apa sekali lagi yang diperlukan. File EPS boleh dibuka kembali dan diedit.

Penggunaan terbaik = file logo guru dan grafik dan desain cetak.

AI

File AI adalah diversifikasi file vektor berpemilik yang dibuat maka dari itu Adobe yang hanya boleh dibuat atau diedit dengan Adobe Illustrator. Ini minimum sering digunakan bikin membuat keunggulan, ilustrasi, dan tata letak cetak.

Baca juga :  Apa Fungsi Dari Buku Tamu Dalam Pameran Karya Seni Rupa

Eksploitasi terbaik = membuat tera, diagram, ilustrasi.

Apa Perbedaan Gambar Vektor Dan Bitmap

Source: https://matob.web.id/note/vektor-raster-bitmap-jpg-eps-png-apa-sih-perbedaannya/