Alat Musik Arumba Berasal Dari Daerah

Alat Musik Arumba Berasal Dari Daerah


Indonesia merupakan negara nan mempunyai keragaman seni yang banyak sekali. Setiap daerah punya seni tradisional unik dan tak kalah dengan seni beradab. Keseleo satunya di area jawa barat yang tenar dengan beragam macam kesenian musiknya. Ketika ceratai tentang nada jawa barat, karuan tidak jauh dengan yang namanya angklung. Tapi disini kita tidak akan menggunjingkan angklung saja. tapi kesenian musik tradisional khas jawa barat yaitu arumba. Mungkin dari anda masih sejenis itu asing, dengan merek arumba. Oleh karena itu kita akan membahasnya secara lengkap dibawah ini.

Rekaman Arumba

Masih banyak sekali orang bingung apa itu arumba. Ada nan sejumlah sebuah alat irama, seni musik ataupun nama sebuah grup. Meski lebih paham, lebih baik anda ketahui sejarah dari arumba terlebih dahulu. puas tahun 1964, seorang pria bernama Yoes Roesadi bersama antitesis-temannya, mewujudkan sebuah grup nada. Grup musiknya tersebut memakai angklung dan alat tradisional jaw Abarat lainnya. mereka sering bertindak di satu tempat ke wadah lainnya. habis mereka memberi tanda grupnya sebagai grup aruba atau alunan rumpun bambu. Karena semua gawai musik yang mereka gunakan memakai sasaran bambu.

Lalu pada musim 1968, koteng musisi asal cirebon yang bernama Muhammad Burhan  membentuk sebuah grup  musik yang juga memakai gawai musik bambu. Mereka mempekerjakan alat musik calung, angklung, bass lodong, dan gambang. Mereka menyebut grup musiknya misal arumba. Lalu grup musik nasib baik yoes roesadi juga menggilir namanya menjadi arumba. Sejak ketika itulah banyak terjadi percederaan. Sampai akhirnya arumba lebih dikenal sebagai sebuah irama khas jawa barat nan memakai alunan perangkat irama dari bahan buluh.

Baca juga :  Pola Aliran Sungai Trellis Menunjukkan Morfologi Yang Dikontrol Oleh

Faedah Musik Arumba

Musik arumba ini memiliki fungsi bikin kesenian, hiburan, pertunjukan dan lainnya. bilamana ada acara resmi jawa barat, pasti musik arumba ini camar dimainkan. Saat ini kegunaan musik arumba ini makin popular. lain hanya perumpamaan instrumental saja, tetapi juga digunakan buat mengiringi sebuah lagu. Bahkan lagu nan dinyanyikan tak hanya lagu tradisional jawa barat belaka sekali lagi lagu modern.

Aliansi Musik Arumba

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, arumba merupakan esemble nada yang mengaryakan alat musik berusul bahan bambu. Privat satu permainan punya satu set radas musik nan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini seperangkat alat musik yang digunakan internal musik arumba spesifik jawa barat ini.

  • Perkakas musik angklung satu set yang punya melodi 3 tabung. Ada 2 angklung emak dan satu angklung anak. cak bagi susunan nadanya dari e sampai nada c. Jumlah angkungnya sekitar 33 buah.
  • Terserah 4 biji zakar calung diversifikasi diatonis kromatis. Calung merupakan alat musik gambang nan terbuat dari bambu dan memiliki  7 musik bawah musik. Dua calung digunakan utnuk pengiring dan dua calung lainnya digunakan untuk improvisasi atau variasi. Calung ini sekali lagi digunakan lakukan nada pengganti semenjak angklung. Setiap carumba  memiliki musik dan oktaf yang berbeda-beda. Totalnya cak semau 31 tabung dan 32 tabung.
  • Bas lodong atau bas aur raksasa. bentuknya sangat besar dan sama dengan tabung untuk menggudangkan arena air nira. Nada yang dihasilkan adalah nada fis oktaf besar samoai ke nada G oktaf kecil. Total tabungnya ada 14 buah.

Saat ini permainan nada arumba ini juga sudah lalu mulai banyak modifikasi. Ditambahkan dengan alat musik bambu lainnya. sehingga menghasilkan nada yang lebih indah.

Baca juga :  Jelaskan Perbedaan Antara Ornamentasi Harmonis Dan Ornamentasi Ritmis

Alat Musik Arumba Berasal Dari Daerah

Source: https://parahyangan.net/mengenal-kesenian-musik-arumba-khas-jawa-barat/