Cara Menghilangkan Komedo Item di Wajah Cantik Anda

oleh -4 views

Komedo merupakan gumpalan massa sebum yang kemudian muncul menjadi bintik pada wajah yang sangat mengganggu penampilan. Ada dua jenis komedo pada wajah yakni yang berwarna putih dan hitam. Keduanya memiliki cara penanganan yang berbeda, terutama komedo hitam. Cara menghilangkan komedo item juga harus segera dilakukan supaya nantinya tidak berubah menjadi peradangan jerawat.

6 Langkah Mudah Cara Menghilangkan Komedo Item di Wajah Cantik Anda

Komedo hitam sendiri memiliki sifat yang terbuka serta ditandai dengan pembesaran folikel rambut yang ditutupi kotoran kulit serta sebum. Dalam Medical News Today, disebutkan bahwa ada beberapa hal yang mesti dilakukan agar komedo hitam bisa mudah keluar dari dalam kulit, baik menggunakan instrumen maupun secara manual memakai jari tangan.

Hal yang mesti Anda catat saat akan menghilangkan komedo adalah menyiapkan alkohol 70% untuk mencegah terjadinya infeksi ketika ataupun sesudah melakukan tindakan. Sesudah itu, lakukan cara menghilangkan komedo item berikut ini!

1. Menggunakan Produk Non-Comedogenic

Cara menghilangkan komedi item yang pertama adalah memakai skincare serta make-up yang tidak menyumbat pori atau non-comedogenic. Sebaiknya, hindari penggunaan skincare dan makeup yang mengandung coconut oil, alkohol, acrylic, paraben dan phthalates, silicone, petrochemical, serta talc. Catat baik-baik, ya, sebelum membeli produk kosmetik dan perawatan wajah pastikan ingredients-nya terlebih dahulu.

2. Membersihkan Wajah Two Step Cleanser

Membersihkan wajah di sini bukan hanya berarti cuci muka menggunakan air saja, ya! Sebab, air tidak bisa benar-benar membersihkan wajah dari polusi, sisa makeup, serta zat lain yang menempel di wajah.

Wajah yang tidak dibersihkan dengan baik adalah pemicu dari timbulnya masalah jerawat dan komedo hitam. Tahap yang paling benar adalah dengan two step cleanser. Pertama, gunakan makeup remover terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan micellar water yang sesuai dengan jenis kulit.

Baca juga :  Inilah Tips Cantik Alami dengan Perawatan Harga Murah

Selanjutnya, bersihkan wajah memakai sabun wajah sesuai dengan jenis kulit. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk bersih. Jangan lupa pakai pelembap, ya! Waktu paling ideal untuk membersihkan wajah adalah dua kali sehari.

3. Melakukan Eksfoliasi

Cara menghilangkan komedo item yang selanjutnya dapat Anda lakukan dengan proses eksfoliasi. Tujuannya agar sel kulit mati dapat terangkat beserta kotoran dan komedo yang menyumbat pori-pori. Untuk kulit kering, eksfoliasi dapat dilakukan satu sampai dua kali seminggu. Sedangkan kulit berminyak dan kombinasi dapat lebih sering yakni 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

4. Banyak Asupan Vitamin C

Tak hanya perawatan dari luar saja, agar komedo hitam cepat hilang, sebaiknya bantu juga dengan mengonsumsi banyak vitamin C. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C adalah jeruk, buah jambu biji, pepaya, paprika, dan brokoli.

5. Menggunakan Masker dari Arang atau Tanah Liat

Untuk menghilangkan komedo, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami. Diantaranya menggunakan tanah liat dan arang. Masker tanah liat bisa digunakan dua kali seminggu agar pori-pori kulit terjaga kebersihannya dan dapat menyerap minyak berlebih sehingga komedo akan jauh-jauh dari wajah Anda.

Selain clay, charcoal juga direkomendasikan agar minyak serta sel kulit mati bisa terangkat sempurna dari wajah Anda.

6. Gunakan Sun Protection yang Tidak Berminyak

Pemilihan sun protection juga tidak boleh sembarangan. Pastikan Anda membelinya yang tidak memberi efek berminyak. Sehingga, tidak akan terjadi penyumbatan pori-pori pada kulit wajah. Meski begitu, jangan takut memakai tabir surya karena Anda sangat membutuhkannya saat tinggal di negara tropis.

Begitulah cara menghilangkan komedo item dari wajah Anda. Jika melakukan hal-hal di atas secara rutin, Anda akan merasakan hasilnya. Dengan catatan, lakukan hal tersebut dengan sabar dan telaten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *