7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Anggota Tubuh

oleh -2 views

Bawang merah merupakan salah satu jenis tumbuhan yang biasa  dijadikan penyedap masakan yang menggunggah selera makan seseorang. Maka tidak heran setiap masakan harus wajib memasukkan bawang merah untuk melengkapi bumbu masakan. Manfaat bawang merah adalah memiliki kandungan vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Tak hanya itu saja, bawang merah mengandung kalsium dan zat besi. Selain itu, bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin.

Manfaat Bawang Merah

7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Anggota Tubuh

Dengan cita rasa yang khas, bawang merah juga memiliki banyak manfaat baik untuk memelihara kesehatan tubuh ataupun menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Bawang merah juga dikenal sebagai tumbuhan herbal yang digunakan oleh nenek moyang kita pada zaman dulu untuk mengobati penyakit, baik penyakit medis ataupun penyakit ghaib. Maka bisa disimpulkan bahwa bawang merah merupakan jenis tanaman herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan. Apa saja sih manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh manusia, nah berikut beberapa penjelasannya yang bisa dijadikan panduan dalam penggunaannya :

  1. Menyembuhkan sariawan 

Untuk mengatasi sariawan terdapat beberapa cara yang dapat di lakukan diantranya merebus bawang merah di tambah dengan belimbing wuluh, daun sariwan dan adas pulasari. Air rebusan bawang merah mengandung asam kaprilat yang bermanfaat sebagai bahan antiseptik alami dan antijamur. Sedangkan, belimbing wuluh mengandung asam askorbat yang bemanfaat untuk mengurangi inflamasi atau radang. Cara penggunaannya cukup mudah salah satunya dengan cara mengurkan air rebusan tersebut saat sedang mengalami sariawan didalam mulut.

  1. Mencegah masuk angin  

Kembung atau masuk angin ialah kondisi dimana gas tidak dapat keluar melalui anus dan melebihi batas normal yang berada dalam usus. Keadaaan tersebut juga  disertai dengan perasaan tidak nyaman dan bahkan menimbulkan  rasa sakit yang amat menyiksa. Untuk mencegah hal tersebut semakin berlarut sebaiknya lakukan pencegahan dengan memanfaatkan bawang merah. Cara pengobatannyaa, campurkan bawang merah dengan minyak goreng dengan mengiris bawang dengan irisan – irisan tipis, kemudian lumurkan minyak dari campuran tersebut pada perut. kamu bisa melakukan hal tersebut secara teratur sampai kembung hilang.

  1. Mengatasi Sembelit

Manfaat bawang merah bisa mengatasi penyakit sembelit, bawang merah ini dapat dikonsumsi dengan cara ditumbuk lebih dulu. Tumbukan itu jangan langsung dimakan, tetapi dicampurkan ke dalam susu murni, kemudian masak hingga suhu 80 derajat celsius. Ketika  mengkonsumsi minuman ini, alangkah baiknya di konsumsi secara teratur sampai sembelit hilang

  1. Mengatasi sakit kepala 
Baca juga :  Cara Memilih Makanan Sehat untuk Menu Diet

Untuk dapat mengatasi sakit kepala, bawang merah ini dapat dikomsumsi dengan cara memotong bawang merah  kemudian rebus bersama jahe, dan gula merah secukupnya. Konsumsi air  rebusan tersebut selagi masih hangat. Selain itu ada cara lain yang dapat dilakukan salah satunya ialah menggosok potongan bawang merah di bagian kening kepala dengan campuran minyak kelapa, mulai dahi atas kebagian dahi bawah

  1. Menurunkan demam

Untuk menurunkan demam, bawang merah bisa digunakan dengan cara dikonsumsi maupun menjadi obat balur. Pada saat ingin dikonsumsi, bawang merah bisa ditumbuk dengan air perasan jeruk nipis. Bawang merah juga bisa dipanggang, kemudian dihaluskan dan ditambahkan madu sampai terbentuk larutan kental. Sehingga larutan itu dapat diminum 1-2 sendok teh 3 kali sehari.

  1. Mengobati cacingan 

Bawang merah mengandung senyawa alisin dan aliin yang memiliki efek antelmintik, yaitu  mampu membunuh cacing. Kedua senyawa itu memiliki efek farmakologi yang hampir sama dengan obat sintetik pirantel famoat, yang juga sering dipakai sebagai obat anti cacing.

  1. Menyembuhkan pilek

Untuk menyembuhkan pilek, bawang merah ini dapat diperlakukan dengan cara dihirup aromanya atau diminum dengan campuran air perasan jeruk nipis. Uap dari bawang merah yang ada memiliki kandungan senyawa eteris yang diketahui berfungsi sebagai dekongestan, yaitu mengencerkan lendir dan ingus. Dengan cara ini, lendir bisa dikeluarkan dari rongga hidung.

Nah, Itulah beberapa manfaat bawang merah dalam penanganan penyakit ringan yang dapat digunakan dalam kondisi dimana perlu penanganan pertama sebelum dibawa ke dokter.  Kamu bisa melakukan pengobatan secara teratur untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *