6 Manfaat Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan

oleh -10 views

Manfaat Tanaman PegaganManfaat tanaman pegagan – Pegagan atau disebut juga dengan telapak kuda ialah salah satu jenis tumbuh – tumbuhan yang kaya akan manfaat untuk  kesehatan tubuh. Tanaman jenis ini dapat tumbuh subur di daerah tropis dengan memiliki kelembaban yang sedikit basah. Tanaman pegagan itu sendiri dapat dijumpai diberbagai macam negara seperti tiongkok, india , indonesia, malaysia, dan di berbagai macam negara lainnya.

Pendahuluan

Berkembangnya teknologi pengobatan ,  pegagan di olah menjadi ramuan tradisional yang di olah menggunakan pralatan moderan. Maka tak heran obat- obatan tradisional sekarang sudah dipaket dengan bentuk yang berpariasi . Manfaat daun pegagan dalam pengobatan tradisonal ialah sebagai antiinflamasi, antidepresan, antimikroba,  antidiabetes dan meningkatkan daya ingat. Sejauh ini, beberapa khasiat yang sudah dikaji oleh para ilmuwan meliputi beberapa manfaat yang bisa kamu gunakan. Berikut ini akan dibahas 6 manfaat tanaman pegagan yang memiliki segudang manfaat.

6 Manfaat Tanaman Pegagan Untuk Kesehatan

  1. Meredakan sakit persendian

Khasiat antiradang dari daun  pegagan ini diduga bisa membantu mengatasi sakit sendi. Selain itu,  kandungan antioksidan yang ada dalam daun pegagan juga berpengaruh positif terhadap imunitas tubuh, sehingga mengurangi inflamasi.

  1. Meningkatkan daya ingat

Daun pegagan sudah di kenal oleh nenek moyang sebagai ramuan tradisional dalam menjaga imunitas otak . Daun pegagan diduga bisa memengaruhi kesanggup an kognitif dan memori secara tidak langsung.  Tanaman Pegagan ini memang memiliki efek meningkatkan kewaspadaan yang selanjutnya bisa  meningkatkan kemampuan memori jangka pendek.

  1. Memperlambat Penuaan Dini

Manfaat daun pegagan yang selanjutnya  ialah  bisa memperlambat penuaan pada kulit.Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambahnya usia seseorang , maka produksi kolagen alami di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Kolagen adalah protein yang memiliki peranan penting dalam elastisitas kulit . Kenapa daun pegagan dapat memperlambat penuaaan ? Salah satu alasannya ialah daun pegagan secara efektif sanggup  membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Jerawat dan penyembuhan bekas luka

Untuk  kamu  yang memiliki jerawat pada kulit wajah , daun pegagan dapat dijadikan salah satu solusi untuk penyembuhan  jerawat. Peningkatan produksi kolagen dalam tubuh juga sanggup  menghilangkan bekas jerawat dan luka sebab mengandung berbagai macam  vitamin seperti vitamin C, A, B1 dan B2, niacin, carotene, dan antioksidan.

  1. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat tanaman pegagan selanjutnya yaitu melancarkan aliran darah , kandungan triterpenes pada daun yang memiliki sifat anti-peradangan. Daun pegagan bisa membantu mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah pada orang-orang yang memiliki varises dan insufisiensi vena .

  1. Menyegarkan Bau Mulut

Dari beberapa produk yang ada dipasaran terdapat produk yang menggunakan daun pegagan sebagai campuran untuk mengharumkan mau mulut . Salah satu diantaranya ialah pasta gigi yang diolah dengan campuran tanaman herbal yaitu daun pegagan. Selain pasta gigi, daun pegagan dahulunya digunakan untuk menghilangkan bau mulut dengan cara mengkonsusmsi secara langsung daunnya dengan cara dibuat lalap.

Baca juga :  Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan secara Alami

Nah, Itulah beberapa manfaat dari mengkonsusmsi pegagan si tanaman tropis yang kaya akan manfaat . Semoga tulisan ini memberikan sedikit informasi tentang tanaman tradisional yang belum begitu belum dikenal oleh remaja zaman sekarang.  Mulailah menggunakan tanaman herbal untuk menyembuhkan penyakit dikernakan dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi untuk kesehatan yang jauh dari obat – obatan kimia. Terima kasih telah berkunjung dan membaca, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *