Inilah Cara Menebalkan Rambut yang Paling Efektif

oleh -11 views

Inilah Cara Menebalkan Rambut yang Paling Efektif

Ada banyak faktor yang menyebabkan mengapa rambut seseorang menjadi kurang tebal. Beberapa diantaranya karena pengaruh hormon, faktor genetik, faktor usia, dan pengaruh pemakaian obat-obatan. Untuk itu, cara menebalkan rambut yang paling utama adalah ketahui masalah penyebab penipisan tersebut terlebih dahulu, setelah itu, lakukan treatment yang paling sesuai dengan masalahnya.

Selain dengan cara tersebut, lakukan steps berikut ini supaya Anda bisa menebalkan rambut dengan cepat dan tepat. Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya!

1. Memeriksakan Diri

Cara menebalkan rambut yang pertama adalah dengan memeriksakan diri ke dokter supaya Anda bisa mengetahui masalah apa yang menyebabkan rambut menjadi tipis. Dengan begitu, Anda pun bisa melakukan cara yang tepat dan hasilnya bisa langsung terasa. Sebab, beda masalah akan beda pula penanganannya.

2. Memakai Masker Rambut Secara Rutin

Pemakaian masker rambut alami akan membantu Anda dalam memperbaiki kerusakan pada rambut. Sehingga, membuatnya semakin bervolume. Beberapa jenis masker rambut yang dapat Anda gunakan diantaranya dari minyak zaitun dan minyak kelapa.

Caranya cukup mengoleskan masker tersebut pada rambut secara merata. Kemudian, pijat perlahan supaya masker bisa meresap dengan baik pada kulit kepala. Kemudian, Anda tutup sebentar saja menggunakan shower cap selama 15 menit. Lalu, cuci rambut menggunakan shampoo sampai bersih. Supaya hasilnya lebih baik, silakan lakukan hal ini 2 hingga 3 hari sekali.

3. Memakai Essence Penumbuh Rambut

Pada bagian kepala yang mengalami penipisan, sebaiknya Anda gunakan essence secara rutin. Essence bisa membantu dalam pertumbuhan rambut, terutama pada bagian folikel. Dengan begitu, maka rambut bisa lebat kembali sebagaimana sebelumnya. Akan tetapi, sebaiknya hentikan penggunaan apabila Anda mengalami iritasi.

Baca juga :  7 Warna Rambut yang Bagus untuk Si Eksotis

4. Mengoleskan Minyak Kemiri

Penggunaan minyak kemiri telah lama dijadikan cara menumbuhkan rambut yang mengalami penipisan. Sebab, kandungan di dalamnya memang sangat baik untuk kulit kepala dan rambut. Zat-zat dalam minyak kemiri akan mengurangi peradangan pada kulit karena ketombe, merangsang rambut yang baru, mengurangi kerontokan, dan sebagainya.

Selain itu, dalam minyak kemiri juga terdapat asam linoleat yang dapat merangsang tumbuhnya rambut dari akarnya. Jika Anda menggunakan minyak kemiri secara terus menerus, maka bisa membuat rambut menjadi lebih berkilau, hitam, dan uban dapat berkurang.

5. Melindungi Rambut dari Sinar UV

Anda tentu menyadari bahwa terkena paparan sinar matahari secara langsung akan menyebabkan rambut menjadi lebih kering. Sehingga, rambut pun rentan mengalami kerusakan dan kerontokan. Selain itu, sinar UV juga dapat membuat rambut jadi rusak, bercabang, dan patah.

Sebaiknya, saat ke luar ruangan, Anda tutupi kepala menggunakan topi maupun jilbab. Dengan begitu, rambut Anda pun akan terlindungi dari sinar matahari dan kerusakan.

6. Kurangi Penggunaan Hair Styling Tool

Agar kesehatan dan keindahan rambut Anda terjaga, sebaiknya mulai kurangi pemakaian alat penata rambut yang mempunyai suhu tinggi seperti hairdryer dan catok. Dengan begitu, rambut Anda pun tidak akan mudah rusak dan kering.

Apabila terpaksa memakainya, silakan gunakan pelindung rambut yang mengandung keratin. Dengan begitu, rambut Anda akan tetap lembut serta tidak kering meskipun kerap menggunakan perawatan hair styling tool.

7. Melengkapi Asupan Tubuh

Selain perawatan dari luar, Anda juga harus merawat rambut dari dalam. Artinya, Anda juga perlu menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan berbagai makanan yang mengandung protein dan vitamin. Zat tersebut bisa Anda dapatkan dari sayur dan daging.

Baca juga :  Cek 8 Makanan untuk Kesehatan Rambut Anda

Pastikan juga Anda memenuhi kebutuhan air supaya hormon bisa bekerja dengan baik. Penuhi juga asupan zinc dan asam amino yang dapat menjaga rambut dari kerontokan.

Demikian cara menebalkan rambut yang dapat Anda lakukan. Seperti yang telah dibahas pertama kali, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebabnya, agar bisa mengatasinya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *