Cek 8 Makanan untuk Kesehatan Rambut Anda

oleh -2 views

Cek 8 Makanan untuk Kesehatan Rambut Agar Perawatan Rambut Lebih Optimal

Polusi udara dan paparan sinar matahari langsung membuat rambut menjadi mudah rusak. Mulai dari munculnya ketombe, rambut yang patah, kering, kusam, hingga kerontokan yang dapat mengakibatkan kebotakan. Saat hal ini terjadi, sebaiknya Anda segera lakukan perawatan agar rambut kembali sehat dan bagus. Namun, ternyata, perawatan rambut tidak hanya penting dilakukan dari luar, melainkan juga dari dalam dengan mengonsumsi makanan untuk kesehatan rambut.

Untuk membantu Anda melakukan dua hal tersebut, berikut kami berikan daftar makanan yang dapat menjaga kesehatan rambut!

1. Daging Tanpa Lemak

Apabila tubuh mengalami kekurangan protein, pertumbuhan rambut pun akan melambat. Sehingga, rambut bisa berhenti tumbuh dan rambut akan rontok. Maka dari itu, pastikan tubuh mendapatkan asupan protein yang cukup. Salah satunya dari daging tanpa lemak seperti daging kalkun dan ayam.

2. Makanan dengan Kandungan Zat Besi

Rambut rontok juga dapat disebabkan karena kekurangan zat besi. Untuk itu, perhatikan konsumsi zat besi seperti pada gandum, pasta, lentil, susu kacang, dan sereal yang terfortifikasi. Selain itu, dapatkan juga zat besi dari hati sapi, kerang hijau, serta sayur-sayuran hijau.

3. Bayam

Bayam mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari zat besi, Vitamin A, beta karoten, vitamin C, dan juga folat. Nutrisi ini akan membuat rambut menjadi lebih sehat. Sebab, nutrisi tersebut bisa menjadikan rambut menjadi lebih lembap sehingga terhindar dari patah-patah dan pecah-pecah.

4. Telur

Murah dan mudah didapatkan, telur ternyata bisa juga dijadikan sebagai makanan untuk kesehatan rambut. Sebab, kandungan dalam telur meliputi sulfur yang penting dalam penyerapan vitamin B. Telur juga mengandung banyak vitamin B atau Biotin yang akan mempercepat pertumbuhan rambut.

Baca juga :  7 Warna Rambut yang Bagus untuk Si Eksotis

5. Oats

Oats juga menjadi makanan untuk kesehatan rambut yang sangat baik karena adanya biotin, zinc, kalium, dan magnesium. Sebab, kekurangan zat tersebut akan membuat rambut menjadi lebih mudah patah. Sebaiknya, dalam mengonsumsi oats, diendapkan terlebih dahulu seperti mencampurkannya dengan susu. Selanjutnya, tunggu oats terserap pada susu selama semalam di dalam kulkas. Kemudian, pagi harinya, Anda bisa mengonsumsi susu tersebut.

6. Kelapa

Air kelapa akan membantu meng-hidrasi bagian tubuh seperti rambut. Sebab, di dalamnya terkandung kalium dan elektrolit yang akan membantu perpindahan nutrisi pada sel tubuh Anda.

Sedangkan minyak kelapa akan menutrisi rambut serta meningkatkan pertumbuhan rambut serta tidak membuat kulit kepala menjadi lebih kering. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan vitamin E, lemak sehat, mineral, serta vitamin K.

7. Cinnamon

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang dapat menambah cita rasa dari masakan. Nah, ternyata, menambahkan kayu manis atau cinnamons ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan rambut. Sebab, cinnamon dapat membantu melancarkan sirkulasi darah menuju ke kulit kepala. Pada sirkulasi darah, oksigen dan nutrisi akan dibawa ke kepala dimana nutrisi tersebut sangat dibutuhkan kantung rambut.

8. Tiram

Tiram mengandung banyak sekali mineral bernama zinc. Jika tubuh kekurangan zinc, akibatnya Anda pun bisa kehilangan rambut di berbagai bagian bahkan pada bulu mata. Sel-sel yang membangun rambut ini tergantung pada zinc agar bisa bekerja secara maksimal.

Nah, zinc bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi tiram. Selain ini, bisa didapatkan dari daging sapi, lobster, serta sereal.

Mulai sekarang, Anda jangan hanya berpatokan pada produk luar untuk merawat rambut. Melainkan juga harus memerhatikan konsumsi makanan untuk kesehatan rambut seperti yang sudah disebutkan di atas. Yuk, segera rawat rambut dari dalam dan luar secara maksimal agar penampilan menjadi semakin cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *