Cara Menjaga Kesehatan Rambut untuk Berbagai Tipe Kulit Kepala

oleh -29 views

Cara Menjaga Kesehatan Rambut untuk Berbagai Tipe Kulit KepalaRambut yang sehat dan cantik bisa menunjang penampilan Anda. Namun, rambut yang cantik tidak didapat begitu saja, melainkan harus dijaga dengan berbagai perawatan. Cara menjaga kesehatan rambut sebetulnya semakin kompleks karena banyaknya teknologi kecantikan yang canggih. Tentu saja untuk melakukan hal tersebut, Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan berbagai tentang bagaimana cara menjaga kesehatan rambut rumahan yang tentunya tidak akan menguras isi dompet Anda. Meski begitu, jika dilakukan secara rutin dan teratur, maka rambut yang rusak perlahan akan menjadi lebih indah.

Menjaga Kesehatan Rambut

Cara menjaga kesehatan rambut di bawah ini adalah ringkasan dari rekomendasi perawatan rambut oleh American Academy of Dermatology. Langsung saja, ini dia ulasan selengkapnya!

1. Rutin Keramas

Kondisi kulit kepala yang berbeda memiliki rentang keramas yang berbeda pula. Jika kulit kepala Anda tergolong berminyak, maka sangat disarankan untuk mencuci rambut sekali dalam sehari. Sedangkan untuk kulit yang kering, sebaiknya lebih jarang lagi untuk melakukan keramas.

Semakin menua, kulit kepala juga akan menghasilkan sedikit minyak, sehingga, penggunaan shampoo dapat dikurangi. Apabila Anda memiliki ketombe, perbanyak shampoo yang digunakan serta bilas hingga benar-benar bersih. Sedikit catatan, jika kulit rambut Anda cenderung normal, mencuci rambut dua kali seminggu sudah cukup.

Baca juga :  Cara Lurus Kan Rambut yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

2. Memakai Kondisioner untuk Kesehatan Rambut Anda

Memakai kondisioner bisa membuat rambut Anda lebih bersih serta tampak berkilau. Kondisioner juga bisa memperbaiki rambut yang rusak karena sinar matahari. Selain itu, kondisioner akan menguatkan akar rambut serta melindunginya dari sinar UV.

Cara menjaga kesehatan rambut dengan kondisioner adalah dengan mengoleskannya di permukaan rambut. Anda tidak perlu mengoleskannya hingga kulit kepala supaya rambut tidak terlihat lepek.

3. Memilih Shampoo serta Kondisioner Berdasar pada Jenis Rambut

Terkadang, sudah menggunakan shampoo dan kondisioner pun rambut masih rusak. Apabila hal ini terjadi, maka bisa jadi Anda salah dalam memilih merek-nya. Supaya Anda memilih shampoo yang tepat, berikut akan disertakan panduannya :

a. Shampoo untuk Rambut yang Berminyak

Jika Anda mempunyai rambut yang berminyak, maka sangat dianjurkan menggunakan shampoo dengan kandungan asam salisilat yang dapat membersihkan sisa minyak pada kulit kepala dan juga rambut.

b. Shampoo untuk Rambut yang Normal

Pilih lah shampoo dengan kandungan polimer karena bisa membuat rambut terlihat lebih tebal.

c. Shampoo untuk Rambut yang Keriting

Rambut keriting biasanya mudah kusut serta sulit diatur. Sehingga, Anda perlu memilih kondisioner dan shampoo yang mengandung zat yang melembapkan cukup tingi.

d. Shampoo untuk Rambut Kering dan Rusak

Untuk rambut yang rusak, maka shampoo yang disarankan adalah yang mengandung zat pelembut.

4. Menyisir Rambut dengan Benar

Ternyata, kebiasaan dalam menyisir rambut akan memengaruhi kesehatan dari rambut Anda. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyisir ujung rambut terlebih dahulu. Setelah itu, baru Anda lanjutkan pada bagian atasnya. Sebab, menyisir bagian pangkal rambut justru bisa membuat rambut jadi patah dan rontok karena kusut.

Baca juga :  7 Warna Rambut yang Bagus untuk Si Eksotis

Sebaiknya, Anda tidak menyisir rambut dalam keadaan basah. Anda harus mengeringkannya terlebih dahulu supaya menyisir menjadi lebih mudah dan tidak kusut.

5. Gunakan Berbagai Produk Perawatan Rambut

Selain shampoo dan kondisioner, sekali-kali Anda juga harus merawat rambut secara ekstra yakni menggunakan masker rambut, hair shine, dan vitamin rambut. Masker rambut berfungsi untuk membuat rambut lebih kuat dan berkilau. Sedangkan hair shine dapat menjadi solusi untuk rambut yang kering. Vitamin rambut akan membuat kulit kepala lebih sehat dan bebas dari minyak berlebih.

Pastikan Anda sudah melakukan 5 cara menjaga kesehatan rambut di atas. Perhatikan jenis rambut yang Anda miliki dan selesaikan masalahnya dengan produk yang paling tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *