Cara Lurus Kan Rambut yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

oleh -3 views

Anda tidak perlu khawatir jika menginginkan rambut lurus. Karena ada beberapa cara lurus kan rambut secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus ke salon kecantikan.

Cara meluruskan rambut yang paling tentunya menggunakan alat catok rambut. Namun, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan saat menggunakan alat catok ini. Misalnya, jangan gunakan pada rambut basah.

Juga disarankan untuk menggunakan catok rambut paling banyak dua kali seminggu untuk menghindari kekeringan, retak dan ujung bercabang. Untuk menghindari efek samping tersebut, Anda bisa memilih cara alami untuk meluruskan rambut tanpa bantuan catok, apalagi bahan kimia.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan rambut keriting yang Anda miliki karena wanita tetap bisa tampil cantik dengan bentuk rambut apapun. Namun, jika Anda ingin mengubah suasana hati sesekali, berikut beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang dapat dipilih.

Cara Lurus Kan Rambut dengan Lidah Buaya

Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut Anda adalah meluruskannya agar tetap terlihat sehat dan kuat. Anda bisa memilih lidah buaya yang ingin Anda gunakan pada rambut Anda. 

Anda bisa gunakan lidah buaya sebagai cara lurus kan rambut dengan produk gel lidah buaya yang kini banyak dijual di pasaran, atau mengkonsumsinya dari satu tanaman lidah buaya segar langsung ke kulit kepala Anda. Biarkan lidah buaya di kulit kepala selama 30 menit. Kemudian basuh rambut Anda dengan air dan sampo.

Cara Lurus Kan Rambut dengan Pembungkus Rambut

Membungkus rambut Anda dengan bungkus rambut satin khusus bisa dikatakan sebagai salah satu cara yang lebih populer. Karena cara tersebut sudah sering dilakukan oleh  beberapa orang untuk membuat rambut lurus secara alami. Anda juga membutuhkan jepit rambut panjang untuk metode ini.

Baca juga :  7 Warna Rambut yang Bagus untuk Si Eksotis

Pertama-tama, Anda perlu menyisir rambut Anda hingga tidak kusut. Kemudian anda bisa bagi rambut dalam beberapa bagian. Putar satu bagian rambut ke arah yang berlawanan dengan arah rontok. Jika Anda memiliki rambut panjang, pelintiran ini bisa menutupi seluruh area kepala.

Kemudian jepit rambut Anda (dengan beberapa jepit jika perlu) dan pastikan tidak bergerak. Terus lakukan langkah ini hingga semua bagian rambut Anda hilang. Kemudian bungkus kepala dengan kain satin dan biarkan semalaman.

Menggunakan Kipas Angin

Cara lurus kan rambut ini mirip dengan menggunakan pengering rambut untuk meniupkan udara panas ke rambut Anda. Cuma bedanya kali ini Anda menggunakan kipas angin yang menghembuskan udara pada suhu ruangan.

Namun, langkah ini hanya bisa dilakukan jika rambut dalam keadaan lembab setelah keramas. Untuk ini Anda juga membutuhkan kondisioner atau serum rambut khusus yang akan menutrisi rambut, memberikan efek rambut lurus dan berkilau.

Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial tertentu dipercaya dapat membuat rambut lebih lurus. Minyak juga lebih mudah diserap rambut dibandingkan bahan kimia. Anda bisa mencoba minyak kelapa, minyak argan, atau minyak almond, yang dapat menembus folikel rambut dan memperbaiki sel di dalamnya.

Menggunakan Cuka

Cara lain untuk meluruskan rambut adalah dengan menggunakan cuka dan air. Anda bisa menambahkan 5 tetes cuka ke segelas air. Oleskan campuran cuka dan air ke highlight. Biarkan beberapa saat, lalu cuci rambut seperti biasa.

Itu tadi adalah beberapa cara lurus kan rambut yang bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke salon. Tentunya sangat mudah sekali untuk dilakukan jadi lakukan beberapa tips di atas jika anda menginginkan rambut yang lurus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *