Cara Menghilangkan Nyeri Sakit Gigi Berlubang

oleh -7 views

Cara Menghilangkan Nyeri Sakit GigiCara Menghilangkan Sakit Gigi – Sakit gigi merupakan hal yang dialami oleh beberapa orang , baik dari kalangan orang tua, dewasa bahkan anak – anak. Sakit gigi akan memberikan sakit yang luar biasa pada saat tertentu dan bahkan dengan waktu yang sangat sering. Umumnya lamanya sakit gigi bisa mencapai 1 hari bahkan lebih, bagi yang pernah mengalami hal seperti ini pasti tahu bagaimana rasa sakit yang ditimbulkan . Seseorang yang sedang mengalami sakit gigi akan merasakan sakit yang luar biasa bahkan sebagian orang sering menangis menahan sakit.

Untuk masalah sakit gigi itu sendiri umumnya disebabkan oleh beberapa kondisi bagian mulut yang sedang tidak sehat diantaranya ialah gusi bernanah, gigi retak, tambalan gigi terkelupas , gigi patah , tumbuh gigi, dan banyak lagi yang lainnya.

Inilah Cara Menghilangkan Nyeri Sakit Gigi Berlubang Dengan Bahan Alami

Penyebab gigi berlubang

Ada beberapa penyebab yang dapat menimbulkan gigi berlubang pada seseorang , penyebab itu sendiri ialah menjaga pola makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gigi. Diantara penyebeb tersebut yang sering dilakukan ialah :

Mengkonsumsi makan dan minuman yang terlalu panas dan terlalu dingin, dengan mengkonsumsi makanan jenis ini akan memberikan penaruh terhadap kemampuan atau ketahanan gigi saat melakukan pengunyahan dan pastinya saraf gigi akan ikut terganggu.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis dan juga asam tidak dianjurkan , makanan yang terlalu manis dan asam akan memberikan gangguan pada gigi  dan menyababkan bakteri mudah untuk berkembang ketika gula yang dikunyah menempel pada gigi . Adapun asam itu sendiri dapat membuat lapisan gigi menjadi tipis dikernakan kandungan asam yang sangat tajam.

Mengunyah makanan yang keras dapat membuat kemampuan gigi menjadi berkurang bahkan gigi akan menjadi retak . Hal semacam ini sering terjadi bila kita tidak berhatikan saat mengunyah makanan.

Mengkonsumsi minuman yang tidak mengandung zat kafur juga sangat menentukan kekuatan gigi seseorang, banyak dari kita kurang menyadari tentang hal semacam ini. Apalagi dizaman sekarang banyak sekali kemasan – kemasan air yang berada dipasaran yang tidak begitu memperhatikan kandungan yang terdapat pada air minum. Air minum yang banyak mengandung zat kapur umumnya terdapat pada air yang berasal dari sumur dan bukan dari air hujan.

Kerang gigi yang berlebihan akan menyebabkan bakteri mudah untuk bersembunyi dan merusak gigi. walaupun kita melakukan sikat gigi dengan teratur , kerang gigi masih dapat berkembang dengan baik salah satu penyebebnya ialah penggunaan sikat gigi yang kurang benar dan asal – asalan.

Menyikat gigi secara tidak teratur merupakan hal yang sangat berdampak buruk pada proses terjadinya lubang kecil pada gigi , khususnya pada gigi graham. Oleh sebab itu sebaiknya kita harus mengetahui bagaimana menyikat gigi yang benar dan waktu yang dianjurkan untuk membersihkan gigi.

Penggunaan pasta gigi yang tidak cocok juga dapat memberikan efek gigi dan gusi menjadi tidak sehat, sebelum memilih pasta gigi alangkah baiknya kita berkonsultasi kepada dokter gigi dan bertanya cara pemilihan pasta gigi yang memang direkomendasikan untuk menjaga gigi kita tetap sehat.

Apakah harus berkonsultasi dengan dokter gigi?

Bagi yang pernah mengalami sakit gigi baik yang ringan maupun yang sudah parah, sebaiknya jangan menganggap  sepele hal tersebut. Paling tidak segera melakukan pemeriksaan apabila sakit gigi lebih dari 2 hari. akan tetapi banyak dari kita lebih senang menggunakan obat dari toko – toko yang biasa menjual obat yang tidak ada resef dokter. Perlu diketahui gigi yang rusak ataupun yang berlubang akan menimbulkan bau mulut yang sangat mengganggu saat kita sedang berkomunikasi dengan orang yang ada disekeliling kita. Ini menandakan sakit gigi berlubang perlu perhatian khusus dan jika dibiarkan akan mengganggu gigi yang lain.

Cara aman yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sakit gigi sementara sebelum ke dokter

Sakit gigi umumnya terjadi secara tiba – tiba dan perlu penanganan lebih awal supaya gigi tidak bertambah parah. Berikut beberapa penanganan sakit gigi ringan yang dapat dilakukan dirumah :

  1. Berkumur dengan air hangat.

Berkumur dengan air hangat ternyata dapat meredakan sakit gigi untuk penanganan tahap awal, cara penggunaannya sangat lah mudah. Air yang sudah dimasak dapat kita gunakan untuk meredakan sakit yang dialami yaitu dengan mendinginkan terlebih dahulu lalu mencampur air hangat dengan air dingin supaya tidak terlalu panas. Air panas yang sudah dicampur tadi  ( hangat kuku ) dimasukkan kedalam gelas secukupnya saja . Supaya lebih mujarab dapat dicampur dengan garam , kunyit, atau cengkeh. Kandungan yang terdapat pada garam, kunyit, cengkeh ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan sakit gigi yang sedang diderita.

Air hangat yang dicampur dapat digunakan , dengan cara dikumur pada bagian mulut dan perlu di ingat air tersebut bukan untuk dikonsumsi . Lakukan secara berulang ulang sampai habis , setelah itu tunggu beberapa menit . sakit yang diderita akan beransur – ansur menghilang. Cara ini dapat dilakukan saat sakit gigi mulai kambuh kembali.

  1. Kompres menggunakan es batu.

Apabila kita mengalami sakit gigi , umumnya disertai dengan bengkak dan menimbulkan sakit pada daerah pipi. Cara pengompresan menggunakan es batu ternya dapat juga digunkan  sebagai alternatif yang sangat efesien dan mujarab. Pengompresan yang dilakukan bertujuan supaya bengkak hilang serta menghentikan pendarahan yang terjadi pada gigi. Pengompresan dapat dilakukan dengan cara memasukkan kepingan es ke dalam handuk ,  setelah itu kompreskan handuk yang berisi es tersebut kebagian pipi yang bengkak. Lakukan 2 – 3 kali sehari sampai bengkak pada pipi hilang.

Dari  beberapa cara dan bahan untuk menghilangkan nyeri yang terjadi pada gigi , mudah – mudahan dapat memberikan manfaat .Sehingga sakit gigi yang dialami hilang dan dapat mengkonsumsi makanan dengan baik. Semoga artikel ini memberikan pengetahun tentang bahan – dan cara pencegahan pada penderita sakit gigi .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *