Penasaran, Apa yang Terjadi Pada Janin Saat Memasuki Usia Hamil 4 Bulan? Beginilah Perkembangan Janin Anda Dari Minggu ke Minggu     

oleh -5 views

Penasaran, Apa yang Terjadi Pada Janin Saat Memasuki Usia Hamil 4 Bulan? Beginilah Perkembangan Janin Anda Dari Minggu ke Minggu

Ketika usia kehamilan ibu sudah mencapai 4 bulan, maka perut akan terlihat semakin membesar. Hal ini menandakan bahwa janin anda sedang mengalami pertumbuhan. Ketika memasuki usia hamil 4 bulan, biasanya seorang ibu juga merasakan bayinya menendang. 

Pada usia ini, akan ada beberapa fase yang membuat seorang ibu tidak nyaman saat mengandung seperti sulit tidur, kulit kering, stretch mark, mulas, sakit punggung, bahkan mimisan. Namun, tidak usah khawatir, ketidaknyamanan tersebut perlahan akan hilang dengan sendirinya.

Pada usia hamil 4 bulan, dari minggu – ke minggu seorang ibu memang dituntut untuk terus bisa bersabar saat mengandung. Supaya rasa sakit anda bisa berkurang secara perlahan, ada baiknya anda mengetahui perkembangan janin anda berikut ini.

1. Usia Hamil 4 Bulan Saat Minggu ke – 18

Pada usia 18 minggu, ukuran bayi sudah sedikit besar dan akan mengalami pertumbuhan yang sangat. Panjang 14,2 cm dengan berat 190 gram. Pada usia tersebut, bayi sudah bisa bergerak aktif, bisa menendang, berguling, bahkan menguap. Pada usia ini juga, jenis kelamin mulai terlihat. 

Hal inilah juga yang menyebabkan kenapa pada minggu ke -18 seorang ibu kerap merasakan sakit perut atau merasa perutnya seperti ada yang menendang. Namun, tendangan yang dirasakan pada minggu ke-18 ini masih merupakan permulaan, tidak begitu keras, jika dibandingkan dengan akhir bulan ke -4.

2. Usia Hamil 4 Bulan Saat Minggu ke – 19

Di usia ini, beratnya bertambah menjadi 240 gram dengan panjang 15,3 cm. Sel – sel saraf juga sudah mulai terbentuk. Rambut – rambut halus mulai tumbuh dan ginjal sudah mulai bisa berfungsi sebagaimana mestinya seperti memproduksi urin. Pada minggu ke-19 pula, tumbuh lapisan bernama berlilin atau vernix caseosa yang berfungsi untuk melindungi kulitnya saat di dalam kandungan.

Baca juga :  15 Makanan Yang Bagus Untuk Kehamilan

3. Selanjutnya Saat Memasuki Minggu ke – 20

Di fase ini, ukurannya sudah sebesar buah pisang dengan berat  280 gram dan panjang 16,5 cm. Pada usia ini, seorang ibu harus rela menahan sakit yang lebih sakit dari biasanya, karena tubuh janin yang kian membesar mengakibatkan tekanan yang lebih besar pada perut dan kandung kemih dibandingkan minggu sebelumnya.

4. Terakhir Saat Memasuki Minggu ke – 21

Pada usia ini, dimana usianya sudah genap 4 bulan, disinyalir bayi akan seukuran buah wortel. Panjangnya akan berada di ukuran 26,7 cm, sedangkan beratnya akan berada di sekitar 369 gram. 

Detail – detail kecil yang membuat bayi terlihat semakin tampan atau cantik mulai terlihat pada minggu – minggu ini, seperti kelopak mata yang sudah mulai tumbuh dan terbentuk. 

Selain itu, jika janin anda nantinya perempuan, maka vagina sudah akan mulai terbentuk. Gerakan yang dilakukan pada bayi di minggu ini juga lebih aktif dari biasanya, maka dari itu, bunda harus kuat – kuatkan diri untuk menahan rasa sakit dan jangan lupa istirahat yang cukup serta makan – makanan bergizi tinggi untuk menutrisi janin anda. 

Itulah perkembangan yang terjadi pada janin bunda, setelah memasuki usia hamil 4 bulan. Pengetahuan diatas penting untuk diketahui oleh seorang ibu, pasalnya pada usia kehamilan 4 bulan, seorang ibu sudah mulai merasakan sakit karena si bayi yang aktif di dalam kandungan. 

Sejatinya anak adalah karunia yang diberikan oleh Tuhan, tak semua pasangan bisa merasakan kehamilan dan mempunyai anak. Dengan mengetahui apa saja perkembangan yang bayi alami ketika di dalam kandungan dengan usia hamil 4 bulan tersebut, maka diharapkan bunda mampu memakluminya dan semakin semangat untuk mengandung.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *