Intip Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

oleh -2 views

manfaat minyak zaitun untuk kecantikanKegunaan minyak zaitun untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, minyak yang berasal dari dataran Arab ini ternyata juga bagus untuk memelihara kecantikan kulit. Akan tetapi, sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat minyak zaitun untuk kecantikan, sila simak terlebih dahulu kandungan di dalamnya!

Zat Baik dalam Minyak Zaitun

Di dalam 100 ml minyak zaitun, terdapat kandungan total 884 kalori serta total lemak sebesar 100 gram. Meski kandungan lemaknya tinggi, tetapi, jenisnya adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang artinya ini adalah jenis lemak yang baik.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung polifenol yang mana merupakan senyawa fitokimia yang terkandung di dalam tanaman. Senyawa ini merupakan zat yang memberi warna di makanan serta melindungi tanaman dari berbagai bahaya.

Polifenol akan melindungi sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas apabila dikonsumsi. Sebab inilah, minyak zaitun berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh. Minyak zaitun kaya dengan omega-3 serta omega-6, 61 mg vit K, dan 15 mg vit E. Minyak ini juga tidak mengandung karbo, lemak, dan kolesterol sama sekali. Jadi, tentu saja minyak zaitun ini sangat baik jika dikonsumsi. Pun, untuk merawat kulit wajah.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

Setelah mengetahui kandungannya, sekarang sudah saatnya Anda mengetahui manfaat minyak zaitun untuk kecantikan. Langsung saja berikut ulasannya!

1. Scrub Kulit Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang pertama adalah dapat berfungsi sebagai scrub wajah alami. Caranya dengan memadukannya dengan garam laut. Campuran dua bahan ini akan bekerja secara optimal apabila Anda memiliki tipe kering dan juga bersisik.

Anda hanya perlu mencampurkan 3 sendok teh minyak zaitun dengan garam laut sebanyak 5 sendok teh. Kemudian, pijat secara lembut pada area sisi hidung serta bagian wajah yang lain. Campuran kedua bahan akan membantu kulit kering agar bisa mengelupas serta dapat meningkatkan kelembapan pada wajah.

Baca juga :  Inilah Skincare Remaja Glowing Yang Patut Kamu Coba

2. Membuat Kulit jadi Lembap

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan juga bisa meningkatkan kelembapan pada kulit wajah. Cara berikut ini bisa Anda aplikasikan pada kulit wajah yang kering serta mengelupas. Sila siapkan minyak zaitun, kemudian, oleskan satu hingga tiga tetes minyak pada wajah yang kering.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan krim moisturizer dengan beberapa tetes minyak zaitun supaya bisa meng-hidrasi kulit lebih optimal.

3. Menghilangkan Bekas Jerawat

Saat ini, teknologi kecantikan memang berkembang pesat. Sehingga, merawat bekas jerawat bisa dilakukan pada klinik kecantikan menggunakan terapi cahaya, laser resurfacing, maupun cosmetic fillers. Namun, ada juga pilihan perawatan yang sederhana serta dapat Anda lakukan di rumah.

Caranya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Cukup oleskan minyak pada area kulit yang berjerawat dan pijat menggunakan jari agar penyerapan semakin maksimal. Sebaiknya terapkan minyak pada kulit selama 5 hingga 10 menit, jangan lebih.

4. Menghapus Makeup

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan yang terakhir adalah bisa menghapus riasan makeup pada wajah. Gunakan minyak zaitun murni sesudah aktivitas sehari-hari Anda selesai. Makeup yang waterproof sekalipun akan bersih sempurna jika dioleskan dengan minyak zaitun dan kapas.

Jika sudah selesai membersihkannya, silakan bilas menggunakan handuk yang telah direndam menggunakan air hangat. Akan lebih maksimal hasilnya jika Anda juga menggunakan sabun dengan ekstrak zaitun.

Mana manfaat minyak zaitun yang ingin Anda gunakan? Pastinya, karena merupakan bahan alami, minyak zaitun tidak memiliki efek samping yang bisa memengaruhi keadaan kulit di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *