Cek Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit Anda

oleh -7 views

Cek Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan Kulit AndaDefinisi kata cantik bagi setiap orang memang relatif. Namun, cantik secara fisik kerap dimaknai sebagai kulit yang sehat, halus, dan terjaga dari berbagai macam masalah kesehatan. Untuk mendapatkan kecantikan kulit, tentunya harus menggunakan berbagai macam upaya. Tentunya, Anda pernah mendengar mengenai manfaat cuka apel untuk kecantikan. Mungkin, sekarang Anda perlu mencobanya.

Cuka sari apel merupakan bahan yang bisa dibilang “ajaib”. Sebab, di dalamnya terkandung berbagai macam zat yang baik untuk kesehatan kulit. Mulai dari asam asetat, asam amino, asam sitrat, asam malat, serta enzim, vitamin, dan juga mineral. Semua zat tersebut sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap cantik.

Bahkan, manfaat cuka apel untuk kecantikan ini didapatkan dari sifatnya yang anti-jamur, anti-bakteri, serta anti-virus. Jika digunakan secara benar dan sesuai dosis yang tepat, maka kulit pun akan menjadi lebih sehat. Akan tetapi, yang perlu Anda catat adalah penggunaan cuka apel yang serampangan akan mengakibatkan masalah pada kulit seperti iritasi. Hal ini disampaikan oleh seorang dokter Osteopathic yakni Michael Kassardjian yang berasal dari Dermatology Coast di Torrance, California.

Lantas, apa sih, manfaat cuka apel untuk kecantikan secara detail? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Membersihkan Pori-Pori Wajah

Cuka apel ini mempunyai sifat astringen, artinya dapat membantu peningkatan aliran darah menuju ke kulit. Selain itu, cuka apel juga dapat mengecilkan pori. Jadi, bahan ini sangat cocok untuk digunakan oleh pemilik wajah berminyak.

Cuka apel ini juga bisa mengatur kadar pH di dalam kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, sila Anda campur cuka apel dengan air. Kemudian, saring lah pada wadah. Lalu, tambahkan minyak essensial beberapa tetes saja. Setelah itu, oles larutan tersebut menggunakan kapas pada wajah. Tunggu beberapa menit, lalu bilas menggunakan air dingin. Anda bisa melakukan cara ini minimal sekali dalam sehari.

Baca juga :  Cara Make Up Natural agar menjadi Cantik Alami

2. Ampuh Atasi Jerawat

Dari ulasan di awal, cuka apel ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Sehingga, jerawat membandel bisa diatasi dengan mudah. Tak hanya itu saja, cuka apel juga dapat menjaga pori-pori kulit dari bakteri, debu, dan minyak.

Caranya, Anda campurkan cuka apel dengan air, kemudian saring serta tuang ke mangkuk. Kemudian, rendam bola kapas pada larutan. Lantas, oles pada wajah yang memiliki jerawat. Anda diamkan 10 menit, setelah itu basuh lah memakai air yang hangat. Lakukan beberapa kali sampai jerawat benar-benar mengempis.

3. Mengelupaskan Sel Kulit Mati

Manfaat cuka apel untuk kecantikan yang selanjutnya adalah bisa menenangkan kulit serta membuatnya lebih kenyal dan lembut. Hal ini dikarenakan adanya asam alfa hidroksil yang bisa mengelupaskan sel kulit mati serta bisa menyehatkan sel kulit yang baru.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal menuangkan cuka apel pada bak air hangat. Setelah itu, rendam tubuh dan wajah kurang lebih 20 menit. Selama 20 menit tersebut, maka asam pelindung meresap dalam tubuh. Lakukan hal ini setiap kali mandi supaya pH tubuh bisa terjaga dengan baik.

4. Menghilangkan Bintik Hitam pada Wajah

Kandungan asam alfa hidroksil pada cuka apel mampu menghilangkan sel kulit mati. Selain itu, bisa juga menghilangkan bintik hitam yang mengganggu penampilan. Tak hanya itu saja, cuka apel pun dapat meminimalisir garis halus serta kerutan.

Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan jika mencampurkan cuka apel dengan air, kemudian, bilaskan pada wajah. Tunggu 30 menit sampai wajah mengering. Setelah itu, baru bisa dibilas menggunakan air yang bersih. Pastikan Anda melakukan hal ini dua kali sehari. Dalam 6 minggu, Anda akan melihat perbedaan yang signifikan.

Baca juga :  Cara Jitu Menghaluskan Kulit Wajah dengan Jenis Skincare Ini

Meski manfaat cuka apel untuk kecantikan sangat banyak, tetapi, perlu Anda catat bahwa tidak bisa menggunakannya tanpa campuran. Pastikan Anda mencampurnya dulu menggunakan air agar tidak menimbulkan iritasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *