Cari Tahu Apa Saja Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

oleh -30 views

manfaat temulawak untuk kecantikanTemulawak lebih familiar menjadi obat herbal. Umbi yang bernama latin Curcuma Xanthorrixa ini ternyata tidak hanya cocok dijadikan bahan jamu. Melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan perempuan. Manfaat temulawak untuk kecantikan ini berkat adanya berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Mulai dari protein, minyak atsiri, kurkimin, zat tepung, zat besi, dan sebagainya. Meski bagus untuk kecantikan, tentu saja penggunaannya tidak boleh berlebihan. Sebab, konsumsi temulawak secara berkepanjangan akan membuat berbagai masalah kesehatan.

Terlepas dari hal tersebut, Anda harus tahu berbagai manfaat temulawak untuk kecantikan. Diantaranya :

1. Mengurangi Bekas Luka

Wajah merupakan bagian tubuh yang kerap diperhatikan oleh banyak orang. Adanya bekas luka kerap menjadikan diri Anda semakin insecure. Sekarang, tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda memeroleh cara mengurangi bekas luka yang cukup mudah dilakukan, yakni menggunakan temulawak.

Anda hanya perlu mengaplikasikan parutan temulawak pada bagian wajah yang ada bekas lukanya. Kemudian, tunggu hingga mengering dan bilas menggunakan air. Gunakan secara rutin, maka hasilnya dapat Anda rasakan sendiri.

2. Mempercerah Kulit

Kulit yang lebih cerah bisa didapatkan dengan bahan alami, termasuk dengan temulawak. Sebab, herbal ini akan membantu dalam pengangkatan sel kulit mati pada wajah. Rajin-rajin lah melakukan exfoliating memakai bubuk temulawak. Sel kulit mati menumpuk bisa diatasi dan membuat kulit tidak lagi kusam.

3. Noda Hitam Tersamarkan

Penyebab noda hitam sangat beragam. Mulai dari radikal bebas hingga paparan sinar matahari secara langsung. Apabila didiamkan begitu saja, maka noda hitam akan menjadi semakin sulit untuk dihilangkan.

Sebaiknya, segera lah gunakan masker alami temulawak untuk menyamarkan noda hitam yang baru saja muncul. Manfaat temulawak untuk kecantikan tidak hanya untuk menyamarkan noda, melainkan juga bekas-bekas jerawat yang membandel sekalipun.

4. Pori-Pori Semakin Kecil

Pori-pori yang kecil membuta kulit terlihat lebih sehat. Namun, masalahnya, terkadang, pori-pori membesar karena berbagai faktor. Sehingga, menyebabkan kulit mudah berjerawat. Nah, salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan memakai masker temulawak.

Temulawak sendiri mempunyai sifat astringent. Artinya, bisa mengecilkan pori-pori. Tak hanya itu saja, temulawak juga mampu menghambat produksi minyak yang berlebihan.

5. Mencegah Jerawat dan Mengatasinya

Jenis rimpang ini dapat dipakai untuk dijadikan sebagai obat untuk jerawat membandel. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, temulawak bersifat astringent. Selain itu, ada juga kandungan antiseptik yang mampu membuat wajah bebas dari bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Sehingga, jerawat meradang sekalipun akan membaik dalam waktu yang tidak lama.

6. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat temulawak untuk kecantikan yang selanjutnya adalah bisa mencegah penuaan dini. Sebab, bahan ini mempunyai sifat yang anti-aging yang dapat menyamarkan tanda penuaan dini seperti kantung mata berlebih dan keriput. Aplikasikan masker wajah secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

7. Kulit Lebih Kencang

Kulit akan mengendur dengan bertambahnya usia Anda. Biasanya, hal ini akan terjadi pada awal usia 30-an. Supaya lebih kencang, maka gunakan lah temulawak sebagai masker alami Anda. Sebab, temulawak telah dipercaya sejak lama bisa mengencangkan kulit dan mencegah penuaan.

Hal ini juga disebabkan karena temulawak mempunyai antioksidan alami yang cukup kuat. Dengan menggunakan masker temulawak secara rutin akan mencegah wajah terpapar radikal bebas karena sifat antioksidan-nya.

Tentunya, semua manfaat temulawak untuk kecantikan ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakannya secara rutin. Pastikan juga sebelum mengaplikasikan masker temulawak, wajah Anda dalam keadaan yang benar-benar bersih. Anda juga bisa mencampurkan bubuk temulawak dengan bahan lain seperti kuning telur atau minyak zaitun supaya hasilnya semakin bagus. Semoga bermanfaat!

Baca juga :  10 Rekomendasi Bedak Padat Terbaik Saat Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *