Tips Mengatasi Jerawat di Dagu yang Membandel

oleh -8 views

jerawat di dagu

Jerawat bisa dibilang adalah musuh bagi semua orang termasuk juga jerawat yang ada di dagu. Bagi seseorang yang memiliki jerawat di dagu, tentu rasanya sungguh menjengkelkan. Bukan hanya mengganggu penampilan keseharian kita, namun juga aktivitas keseharian kita. Selain itu, jerawat yang tumbuh di dagu biasanya juga menimbulkan rasa perih ketika disentuh.  

Jerawat bisa terjadi pada semua orang dan bukan hanya di wajah saja, namun di semua bagian tubuh manusia termasuk dagu. Jerawat bisa muncul akibat dari penyumbatan folikel rambut yang ada di kulit.  Penyebab utama penyumbatan tersebut adalah kotoran yang telah bercampur dengan minyak dan sel kulit mati. 

Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat di dagu? Berikut ini adalah tips-nya

1. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan sirkulasi darah yang lancar, maka akan banyak asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh, dengan begitu sel – sel kulit mati juga akan mendapatkan oksigen, sehingga sel – sel kulit mati penyebab jerawat bisa dikeluarkan dari dalam tubuh. Jangan lupa, setelah selesai berolahraga dianjurkan untuk membersihkan wajah supaya sel –sel kulit mati tersebut terangkat.

2. Tidur Cukup dan teratur

Seseorang yang kurang tidur bisa membuat hormon glukokortikoid yang dimilikinya meningkat dan menyebabkan stress. Sedangkan stress adalah salah satu penyebab munculnya jerawat dan hormon glukokor tiroid adalah hormon yang bisa memicu tumbuhnya jerawat di kulit. Maka dari itu, untuk kalian yang mempunyai masalah dengan jerawat dianjurkan untuk tidur cukup setidaknya 6-9 jam. 

3. Menjaga Pola Makan

Untuk mencegah jerawat di dagu, pola makan juga harus diperhatikan karena beberapa makanan memiliki kandungan gula darah yang tinggi dan kandungan gula darah yang tinggi bisa meningkatkan hormon insulin apalagi jika kita terbiasa makan banyak, tentu kenaikan akan melonjak tajam. Namun, anda tidak perlu khawatir terdapat beberapa makanan yang mengandung gula darah rendah dan bisa mencegah atau mengatasi masalah jerawat yaitu kacang – kacangan, biji – bijian, dan sayuran. 

Baca juga :  Tips Cara Mengatasi Jerawat Batu

4. Membersihkan wajah secara rutin

Penyebab utama jerawat adalah kotoran yang bersarang di kulit wajah dan bercampur dengan minyak dan sel kulit mati, maka dari itu membersihkan wajah dengan rutin sangatlah penting. Khusus kulit wajah, dia memproduksi kelenjar minyak yang lebih banyak daripada bagian tubuh lainnya. Karena hal tersebut, maka kita dianjurkan untuk mencuci muka 2 kali sehari. Jangan lupa juga menggunakan sabun khusus pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit anda. 

5. Menggunakan tabir surya

Mungkin beberapa dari kalian pernah mendengar bahwa sinar matahari bisa menyembuhkan jerawat. Perlu diketahui, bahwasanya sinar matahari yang bisa menyembuhkan jerawat skalanya terbatas hanya pada skala ringan seperti dilakukan setiap 10 menit setiap hari antara pukul 7 hingga 9 pagi. Jika lebih dari itu, sinar matahari malah bisa memicu timbulnya jerawat. 

Maka dari itu, ketika anda sedang beraktivitas di luar ruangan dan sekiranya lama, jangan lupa menggunakan tabir surya untuk melindungi permukaan kulit anda dari paparan sinar matahari. Pastikan anda menggunakan tabir surya yang cocok untuk kulit wajah anda. 

Itulah beberapa tips untuk mengatasi jerawat, khususnya jerawat di dagu. Tips di atas juga bisa anda terapkan untuk mengatasi jerawat selain di area dagu loh. Semoga artikel ini bermanfaat dan mari ucapkan selamat tinggal pada jerawat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *