Pemakaian Kacamata Bisa Menimbulkan Jerawat?

oleh -18 views

Kacamata Bisa Menimbulkan Jerawat? terkadang kacamata memang bisa menimbulkan jerawat di bagian hidung dan dahi. Jika Anda pernah mengalaminya, jangan langsung panik karena disini kami memberikan tips cara mengatasinya.

Kacamata Bisa Menimbulkan JerawatKok bisa sih Jerawat disebabkan Kacamata?

Padahal Anda rajin membersihkan wajah, juga menerapkan pola hidup bersih, dan juga menghindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan jerawat. Tapi di wajah tetap nongol si kecil merah yang paling tidak anda sukai.

Walaupun anda sudah memahami hal-hal yang jadi penyebab jerawat, tapi anda tidak menyadari bahwa ada sebagian barang-barang di sekitar anda bisa memicu terjadinya jerawat di wajah, mungkin dari smartphone, handbag, handuk, dan juga kacamata, namun kali ini kita akan membahas tentang kacamata, karena letak pemakaiannya tepat di area wajah.

Sesering apa anda membersihkan kacamata?

Bisa jadi sangat jarang membersihkan karena terlalu di sibukkan oleh aktifitas sehari-hari, sehingga bisa terlewatkan untuk hanya sekedar membersihkan kacamata. Apalagi yang mempunyai mata minus, silinder atau plus yang tinggi. Akan selalu menempel di wajah sepanjang hari. Tidak hanya sekedar nempel di kulit, tapi kacamata juga memberikan tekanan yang bisa mengakibatkan tersumbatnya pori-pori.

Kalau sudah jarang dibersihkan, bakteri dan minyak di wajah yang nempel di kacamata akan betah berada disana. Ketika anda melepaskannya untuk cuci muka dan begitu menggunakannya lagi, sisa-sisa minyak dan bakteri tersebut akan kembali lagi di area wajah anda. Hal inilah yang menyebabkan jerawat timbul dengan cara menyumbat pori-pori.

Anda jangan heran jika jerawat terus-terusan muncul di wajah. dan mungkin saja bisa menyebar ke area wajah yang lain karena kotoran dari kacamata tersebut terus ada dan malah akan mempersulit penyembuhan. Tak hanya itu, acanthoma fissuratum mungkin juga akan menjadi masalah baru yang akan muncul disebabkan karena kacamata yang jarang dibersihkan.

Baca juga :  Krim Obat Jerawat Paling Ampuh Yang Alami

Kondisi ini memang tidak biasa karena ditandai dengan munculnya tonjolan kulit dan bercak yang menebal. Sering kali tonjolan dan bercak muncul di bagian pangkal hidung dan di atas telinga karena tempat ini yang sering bersentuhan dengan kacamata.

Lalu Bagaimana Mencegah jerawat yang ditimbulkan karena kacamata?

Kabar baiknya, ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat yang di timbulkan karena kacamata. Simak hal-hal berikut.

Atur kembali ukuran bingkai yang sesuai

Jika ukuran bingkai anda tidak sesuai, terlalu longgar atau terlalu kencang, dan kacamata sudah mulai sering turun mengenai pipi atau menekan tulang hidung, lebih baik pergilah ke optik atau dokter mata langganan anda untuk menyesuaikan kembali ukuran bingkai kacamata.

Hal ini bisa membuat Anda merasa lebih nyaman serta akan mengurangi resiko timbulnya jerawat yang disebabkan karena kacamata yang tidak sesuai.

Jika mulai terasa kotor dan lengket segera bersihkan kacamata

Beberapa orang hanya membersihkan bagian lensa kacamata saja dan melupakan bagian bingkai karena di bagian inilah yang bisa menjadi tempat ngumpulnya bakteri dan kotoran di wajah.

Gunakan kain khusus pembersih kacamata atau tisu yang lembut dan kalau bisa dengan kandungan alkohol, usap-usapkan pada bagian bingkai kacamata yang sering bergesekan dengan kulit wajah anda.

Jika memungkinkan, hentikan sementara penggunaan kacamata

Untuk Anda yang masih memiliki plus, minus, silinder yang rendah, cobalah untuk beristirahat dari penggunaan kacamata sementara, hal ini dapat membantu mengurangi jerawat yang ada di area yang sering bergesekan dengan kacamata. Atau anda bisa menggunakan soft lens.

Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki minus, plus, silinder yang tinggi, cara ini mungkin tidak bisa dilakukan. Jika terpaksa harus menggunakan kacamata, kebersihannya harus anda jaga.

Baca juga :  Manfaat Masker Kopi Untuk Membasmi Jerawat

Gunakan produk atau obat jerawat

Jika jerawat sudah menyebar di wajah, anda harus konsultasi ke dokter  atau menggunakan obat jerawat untuk melakukan perawatan. Gunakan pembersih wajah serta cream obat jerawat yang ada kandungan asam salisilat dan salicylic acid. Produk-produk ini akan membantu mengatasi  jerawat.

Untuk rekomendasi obat jerawat yang bagus, cobalah gunakan produk dari Glowiti Acne, yang bisa di dapatkan di e-commerce atau marketplace.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *