Beragam Manfaat dari Diet Keto dan Cara Menjalaninya Supaya lebih Efektif 

oleh -9 views

diet ketoDiet keto atau ketogenic diet adalah salah satu jenis diet yang dilakukan dengan cara merubah pola makan. Metode ini menuntutmu untuk memakan makanan yang rendah karbohidrat namun tetap tinggi lemak.  Metode diet seperti ini semakin populer belakangan ini, karena semakin banyak orang yang menerapkan dan berhasil. Namun, cara melakukan metode yang harus tepat, karena jika salah bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Manfaat Diet Keto

Sebelum populer untuk menurunkan berat badan, sebenarnya, metode diet ini sudah sejak lama dan telah dianjurkan oleh dokter untuk mengatasi berbagai penyakit. Ada beberapa manfaat yang ditimbulkan dari metode ketogenic diet yaitu,

1. Mengontrol gula darah untuk penderita diabetes tipe 2

Ketogenic Diet sangat direkomendasikan untuk para penderita diabetes. Dengan metode tersebut, penderita tidak akan lagi mengkonsumsi banyak kandungan gula namun tetap mendapatkan energi dari mengkonsumsi lemak sehat. Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah seperti lemak ikan salmon, kacang – kacangan dan alpukat

2. Membantu meringankan gejala Epilepsi

Sudah ada penelitian yang mengatakan bahwa ketogenic diet bisa membantu para penderita epilepsi. Penelitian ini sudah pernah diuji pada 150 anak penderita epilepsi lalu disuruh untuk menjalani ketogenic diet selama 1 tahun dan hasilnya, setengah dari jumlah anak tersebut sudah mengalami penurunan kejang sebanyak 50%

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Ketogenic diet mampu mengurangi kadar insulin dalam darah, dengan begitu kadar kolesterol yang diproduksi tubuh juga akan menurun. Penurunan insulin dan kolesterol tersebut bisa mengurangi resiko penyakit jantung serta tekanan darah tinggi.

4. Meminimalisasi Risiko terkena gangguan sistem saraf

Gangguan sistem saraf yang sering dialami oleh beberapa orang dan mampu meminimalisir antara lain adalah Alzheimer, gangguan tidur dan Parkinson. Hal ini dikarenakan kandungan keton yang dihasilkan dari kategonic diet mampu menguraikan lemak tubuh menjadi energi yang berguna untuk mengurangi sel otak dari kerusakan.

Baca juga :  Cara Memilih Makanan Sehat untuk Menu Diet

Cara Menjalani Diet Keto

Jika anda tertarik untuk menjalani ketogenic diet, berarti anda harus rela untuk mengurangi makan – makanan yang banyak mengandung karbohidrat, karena makanan yang mengandung banyak karbohidrat tentu mengandung banyak gula darah yang mana jika berlebihan dikonsumsi akan menimbulkan dampak buruk yang besar bagi tubuh.

Jika dihitung dengan satuan persentase, untuk menjalani diet keto yang standar, maka anda harus memenuhi aturan pola makan sebagai berikut, yaitu 75% tingkat konsumsi lemak, 20% tingkat konsumsi protein dan 5% tingkat konsumsi karbohidrat.

Selain aturan standar seperti di atas, ada juga jenis ketogenic diet yang lain. Ketogenic diet yang satu ini diberi nama high-protein ketogenic diet. Jika dihitung dengan satuan persentase, untuk menjalani high-protein ketogenic diet, maka anda harus memenuhi aturan pola makan sebagai berikut yaitu 60% tingkat konsumsi lemak, 5% tingkat konsumsi protein dan 35% tingkat konsumsi karbohidrat.

Ada beragam makanan yang dianjurkan untuk diet keto yaitu

  1. Telur
  2. Produk olahan daging (ayam, kalkun, steak, salmon dll)
  3. Ikan Tuna
  4. Mentega
  5. Sayuran hijau
  6. Minyak zaitun

Selain itu, ada pula yang harus dihindari yaitu

  1. Nasi
  2. Umbi – umbian
  3. Mayonnaise
  4. Minuman beralkohol
  5. Makanan atau minuman yang manis

Seperti itulah metode untuk menjadi diet keto, mudah sekali bukan? Apakah anda tertarik untuk menjalaninya? Jika memang benar – benar tertarik, maka dianjurkan untuk menjalaninya 2 – 3 minggu saja atau sebatas untuk mengurangi lemak atau hanya sebatas untuk memulai pola hidup yang lebih sehat dan mengecilkan bentuk tubuh yang gemuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *